Halo sobat OSC!, apa kabar nih? Dalam konten akan dibahas nih kiat dan cara untuk mendapatkan nilai “A” selama perkuliahan daring, seperti yang kita tau nih semenjak pandemi di Indonesia, hampir seluruh aktivitas masyarakat dibatasi tidak terkecuali kegiatan belajar mengajar.
Kegiatan belajar mengajar baik di tingkat bangku sekolah maupun tingkat perguruan tinggi yang pada awalnya bersifat onsite mau tidak mau harus beradaptasi selama pandemi, selama pandemi. Menurut survey yang dilaksanakan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada tanggal 05-08 Agustus 2020 , sebanyak 87% sekolah di Indonesia sudah beralih ke sistem daring selama masa pandemi.
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar selama pandemi juga menjadi tantangan sendiri bagi pihak pengajar maupun pihak siswa, dari pihak pengajar kesulitan yang dapat dilihat diantaranya masih terdapat beberapa tenaga didik yang kurang menguasai teknologi sehingga peralihan ke sistem belajar daring akan menyulitkan sebagian dari mereka, kesulitan dari sisi pengajar juga didapatkan karena kurangnya interaksi terhadap murid yang bisa didapatkan dari pembelajaran daring.
Tidak hanya sisi pengajar yang menghadapi kesulitan dalam pembelajaran online, sebagai siswa atau mahasiswa juga merasakan hal yang serupa, hal ini terbukti dari penelitian yang dilaksanakan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) hampir 92% dari 2.201 responden yang berasal dari tingkat siswa hingga mahasiswa merasakan kesulitan saat pembelajaran daring, oleh karena itu pada artikel ini akan dibahas kiat mendapatkan nilai “A” pada pembelajaran daring, yuk simak tips di bawah ini :
Kumpulkan PPT materi yang dibagikan dosen dan buat folder sesuai dengan nama mata kuliah.Materi PPT yang dibagikan oleh dosen sebelum jam pelajaran sering kali dianggap remeh oleh sebagian mahasiswa , hal ini juga berlaku sama untuk para siswa. Padahal kunci utama dalam pembelajaran daring adalah materi yang dibagikan oleh dosen atau guru.
Kemungkinan soal ujian selama pembelajaran daring adalah materi dari PPT yang diberikan oleh pengajar, oleh karena itutidak ada salahnya jika sobat OSC menyiapkan folder terpisah untuk mengunduh setiap materi yang diberikan oleh pengajar, hal ini juga akan mempermudah sobat OSC untuk belajar ketika ujian datang.
Catat materi pelajaran dan pelajari sebelum kelas dimulaiHal penting lainyang bisa sobat OSC coba adalah dengan mengambil start duluan sebelum jam pelajaran di mulai, sebagian daripola ajar tenaga didik di masa pandemi adalah mengunggah terlebih dahulu materi di situs pembelajaran sebelum kelas dimulai.
Dengan adanya kesempatan untuk mempelajari materi terlebih dahulu, sobat OSC mendapatkan kesempatan lebih untuk mengeksplor materi yang diberikan olehpengajar, hal ini juga tidak menutup kemungkinan untuk sobat OSC agar bisa mencari sumber referensi lain terkait materi yang diajarkan. Hal ini juga pastinya dapat menambah luasnya pemahaman yang diterima oleh sobat OSC terkait materi pembelajaran.
Manfaatkan waktu senggang dan fasilitas Asisten DosenHal yang mungkin positif dari pembelajaran daring adalah fleksibilitas waktu dimana waktu terasa lebih hemat dibandingkan saat pembelajaran offline, waktu senggang yang sobat OSC miliki selama pembelajaran daring bisa dimanfaatkan untuk hal seperti review kembali pembelajaran dari pengajar.
Hal lain yang mungkin cukup membantu selama pembelajaran daring adalah fasilitas asisten dosen ataupun tutor , selama pembelajaran daring teman OSC bisa menggunakan fasilitas tersebut untuk membantu meluruskan pemahaman sobat OSC terkait materi yang tidak dipahami, dengan bertanya kepada tutor ataupun asisten juga tentunya dapat memperluas relasi sobat OSC di masa pandemi ini.
Sekian dulu tips dan trik yang dapat diberikan kali ini, semoga dapat dicoba oleh teman-teman sekalian , jangan lupa untuk tetap produktif dan semangat berkarya di masa pandemi ini, dan yang pastinya tetap jaga kesehatan.
previous post
Jadi Mahasiswa Aktif : Tips Sukses di Perkuliahan