banner

Mengatasi cemas berlebih

Hai, Sobat OSC!

Bagaimana kabar kalian ? Baik bukan, nah dalam artikel kali ini aku akan membahas seperti judul artikel diatas, CEMAS BERLEBIH atau biasa disebut anxiety disorder.

Sebelum lanjut, pengertian cemas itu apa sih ?

Mungkin setiap orang punya pandangan berbeda ya mengenai kecemasan ini, menurutku sendiri cemas adalah keadaan seseorang dimana orang tersebut menghkawatirkan atau takut terhadap hal - hal yang akan terjadi. Memang sih apa yang dikhawatirkan itu belum terjadi dan kita saja tidak tahu apakah itu akan terjadi atau tidak, tapi bagi sebagian orang yang mengalami kecemasan berlebih mereka cenderung terlalu memikirkan hal - hal yang belum tentu akan mereka hadapi. Karena itulah mereka mengalami hal tersebut, nah apa saja sih faktor yang dapat mempengaruhi,

diantaranya seperti :

Trauma, mungkin saja mereka yang mengalami cemas ini sebelumnya pernah mengalami hal yang dapat menggangu mental mereka, contohnya bullying, ataupun pelecehan seksual. Dari situlah trauma dapat menimbulkan kecemasan tersebut. Riwayat Genetik, siapa sangka hubungan sedarah juga dapat menjadi pemicu gangguan kecemasan ini, mungkin kalian mempunyai kerabat yang juga memiliki gangguan ini. Stress karena suatu penyakit, jika kalian memiliki suatu penyakit serius, dan kalian merasa cemas berlebih, mungkin saja karena dipengaruhi penyakit tersebut, kalain menjadi merasa takut akan penyakit kalian, takut penyakit itu akan sembuh atau tidak.

Selain faktor diatas masih banyak sebenarnya seperti karena masalah pekerjaan, masalah rumah tangga, atau yang lain. Nah pertanyaannya, bagaimana kita mengatasi cemas tersebut ?

 

1. Konsultasi dengan Psikolog

Cara ini mungkin paling baik untuk mengatasi gangguan tersebut, karena kalian dapat berkonsultasi langsung dengan psikolog dimana mereka lebih tau tentang kesehatan mental.

2. Mengonsumsi obat - obatan

Jika diantara kalian mengalami kecemasan dan langsung berkonsultasi dengan dokter, mungkin dokter akan menyarankan kalian untuk mengonsumsi obat tertentu untuk meringankan gejala kecemasan

3.Selalu berpikir positif 

Ini yang paling penting, sebenarnya kecemasan itu timbul karena kalian terlalu berpikir negatif, ataupun terlalu memikirkan hal yang sebenarnya belum tentu terjadi, jadi hindarilah berpikir negatif dan perbanyak berpikir positif.

4. Mendekatkan diri kepada Tuhan

Nah yang paling penting adalah ini, mendekatkan diri kepada tuhan, jika kita senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan, berdoa dan selalu meminta petunjuk-Nya, yakinlah bahwa kecemasan itu seiring berjalannya waktu pasti akan berkurang.

Mungkin kalian juga dapat bercerita tentang keluh kesah kalian ke kerabat ataupun teman dekat kalian. Gangguan kecemasan ini mungkin akan sedikit mengganggu aktivitas kalian, tapi yang terpenting jangan sampai gangguan ini, merusak mimpi mimpi kalian.

Semangat, kalian pasti bisa lawan rasa cemas itu :))

Kalian bisa baca artikel lainnya disini aorinka.blogspot.com

Sekian dulu artikel kali ini.

Semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang mengalami ini ya :)

  34 Views    Likes  

banner
Berbuat Baik Tanpa Imbalan Baik

previous post

Keuntungan Menabung di Reksadana
Berbuat Baik Tanpa Imbalan Baik

next post

Berbuat Baik Tanpa Imbalan Baik

related posts