Maba wajib tahu hal ini!

Maba atau Mahasiswa Baru adalah sebuah status yang melekat pada mahasiswa di tahun pertama kuliah. Sebagai mahasiswa baru pastinya akan mengalami perubahan pada metode pembelajaran yang dialami sekolah sebelumnya, oleh karena itu adaptasi sangat diperlukan agar kalian tidak terkejut dengan lingkungan serta metode pembelajaran yang baru.

Dan disini aku akan kasih tips apa saja hal yang harus kamu lakukan saat menjadi maba, simak penjelasan berikut ini ya sobat mahasiswa!

 

Bersikap ramah dan sopan

Jika kamu masuk ke suatu lingkungan baru pastikan bahwa kamu menunjukkan first impression yang baik. Karena seseorang akan langsung menilai kamu bahkan saat kalian baru saja bertemu, jadi jangan lupa untuk ramah dann bertutur kata yang sopan. Bukan hanya dari segi sikap, tetapi pakaian rapih dan wangi juga akan menambah nilai plus kamu di mata orang tersebut.

 

Mengikuti seluruh aturan kampus

Setiap kampus pasti memiliki aturannya tersendiri dan kamu sebagai mahasiswa baru harus bisa mengikuti aturan tersebut, jangan sampai kamu lalai ataupun menyepelehkan aturan yang berlaku. Contohnya aturan berpakaian dan aturan yang mungkin ditetapkan oleh dosen kamu selama jam pembelajaran berlangsung.

 

Memaksimalkan nilai di awal semester

Saat kamu baru memasuki dunia perkuliahan tentunya materi yang akan kamu pelajari masih bersifat dasarnya saja dan kamu harus memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan nilai yang tinggi karena mata kuliah yang dipelajari masih tergolong mudah. Selain itu, nilai tinggi pada semester awal juga dapat menopang nilai kalian jika sewaktu-waktu turun saat semester akhir yang di karenakan mata kuliah yang kamu pelajari jauh lebih sulit dan banyak kegiatan lain yang harus kamu lakukan, contohnya magang dan KKN.

 

Memiliki circle yang positif

Kegitan PKKMB yang disediakan oleh kampus adalah saat-saat dimana kamu bisa mencari teman sebanyak mungkin loh sobat mahasiswa. Jangan hanya terpaku pada seseorang yang satu jurusan saja tapi perbanyaklah relasi dari jurusan bahkan fakultas lain, dengan begitu kamu akan dapat lebih mudah mencari-cari informasi yang dibutuhkan. Namun, pastinya kamu juga harus bisa memilih pertemanan yang akan memberikan dampak positif untuk kamu pribadi.

 

Menerapkan sistem belajar sendiri

Cara belajar-mengajar di sekolah dan di kampus cukup berbeda. Dan kamu harus bisa menyesuaikan dengan baik, karena setiap dosen pun terkadang memiliki cara mengajarnya sendiri. Agar belajar kamu lebih optimal kamu harus mengetahui sistem apa yang cocok untuk kamu terapkan, apakah kamu lebih menyukai mencatat semua penjelasan dosen, atau apakah kamu lebih menyukai mencatat poin pentingnya saja dan mencari informasi dari sumber lain seperti jurnal dan sebagainya.

 

 

Bagaimana sobat mahasiswa? Apakah kamu sudah mempersiapkan diri untuk menjadi mahasiswa baru di perguruan tinggi yang kamu pilih?

Jika artikel ini membantu jangan lupa berikan like ya sobat, terimakasih dan semangat selalu!

  130 Views    Likes  

Tips Belajar Efektif Ala Elon Musk

previous post

Kenal Lebih Dekat Dengan Beasiswa OSC Medcom.id
Tips Belajar Efektif Ala Elon Musk

next post

Tips Belajar Efektif Ala Elon Musk

related posts