Mengenal Lebih Dekat Pulau Yang Berpenghuni Monyet Di Kalimantan Selatan

Halo Sobat OSC!

Mimin mau kasih fakta menarik nih, kalian tau gak? Kalau di Kalsel ternyata memiliki dua pulau yang hanya ditempati oleh seekor monyet atau kera. Yaitu Pulau Kembang dan Pulau Kaget. Pulau kembang sendiri terletak di wilayah Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, yang ternyata merupakan habitat bagi kera berekor panjang (monyet). Konon katanya, apabila pengunjung sedang beruntung juga dapat melihat kemunculan kera berwarna putih. Kawasan Pulau Kembang berjarak sekitar 1,5 km dari Kota Banjarmasin dan dapat ditempuh dengan menggunakan perahu klotok sewaan. Sekitar 15 menit lamanya menyebrang dari dermaga, pengunjung akan langsung disambut dengan kera-kera yang lincah dan sangat agresif. 

Konon menurut cerita dahulu kala, Pulau Kembang berasal dari Kapal Inggris yang dihancurkan oleh orang Biaju pada tahun 1750-an atas perintah Sultan Banjar dan kemudian puing bekas kehancuran kapal tersebut ditumbuhi pepohonan dan berevolusi menjadi sebuah pulau yang didiami oleh sekelompok kera. Dan konon katanya pula kelompok kera tersebut dimpimpin oleh seekor kera yang sangat besar dan berwarna putih.

Berbeda dengan Pulau Kembang yang banyak dihuni oleh kera berekor panjang (monyet), Pulau Kaget dihuni oleh kalangan monyet yang langka dan tidak mudah dijumpai dipasaran Indonesia dan hanya ada di Pulau Kalimantan. Hewan itu bernama bekantan. Yang membedakan bekantan dengan jenis kera lain ialah hidung nya yang mancung dan memiliki wajah yang lucu. Bekantan sendiri merupakan hewan yang langka dan termasuk hewan yang dilindungi.

Bekantan tinggal di Pulau Kaget yang dimana merupakan sebuah kawasan lindung yang berada di Desa Tabunganen Muara, Kecamatan Tabunganen, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan. Pulau Kaget merupakan sebuah pulau alami yang terbentuk dari endapan lumpur Sungai Barito, yang terletak bersebelahan dengan Pulau Tempurung. Lokasi Pulau Kaget juga berada di dekat delta Sungai Barito yang mengarah ke Laut Jawa. Nama Pulau Kaget sendiri disebut berasal dari perasaan sebagian orang yang ketika memasuki lokasi tersebut akan merasa kaget oleh riuhnya suara bekantan.

Itu dia fakta menarik yang bisa mimin kasih, kalau kalian suka jangan lupa like and see you next time.

  118 Views    Likes  

Dark Empath, Kepribadian Ganda “Si muka dua”

previous post

Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan di Era Digital
Dark Empath, Kepribadian Ganda “Si muka dua”

next post

Dark Empath, Kepribadian Ganda “Si muka dua”

related posts