banner

Mengenal Gendang Beleq Suku Sasak, Pulau Lombok

Indonesia memiliki beribu-ribu budaya, salah satunya adalah alat musik. Setiap daerah mempunya alat musik yang bermacam-macam, salah satunya adalah Gendang Beleq yang merupakan Budaya asli dari Lombok. Kesenian yang satu ini merupakan salah satu kesenian musik tradisional yang khas dari Lombok, NTB. Namanya adalah Gendang Beleq. Menurut beberapa sumber yang pernah saya baca, pada awalnya Gendang Beleq merupakan alat musik yang digunakan untuk mengiringi dan digunakan untuk memberikan semangat kepada para prajurit saat akan berjuang ke medan perang.

Apakah kalian tahu apa itu Gendang Beleq? 

Gendang Beleq merupakan alat musik tradisional yang dimainkan secara berkelompok dengan menggunakan beberapa macam gabungan alat musik dan gendang berukuran besar sebagai alat musik utamanya. Alat musik gendang yang digunakan sedikit berbeda dengan gendang pada umumnya karena memiliki ukuran yang lebih besar. Kesenian Gendang Beleq ini merupakan salah satu kesenian tradisional yang berasal dari Suku Sasak di Pulau Lombok, NTB.

Kesenian Gendang Beleq ini merupakan kesenian tradisional yang berasal dari Suku Sasak di pulau Lombok. Menurut beberapa sumber yang pernah saya baca, awalnya Gendang Beleq merupakan alat musik pengiring dan penyemangat para prajurit saat akan berjuang ke medan perang. Suara yang dihasilkan oleh Gendang Beleq ini dipercaya membuat para prajurit lebih percaya diri dan lebih berani untuk bertempur membela kerajaan mereka.

Tapi seiring dengan berjalannya waktu Gendang Beleq digunakan sebagai musik pengiring sebuah acara adat, kesenian, perlombaan budaya, maupun hiburan rakyat. Dengan menambahkan beberapa alat musik tradisional sebagai musik tambahannya. Nama Gendang Beleq sendiri diambil dari kata gendang dan beleq. Dalam bahasa Suku Sasak beleq memiliki arti besar, sedangkan gendang merupakan alat musik yang digunakan. Sehingga dapat diartikan bahwa Gendang Beleq merupakan gendang yang berukuran besar.

Seperti yang sudah saya paparkan di atas, Gendang Beleq awalnya digunakan sebagai penyemangat para prajurit menuju medan perang dan sekarang menjadi pengiring sebuah acara adat maupun acara hiburan. Walaupun begitu, bagi masyarakat Suku Sasak, Gendang Beleq ini memiliki nilai filosofis dan disakralkan. Selain memiliki keindahan dalam wujud seni, juga menyangkut jati diri dan jiwa kepahlawanan masyarakat suku Sasak.

Pada saat pertunjukan Gendang Beleq biasanya ditampilkan secara berjalan berkeliling dan berkelompok. Setiap kelompok biasanya terdiri dari 13 sampai 17 orang dengan membawa alat musik gendang maupun alat musik tambahan. Selain itu, dalam pertunjukannya, selain memainkan musik mereka juga menari dengan gerakan-gerakan bervariatif yang diciptakan oleh para pemainnya. Sehingga dapat menyuguhkan pertunjukan yang atraktif dan menghibur yang membuat para penontonnya terhibur bahkan tertawa karena gerakan yang dilakukan oleh para pemain gendang beleq maupun pemain alat musik tambahan.

Kesenian Gendang Beleq ini merupakan salah satu kesenian tradisional yang cukup terkenal di pulau Lombok, NTB. Dalam perkembangannya, kesenian ini masih terus dilestarikan dan dikembangkan oleh beberapa kelompok kesenian yang ada di pulau Lombok. Gendang Beleq ini juga sering ditampilkan di berbagai acara seperti pernikahan, acara adat, penyambutan tamu besar, festival budaya dan beberapa acara besar lainnya.

Sekian artikel saya mengenai Gendang Beleq, Pulau Lombok. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda tentang beragam kesenian tradisional di indonesia, khususnya di Pulau Lombok.

  21 Views    Likes  

banner
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

previous post

Cara Mudah dan Cepat Menghafal 16 Tenses Bahasa Inggris
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

next post

Cara Menjadi Pendengar yang Baik

related posts