manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh

Air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sobat OSC pasti tidak asing lagi dengan anjuran untuk mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup, yakni sebanyak delapan gelas per hari.

Namun, sebenarnya apa saja manfaat banyak minum air putih yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan tubuh? Yuk, kita simak artikel berikut. 

 1. Memperlancar Saluran Pencernaan

Dengan asupan air putih yang cukup dapat membantu lancarnya saluran pencernaan dalam bekerja, sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga. Air melarutkan mineral, vitamin, glukosa dan zat gizi lainnya agar zat gizi tersebut dapat dihantarkan ke setiap sel, sehingga sel dapat berfungsi dengan baik.

2. Mempercepat Proses Penyembuhan Ketika Sakit

Setiap sel dalam tubuh kita terdiri dari air.Menurut ahli, sekitar 80% tubuh manusia terbentuk oleh cairan (air). Dalam buku Teori Belajar dan Pembelajaran, dijelaskan bahwa sekitar 95% otak manusia tersusun oleh air, di dalam darah ada kandungan air sekitar 82%, pada jantung terdapat 75% air, paru-paru memiliki kandungan air 86%, dan ginjal mengandung air sekitar 83%. Ketika sedang terjangkit penyakit, sel-sel yang ada dalam tubuh kita akan bekerja secara otomatis untuk melawan bakteri, kuman atau sumber penyakit lainnya. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, proses melawan penyakit ini akan berlangsung dengan lebih lancar karena sel-sel dalam tubuh telah mendapatkan asupan air yang lebih banyak sehingga lebih mudah untuk melawan sumber penyakit tersebut. 

3. Menjaga Fungsi Ginjal

Manfaat minum air putih yang pertama, yaitu menjaga kesehatan ginjal. Air diperlukan agar ginjal bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Kondisi tubuh yang kekurangan cairan dapat menyebabkan urin yang keluar menjadi berbau dan memiliki warna tidak jernih. Kekurangan air putih juga bisa meningkatkan risiko batu ginjal.

4. Mencegah Tanda Penuaan Dini

Air putih juga bermanfaat bagi kecantikan,salah satunya yaitu tanda penuaan dini seperti keriput halus dan flek hitam mungkin muncul pada sebagian orang, meskipun secara usia justru masih muda. Tanda tersebut bisa dicegah dengan mengonsumsi air putih. Hal tersebut dikarenakan, air putih memiliki kemampuan untuk menjaga kulit wajah tetap terhidrasi, sehingga tanda penuaan dini bisa dicegah.

5. Menambah Energi

Mengonsumsi cukup air putih akan membuat energi di dalam tubuh terjaga. Jika tubuh kurang air maka berisiko mengalami dehidrasi dan berdampak pada cadangan energi di dalam tubuh. Akibatnya, badan akan lebih cepat lelah. Selain itu, air juga berfungsi menghantarkan nutrisi ke seluruh tubuh yang nantinya berperan dalam meningkatkan energi.

Sumber Gambar : Kaskus.id

  1 Views    Likes  

Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022 Dibuka, Inilah Persyaratan dan Jadwalnya !

previous post

10 TEMPAT MENCARI INFORMASI BEASISWA YANG AKURAT
Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022 Dibuka, Inilah Persyaratan dan Jadwalnya !

next post

Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022 Dibuka, Inilah Persyaratan dan Jadwalnya !

related posts