banner

Mau Kuliah Manajemen? Kenali dulu Jurusan dan Mata Kuliahnya!

Halo sobat OSC!

Jurusan manajemen adalah salah satu jurusan favorit bagi calon-calon maba yang lagi berpetualang nyari jurusan kuliah, baik bagi yang dari IPA maupun IPS. Dibalik kepopulerannya, jangan salah loh banyak maba-maba yang merasa salah jurusan saat mengambil jurusan ini. Nah, kalian gamau kan jadi salah satu yang merasa salah jurusan. Maka dari itu baca tulisan ini sampai habis ya.

Apa itu Jurusan Manajemen?

Hal terbesit pertama kali mengenai jurusan manajemen pasti seorang manajer. Yup, hal tersebut ada benarnya dimana manajemen sendiri memiliki arti mengatur atau memerintah orang lain untuk melakukan suatu pekerjaan.

Tidak hanya semata-mata mengatur atau memerintah, di jurusan manajemen kamu juga akan memperlajari mengenai pengembangan strategi, pembuatan rencana, prosedur dalam bisnis, pemasaran, perekrutan sumber daya manusia, hingga keuangan. Paling menyenangkan didalam jurusan manajemen adalah ilmu yang sudah kamu pelajari bisa langsung diterapkan dalam konteks pekerjaan maupun sehari-hari. 

Apa saja yang dipelajari?

Kebanyakan orang berpikir bahwa jurusan manajemen lebih cenderung mempelajari hal-hal yang menghafal dan praktek. Namun kenyataannya, secara umum kalian akan mempelajari ilmu hafalan dan hitungan yang seimbang yaitu 50:50 dan lalu akan dipraktekkan dalam suatu kasus. Beberapa mata kuliah yang akan kalian temui di jurusan manajemen adalah Pengantar Ekonomi Mikro, Pengantar Ekonomi Makro, Akuntansi, Pengantar Bisnis, Pengantar Manajemen, dan masih banyak lagi.

Didalam jurusan manajemen sendiri terdapat konsentrasi yang dapat diambil yaitu manajemen sumber daya manusia, manajemen operasi, manajemen pemasaran dan manajemen keuangan.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia tidak hanya berfokus pada perekrutan, namun juga pemahaman seputar sumber daya manusia (karyawan) sebagai asset aktif perusahaan dalam pengelolaan dan pemanfaatannya agar produktivitas suatu perusahaan dapat mencapai target yang diharapkan.

Konsentrasi ini cocok banget buat kalian yang tertarik dengan ilmu psikologis dalam dunia bisnis dan pendekatan emosional yang kuat.

Gambaran mata kuliah yang akan kalian temui di konsentrasi ini adalah:

1. Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia

2. Perencanaan SDM dan MSDM Internasional

3. Manajemen Potensi Sumber Daya Manusia

4. Perencanaan Karier dan Pengembangan Diri

Manajemen Operasi

Dalam konsentrasi ini, kalian akan mendalami pemahaman dan pemilihan cara yang lebih sistematik suatu proses operasi dalam menggunakkan alat tertentu, dimana analisis tersebut akan mempengaruhi keefektivitas dan keefisiensian suatu perusahaan.

Gambaran mata kuliah yang akan kalian temui dalam konsentrasi ini adalah:

1. Manajemen Proyek

2. Manajemen Logistik

3. Seminar Manajemen Operasi

4. Perencanaan dan Pengendalian Kualitas

Manajemen Pemasaran

Dalam manajemen pemasaran, kalian akan berfokus dalam pemasaran suatu produk serta analisis strategi untuk memenangkan pesaing bisnis.

Konsentrasi ini cocok buat kalian yang ingin mengembangkan sisi kreatif dan selalu mengikuti trend yang sedang terkini. Sebagai tenaga pemasar, kalian harus bisa mengimplementasikan ide kalian seunik mungkin agar dapat menarik minat konsumen.

Gambaran mata kuliah yang akan kalian temui di konsentrasi ini adalah:

1. Sistem Informasi Pemasaran

2. Manajemen Pemasaran Internasional

3. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran

4. Manajemen Merek

Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan berfokus pada pengelolaan keuangan suatu perusahaan, mulai dari penggalian, pemanfaatan hingga pengontrolan dana. Dalam konsentrasi ini, kalian akan menganalisis strategi dan operasi yang dapat mengoptimalkan keuangan perusahaan.

Konsentrasi ini cocok buat kalian yang suka dengan menghitung dan ketelitian.

Gambaran mata kuliah yang akan kalian temui di konsentrasi ini adalah:

1. Manajemen Keuangan Internasional

2. Manajemen Investasi dan Portofolio

3. Manajemen Resiko Seminar

4. Manajemen Keuangan

Itulah sekilas mengenai jurusan dan mata kuliah manajemen. Buat kalian yang ingin kelanjutan lebih dalamnya tentang jurusan manajemen, bisa dicek nanti kelanjutannya di Berita OSC Community ya. Terima kasih telah membaca dan see you in the next article.

  31 Views    Likes  

banner
Berbuat Baik Tanpa Imbalan Baik

previous post

Keuntungan Menabung di Reksadana
Berbuat Baik Tanpa Imbalan Baik

next post

Berbuat Baik Tanpa Imbalan Baik

related posts