ketahui ini dia dampak yang terjadi jika overthinking berkepanjangan

Halo sobat OSC!!!

   Kalian mungkin tidak asing lagi sekarang dengan istilah overthinking. Apa sih itu overthinking? Mungkin kalian pernah berada di fase menghadapi suatu permasalahan dan terlalu berlarut-larut memikirkan hal tersebut dan tidak berusaha mencari solusinya itu tandanya kalian sedang mengalami overthingking. Overthinking secara garis besar adalah berpikir secara berlebihan. Overthinking suatu dialog batin  yang membuat kita mengkhawatirkan sesuatu , mengkhawatikan masa lalu yang tidak bisa kita ubah atau mengkhawatirkan masa depan yang belum tentu terjadi.

   Overthinking ini juga menimbulkan kecemasan atau anxiety pada penderitanya karena overthinking termasuk dalam kategori gangguan psikologis. Tapi tau ngga sih kalau overtinking yang berkepanjangan itu tidak hanya bisa merusak kesehatan mental saja, tapi juga fisikmu. Ini dia dampak yang terjadi jika kamu selalu overthinking :

1. Gangguan sistem pencernaan

Ketika kamu overthinking yang berkepanjangan itu aka membuatmu stress megakibatkan meransang horman kortisol. Hormon kortisol inilah yang akan memicu naiknya asam lambung, yang akhirnya bisa membuat kamu tidak nafsu makan, maag, gerd, dan diare

2. Gangguan tidur/insomnia

Ketika kita terus-terusan memikirkan masalah, otak kita jadi terus aktif bekerja bahkan di malam hari sekalipun. Iniah yang akhirnya membuat kamu jadi sulit untuk tidur. Dan kalaupun bisa tidur, kualitas tidurnya pun tidak bagus dan kamu akan merasakan lelah esok harinya.

3. Daya tahan tubuh melemah

 Hormon kortisol akibat stress dari overthinking ini lama-lama bisa menurunkan daya tahan tubuh. Inilah kenapa saat stress, kita jadi lebih rentan sakit seperti batuk pilek. Dan masa penyembuhannya pun akan memakan waktu yang lebih lama.

4. Mengganggu bagian otak

Terus-menerus overthinking dalam jangka panjang bisa mengganggu bagian otak yang berhubungan dengan memori dan emosi. Ini terjadi karena hormon kortisol berpotensi merusak bagian hippocampus yang berfungsi untuk mengolah memori dan emosi yang terkait.

Itu dia dampak negative terhadapak fisikmu jika terus-menerus overthinking. Sayangi dirimu dengan mengurangi overthinking agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan mental dan fisikmu.

 

Sc: Ig @personalitydoc

 

 

 

 

  12 Views    Likes  

Rekomendasi Kegiatan Setelah Lulus UTBK atau SNBP!

previous post

Program Baru Bank BSI ini Sediakan Beasiswa Bagi Pelajar SMA Sederajat!
Rekomendasi Kegiatan Setelah Lulus UTBK atau SNBP!

next post

Rekomendasi Kegiatan Setelah Lulus UTBK atau SNBP!

related posts