Sobat OSC sering mendengar istilah SEO dan SEM dalam digital marketing? Masih bingung apa perbedaannya? Yuk simak artikel berikut!
1. Hasil pencarian
Di dalam mesin pencarian, SEO tidak memiliki label ‘Ad’ seperti pada hasil pencarian SEM. Hal ini dikarenakan SEM menggunakan paid marketing. Hasil pencarian SEM di mesin pencarian juga memiliki extension, seperti nomor telepon, link tambahan atau callout yang akan menambah biaya jika ditekan oleh pengunjung web. Sedangkan hasil pencarian dengan menggunakan SEO hanya menampilkan sedikit cuplikan atau teaser pendek dari isi website tersebut.
2. Biaya
Hasil SEO tidak dikenakan dengan biaya apapun, berbeda dengan SEM yang akan dikenakan biaya jika ada user melakukan klik dari tiap hasil SEM yang muncul di pencarian. Oleh karena itu, pengiklan harus memiliki budget yang cukup besar sehingga dapat mencapai hasil yang diinginkan secara maksimal.
3. Efek
Efek dari SEO membutuhkan waktu untuk dapat masuk di halaman pertama mesin pencarian. Hal ini dikarenakan pengiklan harus mengetahui kata kunci yang cocok dan efektif untuk dapat membuatnya masuk ke peringkat atas.
Sedangkan SEM memiliki efek yang lebih besar dalam jangka waktu yang singkat karena lebih tertarget siapa saja yang memiliki peluang untuk klik sebagai hasil dari promosi website melalui iklan.
Wah udah pada tau perbedaan SEO dan SEM nih sekarang. Jadi ga bingung lagi deh bedainnya!
Sumber gambar: LummoShop
previous post
Jadi Mahasiswa Aktif : Tips Sukses di Perkuliahan