banner

Melawan rasa tidak percaya diri

Halo sobat! mungkin ada beberapa dari kalian dan juga diri saya sendiri yang merasa minder atau tidak percaya diri karena satu dan lain hal. Dan pada kesempatan kali ini saya akan bercerita bagaimana saya melawan rasa tidak percaya diri pada diri saya sendiri yang mungkin ini bisa menjadi contoh untuk kalian melawan rasa tidak percaya diri.

 

Jujur saja pada awalnya saya sering merasa minder karena banyak hal, dan itu terkadang membuat saya sulit berkembang dan merasa sangat tertekan karena saya menjadi sulit melakukan sesuatu. Namun seiring berjalannya waktu dan rasa tertekan saya yang cukup besar, akhirnya saya memulai untuk membuat langkah-langkah kecil yang dapat membangun kepercayaan diri saya sehingga membuat saya cukup percaya diri seperti saat ini.

 

Langkah awal untuk membangun kepercayaan diri dapat kita mulai dengan merenungkan hal-hal apa saja yang membuat kita merasa tertekan dan tidak percaya diri. Setelah merenungkan hal-hal tersebut, kita dapat menanamkan kedalam diri kita bahwa kita tidak perlu merasa minder mengenai apa saja yang ada di diri kita karena semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada orang yang sempurna melainkan orang-orang yang berusaha untuk memperbaiki diri. Maka dari itu, daripada kita bersedih dengan kekurangan kita yang membuat kita merasa tidak percaya diri, lebih baik kita berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik lagi sehingga kita dapat menutupi kekurangan kita dengan kelebihan yang kita punya. Dan jangan menjadikan suatu kelemahan sebagai hambatan, jadikan kekurangan tersebut sebagai tantangan untuk kita memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi.

 

Langkah berikutnya bisa kita lakukan dengan memperbanyak rasa syukur atas apa yang kita miliki dan mulailah mencintai diri sendiri. Dengan bersyukur, kita tidak akan merasa iri dan minder dengan apa yang kita punya maupun tidak dalam diri sendiri, dan dengan mencintai diri sendiri, kita jadi dapat memahami diri sendiri dan menerima apa adanya yang ada dalam diri kita serta dapat menghilangkan keraguan yang ada dalam diri sendiri. Dengan hal-hal tersebut dapat membuat kita berdamai dengan diri kita sendiri sehingga kita dapat menerima kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri sendiri.

 

Selanjutnya kita dapat meningkatkan rasa percaya diri dengan mencari teman yang dapat selalu mendukung kita. Hal ini benar-benar dapat meningkatkan rasa percaya diri karena saya memiliki teman yang mendukung saya dan selalu mau mendengarkan serta memberi nasehat kepada saya sehingga membuat saya bangkit dan merasa ada yang mendukung saya untuk menjadi lebih baik dan berkembang.

 

Dan terakhir, jangan takut untuk menerima tantangan. Jangan ragu untuk menantang diri sendiri mengeksplor hal yang belum kita ketahui sebelumnya karena hal tersebut merupakan peluang agar kita menjadi lebih baik lagi. Dan hilangkan rasa ragu untuk memulai suatu langkah baik dalam hidup.

 

Nah, itu merupakan beberapa hal yang membuat saya menjadi lebih baik dari versi saya sebelumnya. Semoga hal tersebut membantu kalian mengatasi rasa tidak percaya diri. Ingatlah, bahwa kalian hebat, kalian berharga.

  47 Views    Likes  

banner
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

previous post

Cara Mudah dan Cepat Menghafal 16 Tenses Bahasa Inggris
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

next post

Cara Menjadi Pendengar yang Baik

related posts