banner

Kenali Manfaat Mengkonsumsi Sarang Burung Wallet

Saat ini banyak orang mengenal sebuah ekstrak yang berbahan dasar dari sarang burung wallet dan dapat dikonsumsi manusia, bahkan ekstrak tersebut bagus untuk tubuh. Ekstrak ini banyak dikenal orang karena banyaknya influencer Instagram yang mengkonsumsi dan juga mempromosikannya karena para influenceritupun selain mendapat endorsement sebagai pekerjaannya juga merasakan hasil baiknya dari mengkonsumsi ekstrak sarang burung wallet itu. Biasanya lebih dikenal dengan sebutan fit food yang dikonsumsi setiap sebelum makan pada saat perut kosong dan juga harus rutin menjalani program fit food tersebut biasanya minimal dalam jangka waktu 12 hari berturut-turut. Berikut manfaat dari sarang burung wallet.

1. Kaya asam amino penting

Liur untuk membuat sarang terbuat dari protein khusus yang mengandung berbagai macam asam amino, seperti Asam aspartat dan prolin yang berguna untuk regenerasi sel. Sistein dan fenilalanin, untuk meningkatkan kerja memori, kerja impuls saraf, dan kerja penyerapan vitamin D dari sinar matahari. Tirosin, untuk mempercepat pemulihan setelah sakit. Glukosamin, untuk membantu proses pemulihan tulang rawan.

2. Sumber mineral yang baik

Sarang burung walet juga diperkaya oleh berbagai mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Di antaranya mangan, tembaga, seng, dan kalsium.

3. Mencegah resistensi insulin

Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi sarang walet secara rutin dapat mencegah resistensi insulin pada orang-orang yang terbiasa makan makanan berlemak. Resistensi insulin adalah salah satu faktor risiko terbesar dari penyakit diabetes. Kandungan nutrisi dalam sarang walet dapat membantu mencegah otak melepaskan sinyal yang memperbanyak produksi insulin sebagai respon dari asupan lemak berlebihan. Sarang walet juga berpotensi memelihara kerja metabolisme tubuh untuk memecah lemak lebih efektif.

 

 

4. Tinggi antioksidan

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Letters In Health and Biological Sciences melaporkan bahwa sarang walet termasuk makanan tinggi antioksidan. Antioksidan adalah senyawa aktif yang bermanfaat untuk melawan efek radikal bebas, penyebab berbagai penyakit kronis.

5. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Manfaat sarang burung walet lainnya adalah penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Penelitian terbitan jurnal Drug Design, Development and Therapy tahun 2015 melaporkan sarang walet berpotensi menurunkan risiko pengentalan darah (hiperkoagulasi) akibat kolesterol tinggi. Masalah pembekuan darah adalah salah satu penyebab paling umum dari penyakit kardiovaskular. Penelitian tersebut juga menunjukkan menunjukkan sarang walet memiliki efek yang mirip dengan simvastatin (obat penurun kolesterol). Namun, sarang walet tidak menunjukkan kecenderungan memperburuk kerja metabolisme.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh selama kemoterapi

Sarang burung walet sudah sejak lama dianggap sebagai makanan peningkat daya tahan tubuh di negara asalnya, Tiongkok (RRC). Nah, penelitian yang dimuat dalam jurnal Drug Design, Development and Therapy tahun 2016 menemukan bahwa sarang walet secara spesifik membantu daya tahan tubuh selama kemoterapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sarang burung walet rutin selama 30 hari dapat meningkatkan kekebalan imun dalam usus yang melemah akibat kemoterapi. 

7. Meredakan peradangan

Gangguan autoimun seperti diabetes, rheumatoid arthritis (rematik) dan penyakit radang usus telah dikaitkan dengan peningkatan kadar TNF-α (Tumor Necrosis Factor- alpha). Sebuah penelitian dari Malaysia yang dimuat dalam jurnal International Food Research Journal tahun 2011 melaporkan bahwa konsumsi sarang burung walet rutin efektif membantu mengurangi produksi TNF-α.  TNF-α adalah protein khusus yang memicu terjadinya peradangan sistemik dalam tubuh.

 

Namun selain ekstrak sarang burung wallet ini dapat dibeli di online shop, kita juga dapat membuatnya sendiri karena biasanya online shop yang menjual ekstrak ini menjualnya dengan harga yang cukup tinggi, ada baiknya kita dapat membuatnya sendiri atau mencoba membuatnya menjadi sala satu minuman yang kita sukai yaitu seperti kopi. Berikut cara untuk membuat kopi sarang burung wallet yang dapat kamu coba dirumah.

Bahan-bahan:

o   Gula pasir 2 sendok teh

o   Bubuk kopi hitam 1 sendok teh

o   Sarang burung walet yang diblender atau dicincang 1 sendok teh

o   Air 200-250 ml

Cara mengolah:

o   Campur air dan sarang burung walet halus. Rebus hingga benar-benar mendidih.

o   Siapkan gelas. Masukkan kopi dan gula bubuk. Siram dengan air mendidih yang direbus bersama sarang walet.

o   Nikmati panas-panas.

  40 Views    Likes  

banner
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

previous post

Cara Mudah dan Cepat Menghafal 16 Tenses Bahasa Inggris
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

next post

Cara Menjadi Pendengar yang Baik

related posts