banner

Mau Kuliah Manajemen? Ketahui dulu Karakter dan Prospek Kerjanya!

Halo sobat OSC!

Disini, aku hadir kembali untuk melengkapi artikelku sebelumnya yaitu Mau Kuliah Manajamen? Kenali Dulu Jurusan dan Mata Kuliahnya! atau https://osc.medcom.id/community/mau-kuliah-manajemen-kenali-dulu-jurusan-dan-mata-kuliahnya-878. Buat kalian yang belum membaca, bisa dibaca dan disimak terlebih dahulu ya. Setelah merasa yakin dan makin penasaran dengan jurusan manajemen, bisa dilanjut ke artikel yang satu ini ya.

Kalian yang merasa minat atau tertarik untuk melanjutkan studi ke jurusan manajemen, tapi masih bingung apakah jurusan tersebut cocok dengan karakter kalian atau masih ragu-ragu terhadap prospek kerja di bidang manajemen. Nah, disini aku akan membahas tentang karakter atau keterampilan apa saja yang dibutuhkan pada jurusan manajemen dan bagaimana prospek kerja kedepannya.

Karakter atau Keterampilan yang Cocok  di Jurusan Manajemen.

Dalam memilih jurusan kuliah, kalian juga harus mempertimbangkan apakah karakter yang diperlukan di jurusan kalian. Agar kalian tidak merasa salah masuk jurusan, maka kalian harus mengenalinya terlebih dahulu yaitu:

1. Komunikasi dan Interpersonal.

Karakter ini cocok banget untuk kalian yang suka bergaul dan berinteraksi dengan orang lain, dapat berbicara di depan umum dan mampu berkomunikasi dengan baik.

2. Berpikir kritis.

Dimana karakter ini diperlukan pada jurusan manajemen, karena kalian akan membutuhkan banyak analisa, perhitungan dan pertimbangan rasional terhadap suatu permasalahan untuk memecahkan dan menentukan keputusan.

3. Aktif.

Karakter ini diperlukan dalam jurusan manajemen karena ilmu yang diajarkan dalam manajemen akan selalu mengalami perubahan dan perkembangan mengikuti situasi bisnis yang terjadi. Dengan ini, kalian diharapkan dapat mengikuti perubahan, adaptif terhadap hal-hal baru dan sering berpartisipasi dalam kegiatan diskusi.

4. Suka berhitung dan teliti.

Karakter ini cocok untuk kalian yang suka menghitung khususnya keuangan yang mana berasal dari data-data keuangan yang banyak dan rumit.

5. Team player dan Independen.

Karakter ini diperlukan karena dalam penerapannya, manajemen memerlukan usaha atau kerja sama baik didalam tim maupun individu. Dengan bekerja secara fleksibel, akan membantu kalian terbiasa didalam situasi apapun.

Prospek Kerja untuk Lulusan Manajemen Bisnis.

Prospek kerja yang ditawarkan pada bidang manajemen sangat bervariasi tergantung dari tanggung jawab, level, ekspektasi gaji, latar belakang dan spesialisasi yang diambil. Dibawah ini adalah macam macam prospek kerja di bidang manajemen.

1. Strata 1

Pada jenjang ini, pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan sangat beragam seperti tenaga kerja umum di perkantoran, administrasi kantor, product manager, market researcher, event planner, business analyst, account excecutive, recruiter, HRD dan sebagainya.

2. Strata 2

Dalam jenjang ini, kualifikasi strata 2 sangat diperhitungkan karena yang dipelajari lebih mendalam dan profesional. Biasanya pekerjaan yang ditawarkan jabatannya lebih tinggi dan senior, seperti manajer keuangan, manajer HR, manajer produk bahkan hingga CEO.

Nah, itulah sekilas tentang karakter atau keterampilan yang cocok di jurusan manajemen dan bagaimana prospek kerja kedepannya. Buat kalian yang suka dan penasaran dengan artikel yang aku tulis, jangan bosen-bosen cek di OSC Community ya. Terima kasih telah membaca dan see you in the next article.

  39 Views    Likes  

banner
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

previous post

Cara Mudah dan Cepat Menghafal 16 Tenses Bahasa Inggris
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

next post

Cara Menjadi Pendengar yang Baik

related posts