banner

kisah inspiratif seorang tenzing norgay...

Sir edmund hillary, yang berasal dari Selandia baru, adalah orang pertama yang berhasil mencapai puncak gunung everest. Namun di balik kisah sukses luar biasa Sir Edmund hillary, ada cerita tentang seseorang yang tidak kalah menariknya. Orang itu adalah Tenzing norgay.

Tenzing norgay adalah seorang penduduk asli Nepalyang bekerja sebagi pemandu, atau sherpa dalam bahasa lokal, Bagi para pendaki gunung yang berniat mendaki Gunung everest.

Pada tanggal 29 mei 1953 pukul 11.30, Tenzing Norgay bersama Sir edmund hillary berhasil menaklukan Gunung Everest pada ketinggian 29.028 kaki di atas permukaan laut dan menjadi orang pertama di dunia yang mencapai puncak everest.

Peristiwa itu Kemudian menjadi inspiras dn penyemangat bagi ratusan pendaki gunung lainnya untuk mengikuti keberhasilan mereka mencapai puncak everest. Karena sebelumnya, pada rentang tahun 1920 hingga 1952, tujuh tim ekspedisi telah berusaha menaklukan everest namun mengalami kegagalan. beberapa di antaranya perah di pandu oleh tenzing.

Keberhasilan Sir Edmund hillary tentu saja menjadi sangat fenomenal, mengingat Perang dunia II baru saja mereda. Karena keberhasilannya itu, Sir Edmund hillary itu mendapatkan gelar kebangsawanan dari Ratu Elizabeth II dan menjadi orang yang terkenal di seluruh dunia.

Tapi, mengapaTenzing Norgay tidak ikut menjadi terkenal dan mendapatkan juga semua yang di dapatkan oleh Sir Edmund Hillary? Padahal ia adalah pemandu yang menentukan keberhasilan Sir Edmund Hillary mencapai Puncak Everest. Seharusnya, kalau dia mau, dia bisa saja menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di puncak everest dan bukan Sir Edmund Hillary.

Setelah Sir Edmund Hillary bersama Tenzing Norgay kembali dari puncak Everest, hampir semua reporter dunia berebut mewawancarai Sir Edmund Hillary dan hanya ada satu reporter yang mewawancarai Tenzing Norgay. Berikut cuplikannya.

Reporter: Bagaimana perasaan anda dengan keberhasilan menaklukan puncak gunung tertinggi di dunia?

Tenzing Norgay: Sangat senang sekali!

Reporter: Apakah anda seorang sherpa bagi Edmund Hillary? Tentunya posisi anda berada di depannya, bukankah seharusnya anda yang menjadi orang pertama yang menjejakkan kaki di puncak gunung Everest?

Tenzing Norgay: Ya, benar sekali, pada saat tinggal satu langkah mencapai puncak, saya persilahkan dia (Edmund Hillary) untuk menjejakkan kakinya dan menjadi orang pertama yang berhasil menaklukan puncak gunung tertinggi di dunia ini.

Reporter: Mengapa anda melakukan itu?

Tenzing Norgay: Karena itu adalah impian Edmund Hillary, bukan impian saya… impian saa adalah berhasil membantu dan mengantarkannya meraih impiannya.

Itulah sekelumit kisah tentang seorang sherpa yang bernama Tenzing Norgay. Dia tidak menjadi serakah dan rakus ketenaran atau takut menjadi populer, sekalipun ada kesempatan iu di depannya. Nama besar dan penghargaan diperoleh Sir Edmund Hillary tidak ia sesalkan. Tenzing Norgay bangga dapat membantu orang lain mencapai mewujudkan impiannya.(sumberinspirasijiwa.com).

Apa yang terpikir olehmu ketika membaca kisah luar biasa tersebut?

maka dari itu janganlah kita terlalu membanggakan akan kepopuleran kita, karena itu semua hanyalah sementara.

  67 Views    Likes  

banner
 what is your "MOTIVATION?"

previous post

Peran Pemuda Sebagai Pionir Dalam Pengurangan Sampah Plastik Dengan Zero Waste
 what is your "MOTIVATION?"

next post

what is your "MOTIVATION?"

related posts