Larangan Larangan Dalam Berburu Beasiswa

Beasiswa adalah solusi terbaik bagi siswa dan mahasiswa yang kesulitan mencari biaya sekolah atau biaya kuliah. Namun sobat OSC tahu tidak kalau ternyata ada beberapa larangan dalam berburu beasiswa, loh. Salah satu dari larangan itu adalah larangan takut untuk mencoba. Sobat OSC wajib tahu larangan-larangan dalam berburu beasiswa!

Musuh terbesar bagi pemburu beasiswa bukanlah semua peserta yang mengikuti seleksi beasiswa tersebut tetapi ketakutan dari diri sendiri. Rasa takut hanya akan membuat sobat OSC tidak akan pernah mencoba. Selain itu rasa takut dapat menyebabkan kurangnya motivasi dan optimisme pada kemampuan diri sendiri padahal sobat OSC punya value untuk bersaing.

Adapun larangan-larangan dalam berburu beasiswa yang wajib sobat OSC hindari, terlebih jika sobat OSC tengah mengikuti seleksi beasiswa OSC yang sedang berlangsung saat ini. Berikut adalah larangan-larangan dalam berburu beasiswa:

Larangan Takut Mengambil Risiko

Setiap manusia tidak lepas dari dua hal, yaitu peluang dan risiko. Nyatanya kita sering kali ketakutan mengambil peluang karena risikonya. Perlu diingat tidak takut mengambil resiko memiliki dua kemungkinan, yaitu gagal dan sukses. Sedangkan takut mengambil resiko hanya memiliki satu kemungkinan, yaitu kegagalan itu sendiri. Jadi bagaimana sobat OSC, masih takut mengambil resiko yang kemungkinannya hanya satu, kegagalan? 

Larangan Takut Tidak Mampu

Rasa takut karena kurang memiliki pengalaman menyebabkan kita merasa tidak mampu sebelum mencoba. Ingat, untuk mendapatkan beasiswa jangan "takut tidak mampu". Yakin pada diri sendiri dan kuasa Tuhan.

Larangan Takut Ditolak

Melawan rasa takut ditolak, sehingga ketika ditolak, sobat OSC sudah siap menerima keputusan penolakan tersebut. Bagaimana caranya? Pertama, sobat OSC sebaiknya mengikuti lebih dari satu program beasiswa. Maksudnya, sobat OSC berburu beasiswa bukan di satu tempat program beasiswa saja melainkan lebih dari satu. Kedua, yakin bahwa penolakan tersebut merupakan bagian dari skenario Tuhan yang terbaik. Percaya bahwa Tuhan selalu tahu yang terbaik untuk makhluk-Nya.

Larangan Takut Gagal

Tantangan terbesar adalah merasa takut gagal. Takut gagal akan membawa pada sikap kehati-hatian yang berlebihan, takut untuk mencoba hingga gagal sebelum mencoba. Ingat, kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda ya sobat OSC!

 

Itulah larangan-larangan dalam berburu beasiswa. Yang perlu diperhatikan adalah sobat OSC mempertimbangkan value dari setiap kesempatan yang dilewatkan. Rasa menyesal jauh lebih mengerikan dibandingkan rasa takut akan kegagalan. Semangat sobat OSC!

Sumber Buku : Saatnya Berburu Beasiswa! Penulis Buku : Enung Nurhayati

  231 Views    Likes  

Catat!!! Beasiswa Pelatihan Koding dari Kementerian agama dan Skilvul

previous post

Daftar beasiswa dari berbagai negara di dunia
Catat!!! Beasiswa Pelatihan Koding dari Kementerian agama dan Skilvul

next post

Catat!!! Beasiswa Pelatihan Koding dari Kementerian agama dan Skilvul

related posts