Manfaat Tidur Malam Cukup Bagi Kesehatan

Assalamualaikum sobat osc, gimana kabarnya? semoga sehat selalu. Pada kali ini saya akan membahas tentang manfaat tidur cukup, banyak orang sekarang terutama dikalangan anak muda yang suka begadang padahal begadang itu kurang baik untuk kesehatan. Manusia normal dianjurkan untuk tidur cukup minimal 7-8 jam per hari, maka dari itu yuk kita simak manfaat tidur cukup untuk kesehatan :

Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

Manfaat tidur cukup yang bisa langsung kita rasakan adalah tubuh terasa lebih berenergi dan fit di esok harinya. Selain itu tidur cukup juga baik untuk menjaga fungsi otak. Hal ini tentu akan membantu kita lebih produktif, lebih fokus dan meningkatkan konsentrasi kita dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

Meningkatkan sistem immun tubuh

Saat tidur tubuh kita akan mengeluarkan senyawa yang disebut juga dengan sitokin. Senyawa ini memiliki efek perlindungan terhadap sistem kekebalan tubuh. Jika kita tidak tidur cukup sitokin yang kita miliki tidak cukup menghalangi kita dari penyakit.

Meningkatkan daya ingat

Manfaat tidur cukup juga bisa kita rasakan setelah melakukannya setiap hari adalah kita mudah mengingat sesuatu secara detail. Tanpa tidur yang cukup kita tidak mudah fokus dan akan sulit dalam menerima informasi baru dan otakpun tidak memiliki cukup waktu untuk mengingat sesuatu dengan baik.

Hal ini karena tidur nyenyak begitu penting bagi otak untuk memproses memori, sehingga nantinya kita dapat dengan mudah mengingat berbagai hal.

 

Menjaga berat badan tetap ideal

Tidur yang cukup juga bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap ideal. Berbagai penelitian membuktikan bahwa kurang tidur bisa menganggu keseimbangan hormon yang mengatur nafsu makan dalam tubuh.  Akibatnya orang yang kurang tidur cenderung memiliki nafsu makan lebih tinggi dan mengonsumsi kalori lebih banyak.

Menjaga kesehatan jantung

Saat kita tidur, tubuh melepaskan hormone yang menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah tetap sehat. Selain itu, tekanan darah menjadi stabil karena jantung dan pembuluh darah dapat beristirahat selama kita tidur. Ketika kita tidak mencukupi waktu tidur akan berdampak buruk terhadap fungsi pembuluh darah dan jantung.

Mungkin itu saja sedikit informasi dari saya dan berbagai sumber tentang tidur cukup, semoga bisa membantu, terima kasih telah membaca.

  6 Views    Likes  

Jurusan Kuliah Para Pejabat di Indonesia, ada Jurusanmu?

previous post

6 Manfaat Mengikuti Pertukaran Mahasiswa Di Dunia Perkuliahan
Jurusan Kuliah Para Pejabat di Indonesia, ada Jurusanmu?

next post

Jurusan Kuliah Para Pejabat di Indonesia, ada Jurusanmu?

related posts