Ketahui Almamater dan Jurusan Kuliah Tiga Bakal Calon Presiden RI 2024 ini!

   Perhelatan politik di tahun 2024 nanti sudah terasa mulai memanas. Manuver sejumlah elit partai politik untuk mencalonkan tokoh bangsa kebanggaannya dalam kontestasi pemilu 2024 khususnya pemilihan presiden dan wakil presiden juga tak luput dari pemberitaan berbagai media massa hingga saat ini. Beberapa nama kandidat tokoh calon presiden muncul dan ramai diberitakan di media dan menimbulkan diskusi dari kalangan elit hingga rakyat. Berdasarkan berbagai macam jenis survey yang telah dipublikasikan akhir-akhir ini, terdapat 3 nama besar yang digadang-gadang akan menjadi bakal calon presiden RI 2024, yaitu mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang telah dideklarasikan menjadi bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) beberapa waktu yang lalu. Hal yang tak kalah menarik untuk dibahas adalah mengenai almamater dan jurusan kuliah dari ketiga kandidat kuat Bacapres RI untuk tahun 2024 ini. Berikut adalah informasi selengkapnya mengenai almamater dan jurusan kuliah yang ditempuh oleh ketiganya.

 

1. Anies Rasyid Baswedan

   Tokoh yang merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta dan mantan menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini lahir di Kuningan, Jawa Barat pada 7 Mei 1969. Ia menyelesaikan pendidikan sarjananya di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Hal yang menarik adalah ternyata ia juga memiliki passion di bidang akademis. Tokoh yang biasa disapa Pak Anies ini aktif di Lembaga Kajian Ekonomi di Pusat Studi Ekonomi UGM setelah ia menamatkan pendidikan sarjananya pada usia 26 tahun. Selepas itu Anies mendapatkan beasiswa Fullbright dari pemerintah Amerika Serikat untuk studi Masternya di University of Maryland, School of Public Policy. Pendidikan doktornya juga ia tempuh di AS dengan beasiswa penuh di Northern Illinois University, Department of Political Science, Illinois, Amerika Serikat. Ia terpilih menjadi rektor termuda di Indonesia, yaitu di Universitas Paramadina di usianya yang ke 38 tahun. Setelah menuntaskan jabatannya sebagai gubernur DKI Jakarta pada akhir 2022 lalu, Anies dideklarasikan sebagai bakal calon presiden dari partai Nasdem didukung oleh partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera yang tergabung dalam koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Prabowo Subianto

   Prabowo Subianto adalah tokoh nasional berdarah militer yang lahir di Jakarta pada tanggal 17 Oktober 1951. Ia merupakan putra dari ahli ekonomi dan mantan Menteri Keuangan Soemitro Djojohadikusumo, serta merupakan menantu Presiden Soeharto. Sejak kecil prabowo sering berpindah-pindah sekolah di beberapa negara karena mengikuti perjalanan dinas ayahya. Ia menamatkan sekolahnya dari jenjang SD hingga SMA di Hongkong, Malaysia, Swiss, dan Inggris. Selepas itu Prabowo melanjutkan pendidikannya ke jenjang militer dengan masuk AKABRI (Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) di Magelang, Jawa Tengah. Sekolah ini merupakan sekolah khusus pendidikan TNI Angkatan Darat dan sekolah karir TNI. Saat ini AKABRI berganti nama menjadi Akademi Militer (Akmil) Republik Indonesia. Hingga kini Prabowo sukses membangun bisnis dan partainya sendiri yaitu Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya).

3. Ganjar Pranowo

   Tokoh yang saat ini menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah ini lahir di Karanganyar, Jawa Tengah, 28 Oktober 1968. Ia adalah anak kelima dari enam bersaudara. Selepas SMA, ganjar melanjutkan pendidikannya di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Setelah menamatkan pendidikan sarjana hukumnya di UGM, ia berkarir di berbagai bidang. Dirinya pernah memiliki kantor hukum sendiri dan pernah bekerja sebagai konsultan SDM di PT Prastawana Karya Samitra. Ganjar masuk ke pemerintahan dengan bergabung bersama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Dia pernah terpilih menjadi anggota DPR pada periode tahun 2009 hingga 2014. Dia aktif di komisi 2 DPR RI membidangi urusan hukum dan pernah juga menjadi panitia hak angket kasus bank century. Pada 2013 Ganjar maju dalam pemilihan Gubernur Jawa Tengah dan terpilih bersama Heru Sudjatmoko. Di tahun 2018, ia kembali maju pada Pilgub jateng dan menang untuk yang kedua kalinya. Menjelang akhir jabatannya, Ganjar Pranowo ditunjuk sebagai petugas partai oleh PDI Perjuangan untuk menjadi Bakal Calon Presiden Republik Indonesia pada Pemilu 2024 nanti.

Itulah dia almamater kampus dari ketiga bakal calon presiden 2024 beserta jurusan kuliahnya. Latar belakang pendidikan yang baik dan berkualitas dari ketiganya patut kita contoh untuk menumbuhkan semangat kita dalam menuntut ilmu di perguruan tinggi.

  168 Views    Likes  

Tips Belajar Efektif Ala Elon Musk

previous post

Kenal Lebih Dekat Dengan Beasiswa OSC Medcom.id
Tips Belajar Efektif Ala Elon Musk

next post

Tips Belajar Efektif Ala Elon Musk

related posts