Mencitrakan Diri Menjadi Lebih Baik, Bukan Berarti Tidak Menjadi Diri Sendiri!

Personal branding atau mencitrakan diri sendiri menjadi keharusan di era modern. Persaingan masa kini begitu ketat sehingga menuntut kerja ekstra demi tercapainya kesuksesan. Pencitraan diperlukan untuk membuat diri tampak elegan dan menyenangkan bahkan dapat memperlihatkan profesionalisme seseorang. Menurut Siswanto, citra diri dapat disebut sebagai inti kepribadiaan. Pengertian citra diri adalah gambaran aspek fisik dan psikologis. Aspek fisik meliputi penampilan secara fisik. Dan aspek psikologis berhubungan dengan kemampuan yang dimiliki , sifat-sifat serta kehidupan rohani.

Mencitrakan diri menjadi menjadi lebih baik bukan berarti tidak menjadi diri sendiri. Artinya sobat OSC harus menjadi diri sendiri selama membuat citra diri. Lalu bagaimana cara yang benar untuk mencitrakan diri  yang positif? Halo sobat OSC, hari ini kita akan membahas mengenai citra diri atau personal branding. Pertama, baca dan pahami diri sendiri. Memahami diri sendiri adalah menyakini bahwa sobat OSC sebagai manusia yang unik dengan segenap kelebihan dan kekurangan sebagai ciptaan sempurna dari Tuhan. Ini penting banget lho, untuk membangun personal branding. 

Kedua, setelah sanggup meningkatkan citra diri dengan cara sendiri, sobat OSC harus mampu menahan diri untuk tidak membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Siapa di antara sobat OSC masih sering membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain? Membandingkan diri sendiri dengan orang lain bisa melahirkan dampak negatif terhadap kemajuan dan perkembangan sobat OSC, lho! Ketiga, perlu menciptakan lingkungan belajar/kerja yang positif. Untuk melakukan perubahan yang baik, sobat OSC harus membuat pikiran menjadi positif yang lebih baik, situasi positif di lingkungan belajar/kerja adalah tugas kita masing-masing. Sobat OSC tidak bisa berharap kepada orang lain untuk mewujudkan lingkungan yang positif. Keempat, melakukan sesuatu atau bertindak. Ini langkah terakhir dalam mencitrakan diri menjadi positif. Bertindak adalah kebaikan sempurna bagi setiap manusia, termasuk sobat OSC yang sedang melanjutkan pendidikan di bangku perguruan tinggi. Hal ini sebagaimana dengan sebuah ungkapan, “lebih baik bertindak walaupun sedikit daripada tenggelam pada angan-angan ingin berbuat banyak”.

Itulah langkah-langkah untuk mencitrakan diri  yang positif, apabila sobat OSC mempunyai citra yang baik dan positif, tentu saja akan lebih banyak orang yang ingin bersahabat maupun mendekatkan diri dengan sobat OSC. Sebaliknya, bilama yang ditampilkan ialah suatu citra diri yang kurang baik dan negatif, maka tidak ada orang yang ingin bersahabat maupun mendekatkan diri dengan sobat OSC. Hope it helps!

 

---

Sumber buku : Menjadi Yang Terbaik

Penulis buku : Arjuna Yuwendi

  84 Views    Likes  

Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

previous post

Moralitas dan Etika Profesional dalam Menyongsong Generasi Pemimpin Masa Depan
Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

next post

Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

related posts