banner

KEUNTUNGAN BERORGANISASI SELAMA KULIAH DAN BAGAIMANA CARA MENGATUR WAKTU ANTARA

Menjadi seorang mahasiswa itu tidaklah mudah, bisa jadi mudah ketika kita menjalaninya dengan baik dan sepenuh hati. Dengan menjadi mahasiswa kita memiliki banyak sekali pengalaman baru. Contohnya menemukan kawan yang berasal dari berbagai adat istiadat, agama, bahasa, penampilan dan lainnya. Banyak keanekaragaman yang kita temui saat kita menjadi seorang mahasiswa.

Di kampus, kita harus bisa membiasakan diri untuk menunjukan atau menonjolkan potensi kita selama menjadi mahasiswa, hal itu bisa kita lakukan dengan cara yaitu kita mengikuti Organisasi-organisasi yang ada dikampus tempat perkuliahan kita. Dengan mengikuti Organisasi lah kita bisa menunjukan kemampuan diri kita potensi diri kita yang sekiranya berdampak baik untuk lingkungan kampus kita. Memang tidak semua Mahasiswa mau mengikuti organisasi, karena mungkin terdapat beberapa pendapat yang berbeda.

Tapi, apa sih manfaat dari kita mengikuti organisasi ? emang ada yah keuntungannya? Oh  Jelas ada, berikut beberapa manfaat kita mengikuti organisasi :

Memperluas Pergaulan, nah dengan berorganisasi tentu sangat jelas kita memiliki banyak teman mulai dari seangkatan kita, kakak-kakak tingkat, maupun yang lainnya, bahkan dengan berorganisasi pun kita bisa lebih mengenal dosen-dosen yang ada di kampus itu. Meningkatkan wawasan dan Pengetahuan, ini dimaksudkan karena dengan berorganisasi tentunya kita di asah terus untuk menyampaikan pendapat-pendapat kita saat rapat, dengan kita berpendapat tentunya kita mempunyai wawasan dan pengetahuan yang luas, disinilah kita dapat mengembangkan itu. Menjadi kuat dalam menghadapi tekanan, dalam berorganisasi tentu banyak tekanan dan beban yang dihadapi entah dari teman, dosen, pemimpin kita atau dan lain sebagainya, disini kita tidak boleh langsung menyerah tetapi bagaimana cara kita untuk mengatasi semuanya itu demi kebaikan kampus kita. Melatih leadership (kepemimpinan) Belajar mengatur waktu dengan baik.

Cukup 5 aja yah manfaatnya, sebenarnya sih banyak banget manfaat berorganisasi, tapi disini saya akan menyampaikan 5 saja manfaat penting berorganisasi. Nah sekarang liat dipoin ke 5 yaitu Belajar mengatur waktu dengan baik, bagaimana sih caranya agar waktu antara Kuliah dan berorganisasi itu bisa berjalan dengan baik dan tidak ada kendala?

Berikut cara-caranya :

Kuliah tetap Nomor satu, nah Kenapa kuliah tetap nomor 1? Karena Kuliah Lebih penting , dengan Kuliah kita bisa menggapai cita-cita kita, dengan Kuliah juga kita bisa mendapatkan gelar sarjana yang kita Inginkan, tidak ada salahnya kita berorganisasi, tetapi ada waktunya jam untuk organisasi, kalaupun dituntut untuk meninggalkan kelas selama jam perkuliahan, mintalah izin kepada dosen yang bersangkutan dan sangat diharapkan untuk tidak melebihi batas absen yang telah disepakati selama semester atau perkuliahan tersebut. Harus selektif dalam memilih organisasi,  maksud dari sinilah kita harus cerdas dan bijak dalam memilih organisasi yang kita ikuti, memang berorganisasi memiliki banyak manfaat tapi dengan kita bijak memilih organisasi, tentunya waktu yang terkuras juga tidaklah terlalu banyak. Kenali batasan kemampuan diri, dengan kita mengenali kemampuan diri kita, kita bisa selektif dalam memilih organisasi, point ini berkaitan dengan point kedua diatas, kenapa begitu? Karena banyak orang merasa mampu untuk mengikuti banyak organisasi tetapi dalam mengatur waktu saja tidak bisa dilakukan, jadi harus kenali potensi diri kita sampe mana nih, apakah saya mampu atau tidak?Sekian dari artikel saya, masih banyak cara-cara lain untuk mengatur waktu antara kuliah dan berorganisasi, saya hanya mengutip beberapa yang menurut saya sangat penting. So, jangan hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu saja yah gaes, tapi jadilah mahasiswa yang aktif, cerdas, bijak dalam segala hal. Terima kasih
  0 Views    Likes  

banner
Kehidupannya selalu Di Fisika dan Fisika

previous post

Hentikan Bully Damai itu Indah
Kehidupannya selalu Di Fisika dan Fisika

next post

Kehidupannya selalu Di Fisika dan Fisika

related posts