Kenali Strategi POAC Untuk Kalian Anak Organisasi

Secara umum POAC merupakan prinsip yang digunakan dalam manajemen. Prinsip ini banyak digunakan oleh organisasi dalam memajukan dan mengelola organisasi yang mereka jalani.

Apa itu POAC?

1.      Planning

Planning diartikan sebagai sebuah perencanaan. Planning meliputi penetapan tujuan dan kegiatan sebelum melaksanakan serta mencari cara bagaimana untuk mencapai tujuan tersebut. 

2.      Organizing

Diartikan sebagai pengorganisasian, yaitu mengkoordinir sumber daya manusia dan sumber daya bahan yang dimiliki organisasi tersebut untuk menjalankan rencana dan mencapai tujuan yang berhubungan dengan organisasi. Biasanya, dalam organisasi diwujudkan dalam bentuk badan organisasi yang di dalamnya ada divisi dan sub divisi dengan tugas, tanggung jawab, hak dan wewenang, serta uraian jabatan.

3.      Actuating

Actuating atau diartikan sebagai pengarahan merupakan proses mengarahkan dan mempengaruhi dari pemimpin ke yang dipimpin untuk memastikan sumber daya manusia bekerja sejalan dengan rencana kerja yang telah disusun.

4.      Controlling

Yang terakhir yaitu controlling atau pengendalian. Fungsi yang terakhir merupakan fungsi untuk meyakinkan dan memastikan sumber daya manusia bergerak sesuai visi, misi, tujuan yang telah ditetapkan. Sehingga, diperlukan suatu pengontrolan untuk menghindari penyimpangan dari hal kecil sejak awal.

Nah, kira-kira organisai yang Sobat OSC ikuti sudah menerapkan POAC belum nih?

  31 Views    Likes  

Jurusan Kuliah Para Pejabat di Indonesia, ada Jurusanmu?

previous post

6 Manfaat Mengikuti Pertukaran Mahasiswa Di Dunia Perkuliahan
Jurusan Kuliah Para Pejabat di Indonesia, ada Jurusanmu?

next post

Jurusan Kuliah Para Pejabat di Indonesia, ada Jurusanmu?

related posts