banner

Lebih Dekat Dengan Jurusan Geofisika

Geofisika adalah bagian dari ilmu bumi yang mempelajari bumi menggunakan kaidah atau prinsip-prinsip fisika. Di dalamnya termasuk juga meteorologi, elektrisitas atmosferis dan fisika ionosfer. Penelitian geofisika untuk mengetahui kondisi di bawah permukaan bumi melibatkan pengukuran di atas permukaan bumi dari parameter-parameter fisika yang dimiliki oleh batuan di dalam bumi. Dari pengukuran ini dapat ditafsirkan bagaimana sifat-sifat dan kondisi di bawah permukaan bumi baik itu secara vertikal maupun horizontal. (https://id.m.wikipedia.org/wiki/Geofisika)

Pada dasarnya, geofisika adalah ilmu yang mempelajari Geo (Bumi) dengan menggunakan prinsip fisika. Geofisika juga bisa didefinisikan sebagai pengolahan data geologi dengan prinsip geofisika. Karena inilah biasanya dalam sebuah kampus antara jurusan geofisika dan jurusan geologi berada pada satu departemen. Sebagai seorang mahasiswa geofisika, kita akan dibekali berbagai ilmu dan keterampilan dalam berbagai macam permasalahan maupun persoalan yang berasal dari alam seperti pengolahan sumber daya alam, sumber daya energi maupun sumber daya lingkungan.

Mata kuliah yang akan kita temui selama menjadi mahasiswa geofisika antara lain termodinamika, metode komputasi, gelombang, geologi struktur, metode seismik, seismologi, metode gravitasi, analisis geofisika, elektronika, maupun elektromagnetik geofisika. Dan hal itu kita juga akan diberi materi tentang mitigasi bencana, yaitu Bagaimana kita bisa meminimalisir, mengatasi, maupun menghadapi bencana-bencana alam seperti gempa bumi maupun letusan gunung berapi. 

Lalu apa prospek kerja jika kita menjadi seorang geofisikawan ? 

Seorang geofisikawan bisa bekerja seperti mengeksplorasi maupun mengakuisisi sampul alam dalam memperoleh data. Seorang lulusan geofisikawan berpeluang besar untuk bekerja di perusahaan minyak dan gas, pertambangan, dan perusahaan geothermal. Selain itu jurusan geofisika juga bisa menjadi seorang vulkanolog. Bukan olok adalah seseorang yang bertugas untuk mengawasi atau memantau gunung api yang masih aktif. Dan masih banyak lagi prospek kerja dari lulusan geofisika. Mulai dari bekerja menjadi abdi negara seperti BMKG, Kementerian ESDM, maupun bekerja menjadi seorang peneliti di Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia ( LIPI).

Gimana sobat OSC? 

Masih belum tertarik bergabung dengan jurusan geofisika. Oh iya, kalau sudah menjadi mahasiswa geofisika nanti bisa gabung HMGI ( Himpunan Mahasiswa geofisika Indonesia) yang bakal mempermudah kita dalam menjalani tantangan eksplorasi dan akuisisi saat bekerja di lapangan nanti.

  0 Views    Likes  

banner
Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

previous post

Udah yakin Lolos SBMPTN 2020?
Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

next post

Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

related posts