MENGENAL DUNIA MELALUI OSC

            “Kesempatan tidak menuntut kesempurnaan, tetapi kesempatan mengajak untuk berproses menjadi lebih baik.” Kalimat tersebut mungkin bisa menggambarkan titik awal saya berproses untuk mendapat beasiswa OSC 2021. Saya Alldo Suprianto salah satu mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta.

             Menginjakan kaki di Kota Pelajar (Yogyakarta) untuk mengenyam pendidikan dengan beasiswa penuh merupakan salah satu mimpi besar saya yang terwujud. Tak pernah terbayangkan ini semua nyata dan sedang saya jalani. Mengenal OSC sebagai jembatan bagi anak bangsa untuk mengenyam pendidikan di jenjang yang lebih tinggi merupakan moment berharga dalam hidup saya. Program OSC sudah cukup lama saya ketahui dan menjadi salah satu target utama ketika lulus. Semangat untuk bisa kuliah itu semakin menggebu-gebu ketika sudah semakin dekat dengan moment kelulusan dan semua pihak pun terus mendorong saya untuk memantapkan diri dengan berbagai persiapan untuk menghadapi berbagai tahapan tes yang ada untuk memperoleh beasiswa OSC. Dukungan dari keluarga maupun pihak sekolah begitu luar biasa, mulai dari persiapan online tes, seleksi berkas, dan final tes. 

            Tahapan persiapan yang matang merupakan salah satu kunci emas untuk mendapatkan beasiswa OSC. Belajar dari berbagai sumber membuat kita siap secara akademik. Konsisten dalam membaca berbagai literatur yang berkualitas akan menambah wawasan. Hal ini juga yang saya rasakan sangat membantu dalam merencanakan sesuatu dan memetakan arah karir saya kedepannya. Selain itu ketekunan dan ketelitian dalam mempersiapkan berkas adalah poin penting dalam rangkaian tes OSC, karena akan banyak berkas yang harus disiapkan dan dilampirkan yang dalam hal ini harus dapat dipertanggungjawabkan. Kemudian, pada final tes akan ada beberapa tes yang harus dilakukan dan pada tes ini tergantung kebijakan masing-masing kampus. Berkaitan dengan kesemuanya ini kemampuan public speaking dan membangun relasi dengan orang lain adalah hal yang penting untuk dikembangkan dan dipersiapkan karena kemampuan softskill ini akan sangat dibutuhkan di era globalisasi dan akan sangat menjawab tuntutan zaman yang ada. Semuanya belum terlambat tetapi tidak bisa ditunda. Indonesia memerlukan anak bangsa yang cerdas dan responsif terhadap perubahan. Pendidikan bukan hanya milik orang kaya tetapi semua berhak atas kesempatan yang sama dalam mengenyam pendidikan.

            Saya terlahir bukan dari keluarga yang mapan secara ekonomi tetapi saya lahir ditengah keluarga yang memiliki cara pandang yang luas dan selalu mementingkan pendidikan diatas segala-galanya. “Pendidikan merupakan investasi yang paling berharga,” ungkapan tersebut yang selalu mengiringi langkah juang saya dalam menempuh pendidikan dan ungkapan yang akan terus saya suarakan dimanapun saya berada. Dari latar belakang apapun kita, kita punya kesempatan yang sama untuk berproses. Pendidikan adalah aset yang sama dan sangat berharga sepanjang masa. Semua berawal dari mimpi yang besar dan OSC hadir untuk menjembatani mimpi, harapan, dan cita-cita kita semua.

Ora et Labora

Salam OSC

  1451 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts