List Pertanyaan Ketika Interview Magang Online [MY EXPERIENCE]

 

Halo sobat OSC! Kembali lagi di artikelku dengan edisi [MY EXPERIENCE]. Nah, seperti judul di atas kali ini kita akan membahas seputar pengalaman interview-ku ketika mengikuti internship online Technical Writer, khususnya pertanyaan apa saja yang saat itu ditanyakan ketika wawancara.

 

Siapa tahu diantara kalian ada yang berniat mendaftar magang juga dan perlu mempersiapkan untuk wawancara. Maka dari itu tidak perlu lama-lama langsung saja simak list pertanyaannya di bawah ini yuk!

 

Coba Perkenalkan Tentang Diri Kamu

 

Ketika awal wawancara, recruiter akan meminta kamu untuk memperkenalkan diri dan menceritakan seperti apa diri kamu. Nah, saat itu kamu bisa menjawab mulai dari 

 

- Nama

- Asal daerah

- Asal sekolah atau kampus

- Jurusan yang ditempuh saat ini

- Hobi atau bidang yang diminati

- Kesibukan saat ini

Poin-poin di atas dapat kamu gunakan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Selain itu, yang perlu kamu ingat, ketika menjawab pertanyaan perkenalan usahakan jangan hanya menyebutkan hal-hal biasa seperti nama, asal, atau yang lain.

 

Kamu bisa tambahkan misalnya kamu adalah orang yang seperti apa, atau kamu sedang menjalankan hobi apa. Hal tersebut akan membuat jawaban kamu tidak terkesan monoton, sehingga recruiter akan lebih tertarik.

 

Apa Aktivitas Kamu di Luar Sekolah/Kampus

 

Pertanyaan kedua yang ditanyakan saat aku wawancara yaitu aktivitas atau kesibukan apa saja yang kamu lakukan di luar sekolah atau kampus. 

 

Nah, pertanyaan tersebut dapat kamu jawab sesuai apa yang sedang kamu lakukan saat ini. Misalnya di luar kampus kamu bergabung dengan organisasi, komunitas, atau siapa tahu kamu juga sedang bekerja freelance, part time, atau yang lain.

 

Yang terpenting, kamu harus menjawab apa adanya dan tidak dibuat-buat. Apabila memang tidak ada kesibukan di luar kampus, kamu bisa menjawab saja tidak ada. 

 

Apa Kelemahan dan Kelebihan Kamu

 

Pertanyaan ini hampir selalu ditanyakan pada setiap sesi interview, entah itu magang, kerja, maupun beasiswa. Kemudian untuk menjawab pertanyaan ini juga ada caranya loh, caranya yaitu jawablah kekurangan terlebih dulu kemudian tutupi itu dengan kelebihan.

 

Mengapa demikian? Karena apabila kelemahan disebutkan di akhir, itu akan sangat menonjolkan kekurangan tersebut. 

 

Nah, lalu bagaimana caranya? Agar kamu lebih paham, aku akan memberikan satu contoh jawaban pertanyaan tersebut.

 

“Kelemahan saya adalah orang yang cukup pelupa, sehingga jika saya diminta mengerjakan sesuatu saya akan langsung melakukannya atau minimal menulisnya pada notes apabila tidak bisa dikerjakan langsung”

 

“Namun, dari pelupa itulah yang membuat saya menjadi orang yang detail dan cukup perfeksionis. Saya akan mengusahakan tidak akan ada hal yang akan terlewat dalam pekerjaan. Sehingga hal itu mendorong saya untuk memaksimalkan pekerjaan dengan baik”

 

Nah, kalimat yang dicetak tebal pertama adalah kekurangan, dan kalimat bercetak tebal kedua adalah kelebihan. Maka dari itu kamu harus pandai-pandai menghubungkan kekurangan dan kelebihanmu.

 

Apa yang Kamu Ketahui Tentang Perusahaan Tersebut

 

Setelah ditanya seputar diri kamu, selanjutnya recruiter akan menanyakan sejauh mana kamu mengenali perusahaan yang kamu lamar. Semakin kamu tahu lebih banyak tentang perusahaan tersebut, maka semakin menunjukkan bahwa kamu memang bersungguh-sungguh melamar posisi ini.

 

Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu lebih dulu seputar perusahaan sebelum akhirnya kamu wawancara. Agar recruiter lebih tertarik, jangan lupa juga untuk mention kelebihan serta value yang dimiliki perusahaan.

 

Mengapa Kamu Memutuskan Mengambil Posisi Ini

 

Pertanyaan berikutnya sudah mulai masuk pada posisi yang dilamar. Lalu bagaimana cara menjawabnya? Kamu bisa mulai menjawab dengan kemampuan kamu pada posisi yang dilamar. Apabila sebelumnya belum pernah ada pengalaman, its okay kamu bisa menunjukkan ketertarikan kamu terhadap posisi itu.

 

Sehingga magang ini nantinya bisa dijadikan batu loncatan untuk mencari pengalaman lagi. Dengan menunjukkan ketertarikan dan kemauan kamu, recruiter tentu akan mempertimbangkan kamu juga.

 

Skill Apa yang Kamu Miliki untuk Mendukung Posisi Ini

 

Pertanyaan terakhir yang saat itu ditanyakan adalah skill, di sini kamu akan diminta menjawab skill apa yang kamu miliki yang nantinya dapat menunjang pekerjaan posisi tersebut.

 

Pastikan jika skill yang kamu sebutkan relevan dengan posisi yang dilamar. Contohnya ketika aku mendaftar posisi Technical Writer, ada beberapa skill yang aku sebutkan diantaranya seperti menulis konten, edit dan publish artikel, hingga kemampuan menggunakan platform WordPress untuk menerbitkan tulisan.

 

Jika kamu bingung skill apa saja yang harus disebutkan, kamu bisa cek pada persyaratan yang mereka minta. Biasanya mereka akan memberikan beberapa persyaratan skill yang harus dikuasai.

 

Nah, kamu bisa sebutkan itu, asalkan jika memang kamu benar-benar menguasainya. 

 

Itulah kurang lebih beberapa pertanyaan yang ditanyakan ketika interview magang online sebagai Technical Writer. Apabila ada yang masih belum jelas dan ingin ditanyakan lebih lanjut, kamu bisa menghubungiku di email chazanahoarin@gmail.com atau Instagramku @aorinkanendya. 

 

Sampai jumpa di konten [MY EXPERIENCE] selanjutnya!

  43 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts