banner

MENGENAL APLIKASI MENDELEY SOFTWARE PENDETEKSI PLAGIAT PADA KARYA TULIS ILMIAH

Memasuki dunia perkuliahan sudah semestinya kita tak asing lagi mendengar kata laporan penelitian, makalah penelitian, karya ilmiah, skripsi, tesis, disertasi hingga jurnal. Mungkin hampir setiap hari dan setiap saat kita akan bertemu dengan tugas ini. Pada setiap karya ilmiah, jurnal maupun karya tulis lainnya, kita dituntut untuk menyajikan karya sastra yang otentik, berdasarkan fakta, dan sumber yang valid. Namun ada yang harus dipahami bahwa setiap tulisan yang kita buat sering kali berfokus pada isi. Disisi lain ada hal penting yang kadang kita lewatkan yaitu tentang kaidah penulisan dan anti-plagiatisme. Mengapa ini penting ? Penulisan yang baik akan mempermudah pembaca dalam memahami isi bacaan. Sedangkan, anti-plagiatisme tak hanya memberikan nilai apresiasi kepada penulis terhadap ide yang mereka buat tetapi juga dapat menjadi sumber yang valid.

Membahas tentang plagiatisme terkadang kita seringkali tidak menyadari bahwa tulisan yang kita buat ternyata mengutip inspirasi dan ide dari orang lain (plagiat). Hal ini terjadi atas banyaknya referensi yang kita baca sebagai acuan dasar pembuatan karya ilmiah. Oleh karena itu, diperlukan sebuah tools yang dapat membantu dalam mendeteksi kutipan, plagiatisme, dan memperbaiki tulisan yang kita buat. Salah satu tools yang tersedia dan dapat kita manfaatkan adalah “Mendeley”. Mendeley merupakan sebuah aplikasi atau fitur hasil perkembangan teknologi informasi yang yang ditemukan oleh 3 ilmuan dari Jerman pada bulan November 2007. Kegunaan dari aplikasi ini selain untuk mendeteksi plagiatisme juga memuat proses penulisan daftar pustaka, daftar isi, tata cara mengutip hingga menemukan referensi dan sumber yang valid.

Aplikasi Mendeley tersedia dalam dalam bentuk mobile maupun PC. Aplikasi ini dapat dioperasikan mulai dari System Operasi Windows, Linux, dan Mac. Penggunaan Mendeley cukup mudah. Kalian hanya perlu untuk menginput hasil karya tulis pribadi kalian serta referensi yang kalian jadikan acuan dalam sistem. Kemudian kalian pahami aturan penggunaan aplikasi ini dan biarkan sistem bekerja memproses karya tulis kalian. Pastikan input dari referensi yang kalian jadikan acuan berasal dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan missal e-book, artikel jurnal, jurnal penelitian, makalah prosiding, dan lain sebagainya. Aplikasi ini dapat diperoleh secara gratis di berbagai platform download. Terakhir, aplikasi ini memungkinkan untuk dioperasikan baik secara online maupun offline.

  0 Views    Likes  

banner
Kehidupannya selalu Di Fisika dan Fisika

previous post

Hentikan Bully Damai itu Indah
Kehidupannya selalu Di Fisika dan Fisika

next post

Kehidupannya selalu Di Fisika dan Fisika

related posts