banner

Makan Ikan Bikin Bodoh, Kok Bisa ?

Halo sobat OSC. tahu ngak sih kalian, bahwa bangsa yahudi itu ngak pernah makan yang namanya kepala ikan ?. bangsa yahudi kini dikenal dengan kemampuannya yang dapat menguasai dunia karena kepintarannya. kepintarannya dalam memilih makanan-makanan. nah jika kalian penasaran, kali ini saya akan membahasa mengenai ikan.

Ikan merupakan hewan yang hidup didalam air, ikan dapat bernafas didalam air karena ia memiliki insang. Ikan dapat ditemukan dalam air tawar maupun air asin. Ikan merupakan hewan polikilotermik yang artinya ikan memiliki suhu tubuh yang berubah-ubah tergantung dengan suhu airnya. Ikan merupakan sumber makanan yang penting karenanya Ikan kaya akan manfaat berupa sumber protein bagi tubuh. Banyak manfaat baik jika kita sering mengkonsumsi ikan, tidak hanya baik bagi orang dewasa tetapi juga baik pada anak anak dalam perkembangannya.

Dibalik manfaat nya itu , ikan juga memiliki racun alami yang tidak bisa dihilangkan dengan cara dimasak atau dibekukan. Misalnya racun ciguatoksin yang pada umumnya sering ditemui. Racun ini berasal dari dinoflagelata, mikoorganisme yang menempel pada karang. Ciguatoksin adalah kelas dari polyethers polycyclic beracun yang ditemukan pada ikan terumbu karang yang menyebabkan ciguatera.Ciguatera adalah penyakit yang disebabkan oleh keraunan makanan dari ikan yang mengandung racun ciguatoksin.

Gejala karacunan akibat ciguatoksin ini digolongkan menjadi empat: 

1.Gejala pada cardiovaskular, 

2.Gangguan syaraf, 

3.Asthenia dan arthalgia,dan 

4.Gangguan saluran pencernaan.

Faktanya, racun ciguatoksin banyak ditemukan pada bagian sisik, organ dalam, dan kepala ikan. Racun ciguatoksin sering dijumpai pada beberapa jenis ikan, seperti High Fin Grouper, Tiger Grouper, Potato Grouper, Flowery Grouper, Hump Head Wrasse, dan Leopard Carol Grouper yang merupakan ikan sejenis kerapu. Jenis-jenis ikan tersebut memiliki habitat di lingkungan terumbu karang yang telah terkontaminasi racun ciguatoksin.

Meski begitu kalian tidak perlu berhenti makan ikan. Tidak. Ikan yang kalian makan belum tentu asalnya dari terumbu karang. Ikan yang berasal dari karang herbivora juga memiliki sedikit racun ciguatoksin tapi masih tergolong aman untuk dikonsumsi, apalagi bagian bagian yang telah disebut kan tadi.

Boleh sih boleh kalian makan ikan jenis seperti itu , tapi kalian juga perlu membatasinya. Kalian pasti takutkan jika kandungan ciguatoksin yang kalian makan tadi menumpuk dalam tubuh kalian dan mengalami salah satu dari keempat gejala-gejala yang telah disebutkan diatas.

Jika kalian mengetahui hal yang baru melalui artikel ini, jangan lupa di LIKE dan share ke teman teman kalian, karena pahala nya juga akan mengalir pada kalian.

Daftar pustaka

Arunaindonesia. Ayo, kenali macam macam kandungan gizi ikan. https://aruna.id/2017/07/19/ayo-kenali-macam-macam-kandungan-gizi-ikan/. (06 maret 2020)

Halodoc. Suka makan kepala ikan,Apakah baik untuk kesehatan?. https://www.halodoc.com/suka-makan-kepala-ikan-apakah-baik-untuk-kesehatan. (06 maret 2020)

Pengajar. ciri pisces:pengertian,ciri,struktur,dan klasifikasi. https://pengajar.co.id/ciri-pisces-pengertian-ciri-struktur-dan-klasifikasi/#forward. (06 maret 2020)

Rahmaniar, 1991, toksin marin, suatu pengantar, oseana, XVI, 04

Syarifah, Fitri. Hindari makan kepala ikan mulai sekarang, kenapa?. https://m.liputan6.com/health/read/2488076/hindari-makan-kepala-ikan-mulai-sekarang-kenapa. (06 Maret 2020)

Wikipedia. Ciguatoxin. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Ciguatoxin. (06 Maret 2020)

Wikipedia, Ikan, https://id.m.wikipedia.org/wiki/Ikan, (06 maret 2020)

  73 Views    Likes  

banner
GAGAL SNMPTN! Ini yang harus Kamu lakukan

previous post

Sejarah Rafflesia arnoldii, Bunga Raksasa dari Bengkulu
GAGAL SNMPTN! Ini yang harus Kamu lakukan

next post

GAGAL SNMPTN! Ini yang harus Kamu lakukan

related posts