Mau Lanjut Kuliah di Korea Selatan Tanpa Biaya? Kuy Kepoin 7 Beasiswa ini!

Hai, sobat OSC!

Bagaimana nih kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik, ya!

Well, sekarang pasti banyak nih dari Sobat OSC yang lagi sibuk-sibuknya mencari dan mendaftar ke perguruan tinggi yang kamu tuju untuk melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Pasti tidak sedikit pula yang berencana untuk kuliah di luar negeri. Nah, tahu ngga sih Sobat OSC kalau salah satu negara tujuan mayoritas calon mahasiswa Indonesia yang ingin berkuliah ke luar negeri adalah Korea Selatan.

Bukan tanpa sebab, negeri ginseng ini terkenal sekali lho akan kualitas pendidikan yang sangat baik karena ditunjang dengan sistem pendidikan tinggi dan kurikulum yang terpadu, tenaga pengajar yang berkualitas dan kompeten di bidangnya, dan fasilitas yang sangat lengkap. Sayangnya, banyak yang menyerah duluan sebelum mimpi mereka untuk berkuliah di Korea Selatan terwujud karena terhalang kendala finansial. Padahal, tahukah kamu Sobat OSC sebenarnya ada 7 beasiswa yang bisa mengantarkan kamu mewujudkan mimpi-mimpi kamu tersebut tanpa biaya, lho! Penasaran, nih simak penjabarannya berikut.

Global Korea Scholarship (S1-S3)

Global Korea Scholarship ini merupakan beasiswa paling favorit dan menjadi incaran mahasiswa internasional dari seluruh dunia termasuk Indonesia. Beasiswa ini diberikan oleh Pemerintah Korea Selatan untuk mahasiswa internasional yang hendak melanjutkan studi ke jenjang sarjana, magister, maupun doktoral. Program sarjananya ditempuh maksimal 4 tahun dan untuk program pascasarjana di sekolah tinggi pascasarjana tertentu yang ditetapkan oleh penyedia beasiswa.

Selain itu, beasiswa ini juga memberikan pelatihan bahasa korea selama satu tahun sebelum perkuliahan untuk memenuhi kualifikasi profisiensi Bahasa Korea atau dikenal sebagai TOPIK (Test of Proficiency in Korea). Ada dua jalur pendaftaran yang bisa diikuti yaitu lewat kedutaan (embassy) dan jalur pendaftaran langsung ke universitas. Nah, untuk benefit yang didapatkan bukan hanya bebas biaya perkuliahan saja, namun beasiswa ini juga meng-cover biaya hidup, biaya awal kedatangan, asuransi kesehatan, biaya riset, publikasi, completion grants bahkan biaya keberangkatan dan kepulangan dari Korea Selatan. Siapa sih yang tidak tertarik untuk ikut mendaftar jika ditawarkan benefit sebanyak ini?

Nah, untuk informasi yang lebih lengkap mengenai kualifikasi, prosedur, dan berkas/dokumen yang mesti kamu  sediakan untuk apply beasiswa ini, kamu bisa mengunjung website resminya di www.studyinkorea.go.kr

KOICA Scholarship Program (S2)

KOICA Scholarship Program adalah program beasiswa untuk jenjang magister yang didesain untuk melahirkan key leader di negara partner sehingga kedepannya dapat berkontribusi dalam pengembangan socio-ekonomi dari negara asal mereka sendiri. Kabar baiknya, Indonesia menjadi salah satu negara partner yang diberikan kesempatan istimewa ini. Wah!

Nah untuk beasiswa ini sedikit berbeda dengan GKS ya Sobat dimana hanya ada 18 jurusan beserta kampus bersangkutan yang sudah ditetapkan penyelenggara beasiswa. Jadi, kamu tidak bisa bebas memilih seperti beasiswa GKS. Pendaftar juga hanya dapat mendaftar di satu jurusan saja, lho.

Untuk tunjangan yang kamu dapatkan dari beasiswa ini juga tidak kalah banyaknya dengan beasiswa GKS. Penerima beasiswa akan mendapatkan tiket keberangkatan pertama dan kepergian terakhir Indonesia-Korea Selatan, pembebasan biaya perkuliahan, biaya aktivitas ekstrakulikuler (kunjungan, workshop, kelas bahasa korea, dan sebagainya), tunjangan biaya hidup tiap bulannya, akomodasi, biaya tempat tinggal, completion grants, dan asuransi.

Jadi, bagi Sobat OSC yang berminat untuk mengikuti program ini, segera akses website resmi KOICA Scholarship Program yakni www.koica.go.kr untuk informasi lebih lengkap mengenai kualifikasi, prosedur seleksi, dan dokumen yang diperlukan.

POSCO Asia Fellowship (S2-S3)

POSCO Asia Fellowship adalah program yang diadakan POSCO TJ Park Foundation dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman mutual melalui pertukaran bakat antarnegara di Asia sebagai area pertumbuhan tercepat di dunia. Dalam POSCO Asia Fellowship ini ada tiga program yang bisa diikuti yaitu ‘Scholarship for Asian Student Studying in Korea’, ‘Scholarship for Asian Excellence Universities’, dan ‘Asian Opinion Leader Fellowship’.

Untuk ‘Scholarship for Asian Student Studying in Korea’ adalah beasiswa yang menawarkan dan mendukung perkuliahan jenjang master/doctoral untuk para pemimpin dan intelektual muda terbaik Asia di perguruan tinggi prestisius di Korea Selatan dengan menunjang biaya perkuliahan dan tunjangan hidup dan mempelajari lebih banyak mengenai aspek beragam dari masyarakat Korea Selatan dan kebudayaannya. Tak hanya berkuliah, penerima beasiswa juga akan mendapatkan pelatihan, kunjungan, pengalaman budaya dan masih banyak lagi dari program ini.

Sementara itu, ‘Scholarship for Asian Excellence Universities’ mendukung mahasiswa terbaik yang terdaftar pada universitas terbaik di negara-negara Asia dan ‘Asian Opinion Leader Fellowship’ berkontribusi untuk peningkatkan pemahaman dan kerjasama kooperatif antara Korea Selatan dan negara-negara Asia dengan mengundang pemimpin yang akan menyampaikan opini dari negara berkembang di kawasan Asia.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai beasiswa ini, kamu bisa mengakses website resmi POSCO TJ Park Foundation di www.postf.org

Hyundai Chung Mong-Koo Global Scholarship (S2-S3)

Hyundai Motor Chung Mong-Koo Global Scholarship adalah beasiswa yang diberikan oleh Hyundai Chung Mong-Koo Foundation yang bertujuan untuk mendukung mahasiwa pascasarjana terbaik yang akan berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan antarnegara ASEAN dan Republik Korea Selatan.

Kualifikasi yang harus terpenuhi oleh penerima beasiswa adalah merupakan mahasiswa pascasarjana yang terlah mendaftar pada sekolah pascasarjana Seoul University untuk periode tertentu yang telah ditetapkan dengan kebangsaan negara-negara ASEAN termasuk Indonesia dan berasal dari jurusan ekonomi bisnis, sains dan teknik, bahasa dan sastra Korea dengan total penerima sebanyak 6 orang. Benefit yang akan didapatkan adalah pembebasan biaya perkuliahan secara penuh, tunjangan kedatangan (KRW 2,500,000), dan completion grants (KRW 2,000,000).

Nah untuk persyaratan lebih lanjut seperti periode penerimaan beasiswa, dokumen yang diperlukan, dan waktu pendaftaran bisa mengunjungi website resmi milik Hyundai Motor Chung Mong-Koo Foundation di www.hyundai-cmkfoundation.org

Yonsei Global Leadership Fellowship (S2)

Yonsei Global Leadership Fellowship adalah beasiswa yang diberikan oleh pihak internal Yonsei University kepada mahasiswa internasional yang akan/sedang menempuh pendidikan tinggi jenjang magister.

Untuk mendaftar beasiswa ini, pastikan kamu mahasiswa internasional baru atau terbaik yang direkomendasikan oleh perguruan tinggi dengan syarat GPA minimal 3,4/4,3. Pendaftaran juga wajib menguasai bahasa inggris dan korea dengan melampirkan sertifikat TOEFL (PBT : 600/CBT : 210/IBT : 85), TOIEC dengan skor minimal 850, IELTS dengan skor minimal 6,0 dan TOPIK level 4. Kamu juga diminta melampirkan sertifikat/piagam penghargaan yang dimiliki. Bagi yang sudah berkarier, pendaftar dianjurkan memilih jurusan yang sesuai dengan bidang pekerjaan dan diminta melampirkan CV atau sertifikat karier, bisa juga abstrak dari publikasi (opsional).

Adapun benefit yang ada diterima penerima beasiswa ini adalah pembebasan uang perkuliahan secara penuh dan tunjangan hidup per bulan sebesar 500,000 KRW. Beasiswa ini diberikan dalam periode 4 semester untuk jenjang master dan PhD dan 6 semester untuk joint degree. Bagi kamu yang tertarik untuk meng-apply beasiswa dari salah satu SKY-nya Korea Selatan ini kamu bisa mengunjungi website resmi Yonsei University www.yonsei.ac.kr ya Sobat!

Ewha International Student Scholarship (S1-S2)

Walaupun universitas yang satu ini tidak termasuk dalam jajaran SKY kebangaan Korea Selatan, namun beasiswa yang ditawarkan oleh International Student Affairs Ewha Womans University  ini perlu kamu pertimbangkan, lho Sobat. Sebab, universitas khusus wanita ini juga tidak kalah terkenalnya dari perguruan lain di daratan Korea Selatan. Ewha Internasional Student Scholarship ini memberikan 2 tipe beasiswa, satu bagi kamu yang baru akan melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana dan satunya lagi bagi kamu yang sedang menempuh perkuliahan tersebut.

Ewha ISS untuk mahasiswaa baru internasional (International Student Scholarship) dibedakan dalam 4 kategori yaitu ISS F4, ISS F2, ISS F1, dan ISS FH1. Apa sih yang membedakannya? Jadi, yang membedakan itu periode beasiswanya. ISS F4 akan meng-cover biaya perkuliahan kamu full selama 8 semester (4 tahun), ISS F2 selama 4 semester (2 tahun), ISS F1 selama 2 semester (1 tahun) dan ISS FH1 untuk semester 1 saja.

Sementara itu untuk mahasiswa internasional yang sedang menempuh perkuliahan, ada 3 kategori berbeda yakni ISS M Undergraduate, ISS M Graduate, dan ISS V. Bagi ISS M (Merit-based) undergraduate dan graduate, penerima beasiswa akan dipilih melalui seleksi penerimaan khusus untuk mahasiswa internasional, menyelesaikan 15 SKS tanpa kegagalan di semester sebelumnya atau minimal GPA 3,5 dari skala 4,3 dan menunjukkan pencapaian akademik yang luar biasa. Di sisi lain, untuk ISS V dapat diikuti mahasiswa undergraduate/graduate yang sudah sepenuhnya diterima universitas dan telah menyelesaikan minimal 10 SKS (undergraduate) atau 6 SKS (graduate) dengan GPA minimal 2,0 dari 4,3 di semester sebelumnya. Ketiga beasiswa ini juga memerlukan pesyaratan TOPIK minimal level 4 dengan beberapa pengecualian tertentu.

Nah, buat kamu sobat OSC yang kepo dengan beasiswa ini bisa mampir ke laman resmi milik International School Affairs-nya Ewha Womans University di www.isa.ewha.ac.kr

Arts Major Asian (AMA) Scholarship (S1-S2)

Kalau beasiswa sebelumnya itu lebih ke beasiswa di bidang sains, keteknikan, sosial-humaniora, dan sastra, nah beasiswa yang satu ini menawarkan hal yang sangat berbeda. Kamu pasti tahu kan kalau Korea Selatan itu sangat termashyur sekali K-POP, K-Drama, dan K-Movie nya yang semuanya ini tergabung dalam bidang keilmuan seni. Kabar baiknya Korea National University of Arts (K-Arts) memberikan kesempatan bagi kamu yang ingin berkuliah di bidang seni di negeri ginseng dengan menghadirkan program Arts Major Asia (AMA) Scholarship ini. Beasiswa ini merupakan salah satu proyek besar yang diusung universitas khusus seni ini dengan goals untuk mengedukasi mahasiswa agar mampu memperkenalkan dan menyebarluaskan Asian Arts ke seluruh penjuru dunia sebagai pemimpin pendidikan seni global dengan mempromosikan pengembangan elit artistik dengan hibah beasiswa penuh.

Proyek beasiswa ini merupakan program pengembangan SDM seniman, mempromosikan pengembangan seniman seni murni, dan peningkatan pendidikan seni dalam rangkan mendirikan pusat budaya bagi para seniman dan landasan lembaga pendidikan seni internasional. Cocok banget deh buat kamu yang jatuh hati sama bidang seni khususnya budaya pop, drama, dan perfilman negeri ginseng. Widih!

Kalau kamu mau mengenal lebih dalam mengenai beasiswa seni ini, bisa nih mengunjungi website resmi-nya yaitu www.karts.ac.kr ya Sobat OSC.

Itu dia 7 beasiswa yang bisa membuka lebar-lebar gerbang masa depan kamu untuk berkuliah di Korea Selatan. Jadi tunggu apa lagi, Sobat OSC? Ayo segera daftarkan diri kamu ke dalam salah satu beasiswa ini! Jangan sampai ketinggalan. Last but not least, break a leg guys!

Referensi :

www.studyinkorea.go.kr

www.koica.go.kr

www.postf.org

www.hyundai-cmkfoundation.org

www.yonsei.ac.kr

www.isa.ewha.ac.kr

www.karts.ac.kr

Picture edited with Canva Premium

 

  112 Views    Likes  

Ayo Susul Jerome Polin Berkuliah di Jepang Gratis dengan 7 Beasiswa ini!

previous post

Mau Lanjut Kuliah di Korea Selatan Tanpa Biaya? Kuy Kepoin 7 Beasiswa ini!
Ayo Susul Jerome Polin Berkuliah di Jepang Gratis dengan 7 Beasiswa ini!

next post

Ayo Susul Jerome Polin Berkuliah di Jepang Gratis dengan 7 Beasiswa ini!

related posts