Mengapa Anda Perlu Menjual Produk Anda di Instagram?

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

Berapa jumkah orang yang menggunakan instagram saat ini?

Semenjak Kevin Systrom dan Mike Krieger mendirikan Instagram pada tahun 2010, tercatat sudah ada 1 juta pengguna aktif hanya dalam kurun waktu 2 bulan. Penggunaan Instagram semakin meroket setelah Facebook berhasil mengakuisisi Instagram pada tahun 2012. Hingga saat ini dilansir dari Emarketer.com, pengguna aktif Instagram diperkirakan akan menyentuh angka 1.074 miliar pada tahun 2021.

Peluang tinggi yang ada di indonesia

Pada tahun 2020 terdapat sekitar 63 juta pengguna Instagram di Indonesia atau sekitar 79% dari populasi yang ada. Hal ini membuat Indonesia menempati posisi rangking atas pengguna Instagram terbanyak di dunia. Saat ini makin banyak perusahaan asing yang terus melebarkan sayap marketing mereka pada pengguna Instagram di Indonesia. Bisa dibuktikan makin banyak Instagram Ads yang menampilkan produk asing pada pengguna Instagram Indonesia. Kalau begitu bukankah kita para pedagang ataupun pebisnis Indonesia sudah wajib untuk mencoba terjun ke online market yang salah satunya yaitu Instagram? 

aktivitas pengguna di instagram

Pengguna Instagram juga bisa melakukan aktivitas selayaknya seperti yang mereka lakukan dikehidupan nyata seperti bekerja, bersosialisasi, mencari hiburan dan menjual/membeli barang. Diperkirakan 90% pengguna aktif Instagram akan memfollow setidaknya satu brand yang mereka senangi atau bahkan mereka gunakan. Karena dengan mengikuti akun brand kesayangan mereka, mereka akan dengan mudah mengetahui berbagai informasi produk, update produk dan diskon produk tersebut. Maka dari itu ketika kita ingin strategi penjualan di Instagram berhasil, pastikan akun bisnismu selalu update tiap hari dan selalu menjadi brand produk yang mereka inginkan.

fitur-fitur yang membantu di instagram

Setelah kita membuat akun bisnis di Instagram dan mulai aktif melakukan berbagai promosi yang menarik, timbul pertanyaan yaitu bagaimana cara yang dapat kita lakukan agar menarik atau ditemukan oleh calon pembeli yang ideal?. Untung saja Instagram telah menyediakan berbagai fitur yang ada dan kita bisa memanfaatkannya dalam mencapai strategi penjualan kiita. Fitur-fitur tersebut seperti fitur explore, deskripsi profile, tag lokasi, hastag, sampai Instagram Ads. 

Diantara beberapa fitur tersebut, fitur yang paling efektif membantu para pebisnis di Instagram yaitu Instagram Ads. Karena dengan algoritma Intagram Ads, sistem dengan mudah akan menjangkau para calon pembeli sesuai yang disepakati dari awal. Maka tidak heran kita harus membayar sejumlah uang untuk mendapatkan fitur Instagram Ads. Namun agar berhasilnya strategi penjualan, tidak harus melulu soal Instagram Ads. Ada fitur lain yang sudah disebutkan diatas seperti fitur explore, deskripsi profile, tag lokasi dan hastag. Beberapa fitur tersebut gratis kita gunakan karena sudah menjadi fitur basic di Instagram, tinggal bagaimana cara kita menggunakan secara maksimal fitur tersebut. 

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram

https://www.emarketer.com/content/global-instagram-users-2020

https://andi.link/download/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2020/

  22 Views    Likes  

Tips Belajar Efektif Ala Elon Musk

previous post

Kenal Lebih Dekat Dengan Beasiswa OSC Medcom.id
Tips Belajar Efektif Ala Elon Musk

next post

Tips Belajar Efektif Ala Elon Musk

related posts