Memulai Digitalisasi UMKM

Memulai Digitalisasi UMKM

Usaha Mikro Kecil menengah (UMKM) Merupakan usaha produktif yang dimiliki seseorang maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Akibat dari meningkat atau menurunnya pertumbuhan ekonomi di indonesia yang salah satunya keterlibatan UMKM. Sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat 4 mengatakan bahwa UMKM merupakan bagian dari perekonomian nasional yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Akan tetapi tingkat kematian UMKM masih terbilang tinggi menurut guru besar ekonomi Unpad, Prof Yuyun Wirasasmita, bahwa 50-60% UMKM di Indonesia berhenti beroperasi dalam 3 tahun pertamanya, apalagi sekarang saat berjalannya pandemic Covid-19.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kematian UMKM adalah dengan meningkatkan jumlah penjualan yang dilakukan di dalam negeri dan diluar negeri, dengan memanfaatkan teknologi digital yang dapat menjangkau pembeli diseluruh Indonesia dan Luar negeri.

Zaman sekarang saat perkembangan teknologi digital semakin pesat. Hal ini mendorong perilaku masyarakat untuk berbelanja secara daring. Tak heran kalau platform perdagangan elektronik menjadi popular untuk berbelanja dan bertransaksi.

Mendigitalisasi UMKM merupakan sebuah langkah besar bagi RI dalam mengakselerasi pengembangan UMKM digital di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital. Memungkinkan pelaku usaha memiliki jangkauan pemasaran yang lebih luas apalagi dengan gadget yang kita gunakan sekarang.

 

Source: Metrotvnews (https://www.youtube.com/watch?v=OcJwfKLpVOQ&t=388s)

  1 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts