banner

Kimia Ternyata Dekat dengan Kita

Kimia merupakan salah satu kata yang sudah sering kita dengar waktu masih duduk di bangku sekolah. Ketika kita belajar tentang kimia, kita akan belajar tentang kehidupan, Mempertahankan kehidupan dan membuat kehidupan ini menjadi lebih baik. Jika kita mempelajari kimia lebih dalam, kita akan mengetahui bahwa Kimia itu adalah ilmu yang mempelajari tentang materi, perubahan materi, dan energi yang menyertai perubahan tersebut dan Materi itu adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruangan. Jadi, semua hal yang ada di sekitar kita itu termasuk materi dan dapat dipelajari secara kimia. Tanpa kita sadari kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari selalu dekat dengan kimia, karena saat ini sudah banyak kebutuhan yang kita perlukan berasal dari bahan-bahan kimia. Tetapi karena Kurangnya pengetahuan yang kita miliki, hal tersebut sering tidak kita tahu.

 

Kenyataan yang banyak ditemui saat ini, bahwa banyak anak-anak yang tidak menyukai mata pelajaran ilmu kimia. Mereka menganggap kimia sulit dipahami dan sering menjadi momok tersendiri bagi pelajar. Ketidaktahuan anak-anak mengenai kegunaan ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari merupakan penyebab kebosanan sehingga tidak tertarik. Salah satu penyebabnya karena pelajaran kimia kaya akan konsep dan bersifat abstrak. Padahal dengan kita menyukai pelajaran kimia banyak sekali manfaat yang akan didapatkan nantinya. Hidup manusia tidak bisa dijauhkan dengan kimia.

 

Banyak orang yang menganggap bahwa zat-zat kimia selalu disambungkan dengan hal-hal yang negatif. Padahal di dalam tubuh pun tersusun dari banyak sekali unsur kimia dan dalam hidup manusia pun membutuhkan kimia. Beberapa manfaat yang diperoleh dengan mempelajari ilmu kimia adalah mengetahui manfaat dan bahaya dari bahan kimia tersebut, memahami alam sekitar dan proses yang berlangsung, serta masih banyak lagi manfaat yang mengasyikkan jika kita menyukai untuk belajar pendidikan ilmu kimia.

 

Salah satu senyawa kimia yang terpenting bagi kehidupan kita adalah air. Air merupakan salah satu materi. Air memiliki massa dan menempati ruangan. Air memiliki rumus molekul H2O, jadi air merupakan salah satu zat kimia. Tentunya kita ketahui bahwa kehidupan manusia tidak bisa terpisahkan dengan air karena air merupakan sumber penting dalam kehidupan manusia, sebagai kebutuhan pokok manusia sampai saat ini. Dari situlah kita dapat melihat bahwa sangat dekat dengan kita dan merupakan salah satu kebutuhan dalam menjalani kehidupan, air di dalam kimia sering disebut dengan kimia mineral.

 

Perlu kita ketahui juga bahan kimia itu terdapat pada produk-produk rumah tangga yang sering kita gunakan dalam sehari hari seperti Sabun dan lain lain. Kalau membicarakan kimia di sekitar kita tidak habisnya, karena tidak dapat dipungkiri bahwa kimia memang selalu dekat dengan kita. Salah satu contoh lainnya yaitu garam merupakan zat kimia dengan rumus NaCl (Natrium Klorida). Kalau masakan hambar kita bisa tambahkan NaCl, kan. Kimia juga ada pada apa yang kita makan. Nasi yang kita makan mengandung karbohidrat dan daging yang kita konsumsi mengandung protein. Buah-buahan mengandung vitamin. Bahkan udara yang kita hirup pun mengandung gas Oksigen dengan rumus O2.

 

Kimia itu dekat dengan kita tanpa kita sadari. Kimia itu tidak hanya tentang racun, pewarna, pengawet, bom, dan hal menyeramkan lainnya. Kimia itu juga sebagai pemberi kehidupan dan mempertahankan kehidupan.

 

Sumber gambar : https://iteak.wordpress.com/ipa-2/bahan-kimia-dalam-kehidupan-2/

  0 Views    Likes  

banner
Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

previous post

Udah yakin Lolos SBMPTN 2020?
Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

next post

Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

related posts