Manfaat Email Kampus Yang Belum Diketahui Banyak Mahasiswa

Menjadi mahasiswa perguruan tinggi tertentu membuka kesempatan untuk mencapai kesuksesan. Memang secara garis besar kesuksesan seseorang tidak bisa dinilai dari sisi akademik saja. Namun orang yang bisa memanfaatkan dan memaksimalkan kesempatan secara akademik, pada umumnya akan mempunyai banyak wawasan hingga kesempatan lain, khususnya fasilitas yang diberikan dari kampus seperti email mahasiswa atau email edu.

Akun email edukasi hadir dengan beberapa manfaat bagi setiap mahasiswa. Manfaat pertama yaitu branding kampus. Email dengan nama@(nama kampus).ac.id misalnya, tentu lebih dipercaya dibanding sekian@gmail.com. Biasanya hal ini berguna untuk melamar beasiswa atau program magang bagi mahasiswa tingkat akhir.

Banyak dari mahasiswa tidak mengetahui beberapa keuntungan dalam memiliki email kampus. Dalam artikel saya kali ini saya telah merangkum beberapa kegunaan email kampus.

1. Google Meet

Melakukan kuliah daring di masa pandemi, rasanya detikers enggak akan bisa lepas dari aplikasi satu ini. Google Meet merupakan layanan komunikasi video yang disediakan oleh Google.

Dengan berlangganan Google Meet premium, detikers bisa mendapat fasilitas untuk melakukan panggilan selama 300 jam dengan maksimal partisipan sebanyak 150 orang. Selain itu, detikers juga bisa menggunakan fitur merekam rapat dan fitur menonaktifkan kolom chat.

2. Zoom Namanya populer di tengah pandemi, Zoom merupakan aplikasi untuk melakukan panggilan video buatan Eric Yuan yang dirilis pada Januari 2013. Pada dasarnya, Zoom menyediakan berbagai fitur untuk mendukung kegiatan panggilan video dan menyelenggarakan konferensi video.

Nah, keuntungan yang bisa detikers dapat dari berlangganan Zoom adalah mampu menampung 500 sampai 1000 peserta dalam satu panggilan dan mendapat durasi panggilan yang tidak dibatasi.

3. Grammarly Detikers masih memanfaatkan Google Translate atau Microsoft Word untuk menulis dan melakukan koreksi bahasa Inggris? Kalau iya, kamu harus berkenalan dengan Grammarly, nih. Aplikasi ini dapat membantu detikers untuk menulis dan mengoreksi dalam bahasa Inggris, lho. Sesuai namanya, aplikasi ini akan mengoreksi grammar, memberi rekomendasi pemilihan kata, bahkan dapat memberi penilaian apakah kalimat yang ditulis sudah sesuai dengan warna atau nada penyampaian yang diinginkan.

4. Canva Pro

Aplikasi satu ini cocok banget untuk detikers mengerjakan tugas yang berhubungan dengan desain, seperti infografis, video, poster, bahkan sampai membuat unggahan media sosial.

Canva Pro menawarkan kemudahan penggunanya dalam membuat desain. Jika berlangganan Canva Pro, detikers bisa mengakses 100 juta lebih stok foto, video, audio, dan grafis premium, 610 ribu-an template gratis yang terus bertambah setiap harinya, menghapus latar belakang foto, mengunduh hasil desain tanpa background atau transparan, 100 GB penyimpanan, dan lain-lain.

5. Unlimited storage Google Drive

Google memberikan unlimited storage Google Drive untuk mahasiswa yang ingin menyimpan file-file yang dianggap penting dengan ukuran ratusan GB. Email konvensional sendiri hanya mempunyai limit sebanyak 15GB. Jika dirasa masih kurang, mahasiswa bisa mendapatkan storage 1TB dengan biaya tambahan sebesar Rp1,3jt/Tahun.

6. Gratis 1TB OneDrive

Bukan hanya GDrive, mahasiswa yang menggunakan Windows 10 tentunya tidak asing dengan OneDrive yang merupakan media penyimpanan dari Microsoft. Microsoft memberikan keistimewaan bagi para mahasiswa yang memiliki email edukasi untuk mendapatkan 1TB storage OneDrive secara gratis.

7. Gratis Office 365 dan lisensi Microsoft Windows

Microsoft Office 365 Education bisa kamu dapatkan secara gratis dan legal hanya dengan login melalui email mahasiswa atau email edukasi. Beberapa perguruan tinggi bisa mendapatkan Office 365 gratis beserta lisensi Office yang bisa Anda instal di Windows atau Mac.

Mahasiswa juga bisa mendapatkan Microsoft Imagine yang memungkinkan kamu memperoleh OS Windows, Windows Server, Visual Studio, Visio dan masih banyak lagi yang lainnya pada paket premium atau paket standar.

8. Download aplikasi Autodesk Gratis

Sebagai mahasiswa teknik dan juga DKV pasti sudah tidak asing dengan software dari autodesk, seperti AutoCAD dengan berbagai macam versinya, mulai dari AutoCAD Architecture, civil 3D, Electrical, Mechanical, 3ds Max dan lainnya. Software Autodesk education ini bisa kamu dapatkan dengan gratis melalui email edukasi.

  42 Views    Likes  

Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022 Dibuka, Inilah Persyaratan dan Jadwalnya !

previous post

10 TEMPAT MENCARI INFORMASI BEASISWA YANG AKURAT
Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022 Dibuka, Inilah Persyaratan dan Jadwalnya !

next post

Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022 Dibuka, Inilah Persyaratan dan Jadwalnya !

related posts