Mengenal Lebih Dekat Bangunan Bersejarah yang ada di jawa tengah

Halo sobat OSC? gimana nih kabarnya, semoga senantiasa sehat dan bahagia selalu yaa sobat. nah, artikel kali ini akan membahas mengenai salah satu bangunan bersejarah yang ada di jawa tengah. kira-kira bangunan apa ya??? yukkk simak penjelasannya berikut ini.

Lawang sewu

Lawang Sewu merupakan salah satu dari 102 bangunan bersejarah di Kota Semarang yang menjadi objek wisata. Keunikan jumlah pintunya tidak hanya berfungsi sebagai sirkulasi udara tetapi juga memiliki hubungan dengan struktur sosial pada masa penjajahan Belanda. berdasarkan kunjungan kami kali ini terdapat hal yang baru dari lawang sewu yaitu Jelajahi sejarah perkeretaapian dan lawang sewu dengan pengalaman immersive di lawang sewu, Semarang. selain menikmati immersive yang ada di lawang sewu kami dapat melihat video animasi dengan jelas pada layar kaca yang sangat besar sehingga membuat kita jadi paham mengenai sejarah lawang sewu dan sejarah perkeretaapian di semarang. selain itu, kami juga dapat menikmati spot-spot foto yang sangat menarik dari segi lukisan dan pameran yang ada serta bangunan lawang sewu di setiap sudutnya sangat menarik untuk kita jelajahi lebih mendalam. kami juga mengunjungi salah satu toko oleh-oleh khas semarang yang ada di lawang sewu yang menjual berbagai aksesoris, pakaian, tas, dan lainnya yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas kota semarang dan terdapat event cosplay di lawang sewu baik itu menggunakan kostum kekinian hingga pakaian adat khas jawa dan kita bisa mengabadikan moment tersebut dengan berfoto. 

wawasan dan pengetahuan apa yang diperoleh?

Wawasan dan pengetahuan baru yang saya peroleh yaitu di wisata lawang sewu sangat terjaga kebersihannya walaupun dikunjungi oleh banyak orang setaip harinya, lawang sewu tetap bersih dan lingkungannya yang sejuk dan nyaman sehingga membuat pengunjung jadi betah berlama-lama, selain itu juga terdapat stand food makanan tradisional dan kekinian yang ada di lawang sewu kami dapat melihat bahwa setiap stand makanan yang ada di lawang sewu telah menyediakan trashbag dan memisahkan sampahnya berdasarkan jenis sampah. sehingga hal ini dapat menggambarkan adanya pelestarian budaya dan tetap cinta lingkungan.

 

selain itu, saya juga tahu bahwa lawang sewu Sudah berusia ratusan tahun. karena merupakan sebuah bangunan peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1904. Meskipun sudah berusia sangat tua namun Lawang Sewu sampai saat ini masih berdiri kokoh. Pada mulanya Lawang Sewu adalah kantor perusahaan kereta api swasta bernama Indische Spoorweg Maatschappij (NIS). Namun setelah Indonesia merdeka Lawang Sewu berubah fungsinya.

Pintunya sebenarnya tidak sampai 1000 Dalam bahasa Indonesia Lawang Sewu artinya pintu seribu, tapi ternyata pintu di Lawang Sewu nggak sampai seribu. hanya terdiri dari 928 pintu. Dinamakan Lawang Sewu oleh masyarakat setempat karena bangunan ini memang punya banyak sekali pintu. Selain itu karena memiliki jendela yang cukup besar untuk sirkulasi udara sebenarnya, dan jendela-jendela di sana sering dikira pintu jadi gedung ini terkesan punya pintu yang sangat banyak. Dijadikan Museum Sejarah Perkeretaapian Indonesia. Setelah Indonesia merdeka dari penjajahan Belanda, gedung Lawang Sewu Semarang kini dijadikan Museum Perkeretaapian Indonesia. Di sepanjang dinding di Lawang Sewu terdapat banyak foto yang menampilkan penampakan kereta api zaman dulu. Selain itu sejarah kereta api indonesia juga tersusun lengkap di sini. serta selanjutnya, lawang sewu ternyata dapat Dijadikan spot foto keren.

sekian dan terima kasih...

  4 Views    Likes  

MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

previous post

Rekomendasi Lagu Untuk Menemani Menulis Skripsi
MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

next post

MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

related posts