Mengenal Gangguan Spektrum Autisme dari Drama Korea Extraordinary Attorney Woo

Woo to the Young to the Woo!

Dong to the Geu to the Rami!

Hayo, siapa di sini yang tahu banget sama kalimat di atas? Gaya sapaan antara karakter Woo Young Woo dan karakter Dong Geu Rami yang akhir-akhir ini viral dari drama korea Extraordinary Attorney Woo pastinya memenuhi laman media sosial kalian kan?

Drama Extraordinary Attorney Woo sendiri merupakan drama korea rilisan tahun 2022 yang menceritakan pengacara muda jenius dengan spektrum autisme bernama Woo Young Woo. Lantas, apa itu spektrum autisme?

Dikutip dari laman hallosehat, Autisme adalah gangguan fungsi otak dan saraf serius dan kompleks yang memengaruhi perilaku dan proses berpikir manusia. Autisme mencakup segala gangguan dalam interaksi sosial, perkembangan bahasa, dan keterampilan komunikasi baik secara verbal maupun nonverbal. Gangguan perkembangan ini umumnya dimulai pada masa kanak-kanak dan bertahan seumur hidup.

Bagi pengidap autisme, mereka akan mengalami beberapa gejala. Salah satunya adalah kesulitan berkomunikasi seperti tidak merespons saat dipanggil. Di Drama Extraordinary Attorney Woo, Young Woo kecil tidak merespons perkataan apapun dari ayahnya, ia juga mengalami keterlambatan dalam berbicara, sampai akhirnya dokter memberikan diagnosis ia mengidap spektrum autisme.

Gejala lainnya adalah menghindari kontak mata dengan orang lain saat berkomunikasi. Di salah satu episode pada drama, Young Woo berkata jika berbicara sembari menatap mata lawan bicara adalah hal yang sangat sulit dilakukan bagi pengidap spektrum autisme.

Di dalam drama, Young Woo diceritakan sangat suka memakan kimbab dan tidak mau memakan makanan lain, Young Woo sangat teliti dalam hal-hal kecil seperti merapikan buku dan tissue yang sedikit berantakan, serta Young Woo sangat sensitif terhadap suara teriakan atau suara-suara yang berisik. Ternyata hal-hal  tersebut juga merupakan gejala spektrum autisme yaitu sangat teliti pada suatu hal yang kecil, berpola, dan mudah terganggu oleh bau atau suara yang dianggap normal oleh orang lain.

Gejala spektrum autisme lain yang sangat relate dengan karakter Woo Young Woo adalah memiliki minat yang tinggi pada suatu hal hingga terkesan obsesif. Pasti kalian tahu dong kalo Young Woo sangat menyukai paus, dari jenis jenis paus, habitatnya, ukuran, serta perilaku paus mampu dihafal oleh Young Woo. Seringkali Young Woo menceritakan cerita tentang paus ke teman-temannya secara berulang kali, walaupun beberapa dari temannya juga bosan dan tidak tertarik. Kecuali Lee Junho, teman kantor Young Woo yang dengan senang hati mendengarkan cerita Young Woo tentang paus. Aduh, cowok green flag idaman sejuta umat banget ya!

Mencari tahu tentang autisme tidak lengkap tanpa mengetahui penyebabnya. Penyebab autisme sendiri sampai sekarang belum diketahu secara pasti. Namun, peneliti menemukan bahwa autisme berkaitan dengan faktor genetik dan lingkungan serta gangguan pada perkembangan otak.

Sobat OSC, pengidap spektrum autisme seperti Young Woo juga memiliki banyak sekali kelebihan. Kalau di drama digambarkan Young Woo adalah seorang yang jenius dan mampu menghafal materi hukum yang sangat banyak, hal itu disebabkan pengidap spektrum autisme memiliki konsentrasi yang tinggi dan daya ingat yang tajam.

Nah, itu dia informasi seputar gangguan spektrum autisme. Jika kalian sedang senggang dan butuh tontonan yang menghibur tapi juga bermanfaat, kalian bisa menonton drama korea Extraordinary Attorney Woo!

 

Referensi

https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/gangguan-perkembangan/autisme-adalah-autis/

Sumber foto:

Netflix.com

  34 Views    Likes  

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

previous post

Mengenal Kampus Almamater Para Idol Kpop, Dari Anggota BTS hingga Seventeen.
Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

next post

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

related posts