Khasiat dan manfaat buah manggis bagi kesehatan

Manggis yang memiliki nama latin garcinia mangostana Linn merupakan salah satu tanaman tropis asli Indonesia.  Pohon manggis ini sebagian besar tumbuh liar di Indonesia dengan tinggi Pohon Lebih dari 10 meter. Pohon Manggis ini biasanya mulai berbuah setelah berusaha 8-10 tahun. Dalam buah manggis, terdapat kandungan vitamin C, vitamin B2, folat, magnesium, dan xanthones.  Setelah mengetahui kandungan dari buah manggis selanjutnya kita akan membahas mengenai khasiat buah manggis. Berikut beberapa khasiat dan manfaat dari buah manggis.

Sumber Oksidan Kuat

Buah manggis memiliki kandungan zat yang disebut Xanthone yakni senyawa fitokimia yang mengandung zat merah khas dari buah manggis yang memiliki khasiat sebagai antibakteri,antikanker,dan anti inflamasi. Selain itu xanthone juga berpotensi untuk memperkuat sistem imun dan menyehatkan serta mendukung kesehatan mental dan keseimbangan mikroba tubuh dan meningkatkan kelenturan sendi.

Menurunkan Risiko Kanker

Ada penelitian yang menyebut bahwa konsumsi buah-buahan, termasuk manggis bisa menurunkan risiko kanker. Sebab, buah ini mengandung zat xanthones yang bersifat antioksidan dan antiiflamasi. Kandungan tersebut diketahui bisa melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker di payudara, perut, dan paru-paru. Meski diyakini mengandung banyak manfaat untuk tubuh, tetapi penting juga untuk tetap menerapkan gaya hidup sehat di samping mengonsumsi buah manggis.

Memperkuat Daya Tahan tubuh

Salah satu cara agar tubuh selalu sehat adalah menjaga kekuatan imunitas alias daya tahan tubuh. Nah, kandungan vitamin C, mineral, dan xanthones pada buah manggis disebut bisa membantu menguatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Buah ini juga bersifat antibakteri, sehingga bisa membantu imunitas melawan infeksi.

Memiliki Efek Anti Kanker

Studi populasi menunjukkan bahwa diet yang kaya akan sayuran dan buah-buahan seperti manggis berhubungan dengan pengurangan insiden kanker. Senyawa tanaman spesifik pada manggis, termasuk xanthones memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi, yang dapat membantu melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa xanthones dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk di payudara, lambung, dan jaringan paru-paru.

Baik Untuk Pencernaan

Buah manggis adalah makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Buah manggis mengandungserat yang sangat penting untuk kesehatan pencernaan, sementara diet tinggi serat dapat membantu meningkatkan keteraturan usus.

  32 Views    Likes  

Dark Empath, Kepribadian Ganda “Si muka dua”

previous post

Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan di Era Digital
Dark Empath, Kepribadian Ganda “Si muka dua”

next post

Dark Empath, Kepribadian Ganda “Si muka dua”

related posts