Lima Rekomendasi Channel StudyTube Untuk Tingkatkan Motivasi Belajar

Halo Sobat OSC! Selama pandemi gini masih terus semangat belajar ngga? Atau justru boring dan bikin stress yang berujung demotivasi alias motivasi belajar turun? Eits jangan khawatir, Sob! Kali ini penulis akan merekomendasikan channel StudyTube yang cocok banget buat meningkatkan motivasi belajar kamu. Stay tune ya!

Sobat OSC pasti tidak asing dengan istilah StudyTube, bukan? Dalam https://theboar.org menyebutkan bahwa StudyTube adalah bahasa sehari-hari yang digunakan untuk menggambarkan pembuat konten di media sosial, yang mana jangkauan utamanya melalui video YouTube. Dalam StudyTube ini pemilik akun mendiskusikan kiat terbaik dan metode revisi mereka dengan cara yang jelas, ringkas dan dapat dipahami.

Biasanya konten-konten StudyTube ini berisi vlog kegiatan belajar(study vlog), daily activity sebagai pelajar atau mahasiswa, kegiatan produktif di rumah, rekomendasi buku, sharing session, dan tips-tips dalam belajar.

Ketika dilanda demotivasi alangkah baiknya kita berupaya meningkatkan motivasi tersebut. Salah satu caranya yaitu dengan mencoba melihat konten-konten produktif di beberapa channel StudyTube yang direkomendasikan penulis di bawah ini. Dengan melihatnya kita akan termotivasi melakukan hal serupa dan memiliki mood baik dalam belajar atau kegiatan produktif lainnya.

Ini dia 5 channel StudyTube rekomendasi penulis untuk meningkatkan motivasi belajar Sobat! Boleh dicatat nih, Sob!

Eucalyptus 

Pemilik channel ini merupakan seorang mahasiswa kedokteran di salah satu universitas di Korea Selatan. Dalam channel-nya ia sering mengunggah video-video seperti study vlog, kegiatan internship di rumah sakit, dan daily activity sebagai seorang mahasiswa kedokteran. Video-video dalam channel ini sangat menarik ditambah dengan tampilan aesthetic yang manjur meningkatkan mood belajar. Konten-konten yang disajikan tidak jauh dari kesibukan mahasiswa kedokteran yang memiliki motivasi dan daya juang tinggi. Wah, sangat inspiratif bukan?

Merve

Gadis hijabi ini memiliki jadwal belajar mandiri setiap hari dan dilakukan secara live streaming di channel-nya. Biasanya sesi belajar dilakukan selama 3-11 jam setiap hari kecuali hari Jumat. Ia menerapkan sistem 50 menit belajar dan 10 menit istirahat dalam kegiatan belajarnya. Dengan mengikuti channel ini, hampir setiap hari kita bisa belajar virtual bersama Merve. Suasana ruang belajar yang kondusif ditemani suara rintik hujan atau kicauan burung yang merdu menambah mood belajar. Kita juga disuguhi pemandangan University of Glasgow yang mirip dengan kampusnya Harry Potter dan kawan-kawan yang sukses bikin betah belajar. Channel ini cocok banget buat kamu yang menyukai belajar dalam suasana hening. Sehingga, kita dapat meningkatkan konsentrasi dan lebih semangat karena merasa tidak sendirian saat belajar. 

Zahid Azmi Ibrahim 

Channel ini cocok banget buat Sobat yang ingin menambah wawasan terkait self development alias pengembangan diri. Di channel-nya, ia sering membagikan tips belajar bahasa asing, skill public speaking, rekomendasi buku dan aplikasi untuk pelajar, serta berbagai macam kegiatan produktif lainnya. Sangat menarik, bukan?

Xaviera Putri 

StudyTube asal Indonesia yang sedang berkuliah di KAIST ini telah merintis akun YouTubenya sejak tahun terakhir SMA-nya di Korea. Ia sering membagikan kegiatannya selama menjadi pelajar di SMA khusus Sains, kegiatan belajar sebagai mahasiswa Computer Science, serta berbagai sharing session. Dalam video sharing session ini, ia membagikan pengalaman-pengalamannya selama menjadi seorang hijabi dan mahasiswa di negara Korea Selatan yang memiliki budaya kompetisi yang tinggi serta bagaimana ia bisa survive dan mampu beradaptasi dengan baik. Di sini kita juga dapat mengetahui bagaimana realita kehidupan mahasiswa di Korea Selatan. Selain itu, dalam channel-nya ia membagikan  informasi terkait bagaimana ia mendapatkan program beasiswa SMA maupun Universitas. Wah, cocok banget buat para Sobat OSC yang ingin melanjutkan studi di negara K-pop, nih!

Zhafira Aqyla 

StudyTube ini dirintis oleh seorang hijabi asal Indonesia yang telah menyelesaikan studi Social Science-nya di Osaka University. Ia sering membagikan tips-tips belajar, study vlog, dan sharing session mengenai program beasiswa yang ia dapatkan. Di sini kita juga bisa melihat daily activity selama ia bekerja part time di restoran halal, sebagai guru les privat Bahasa Inggris dan beragam aktivitas lainnya yang membuat kita termotivasi untuk melakukan kegiatan produktif. Tak jarang channel ini juga merekomendasikan tempat-tempat wisata di negara Jepang lengkap dengan spot-spot halalnya seperti restoran dan hotel. Sangat menarik kan, Sob?

Oke, itu dia lima channel StudyTube yang paling recommended untuk meningkatkan motivasi belajar kamu, Sob! Tentu masih banyak channel StudyTube lain yang tak kalah inspiratifnya dan tentunya manjur banget untuk membantu kamu mengembalikan motivasi belajar. Jadi, yang terpenting adalah meningkatkan motivasi belajar kamu ya, Sob! Jangan sampai kita berlarut-larut sampai lupa waktu nonton YouTube-nya. Hehe

Sekian artikel dari penulis. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa like dan share, ya Sob! Terima kasih.

 

Sumber: 

www.youtube.com

https://theboar.org

  234 Views    Likes  

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

previous post

Mengenal Kampus Almamater Para Idol Kpop, Dari Anggota BTS hingga Seventeen.
Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

next post

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

related posts