banner

Mengenal Lebih Jauh Tentang Taijiquan

Pengertian Taijiquan

Tai ji quan atau yang lebih dikenal dengan Tai Chi merupakan seni bela diri dan senam yang berasal dari negeri Tirai Bambu dan sudah ada sekitar abad ke- 13 SM. Diciptakan oleh Zhang San Feng atau  lebih dikenal di Indonesia dengan nama Thio Sam Hong yang berasal dari gunung  Wudang di barat laut Provinsi Hubei, China dan merupakan tempat berkembangnya Tai ji quan. Zhang San Feng adalah orang yang berjasa dalam memperkenalkan Tai ji quan. Sekitar abad  ke 12 dan 13, Tai ji quan  dipelajari secara luas oleh masyarakat China dan selanjutnya mengalami perkembangan gaya dari satu gaya menjadi 5 gaya yaitu : Chen , Yang, Hao,Wu dan  Sun. Gaya Chen merupakan gaya tertua yang diturunkan  oleh  Zhang San Feng dan kemudian diikuti oleh gaya-gaya  lainnya yaitu Gaya Yang, Gaya Wu, dan Gaya Sun yang diturunkan secara turun temurun dan dimodifikasi. Setiap gaya  Tai ji (Chen, Yang, Wu, dan Sun) memiliki jumlah jurus yang berbeda dan jurus tersebut terdiri dari 24 jurus sampai 108 jurus, tetapi gerakan dasar  Tai ji quan sebenarnya terdiri dari  13  sikap gerakan dasar. Tiga belas sikap gerakan dasar berasal dari 8 gerak dasar tangan dan 5 gerak dasar kaki yang mengacu pada simbol Tai ji  itu sendiri yaitu Bagua (Delapan Diagram) dan Wuxing (Lima Unsur).

Tai ji quan memiliki gerakan yang lembut, luwes, anggun, dan seolah-olah tidak  bertenaga. Gerakan Tai ji quan berbeda dengan seni bela diri umumnya. Hal ini yang membuat Tai ji quan menjadi istimewa dan diminati banyak orang serta dipercaya dapat menyeimbangkan sistem metabolisme tubuh.

Dalam gerakan Tai ji quan terdapat nilai filsafat yang dipengaruhi oleh kebiasaan  masyarakat China pada masa itu di mana ( filsafat sudah menjadi bagian dari masyarakat). Nilai filsafat yang terdapat dalam gerakan Tai ji quan bukan hanya dari nilai estetika saja tetapi juga nilai moral. Nilai moral yang terdapat dalam gerakan  Tai ji quan  merupakan bentuk bahasa lain dari manusia yang mengekspresi sesuatu secara berbeda - beda. Nilai moral yang berguna untuk mengajar dalam menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan, mendidik orang dan membuat manusia berbeda dengan binatang.

Saat ini,  Tai ji quan sudah berkembang hingga ke luar China khususnya di Indonesia.  Peminat  Tai ji quan bukan lagi hanya di kalangan  lanjut usia saja tetapi sudah merambah di kalangan anak muda.

Manfaat dari Tai ji quanquan

Gerakan-gerakan Tai ji quan dapat membantu  kesembuhan suatu penyakit atau gangguan yang ada  pada tubuh. Seperti meredakan stress, meringankan  rasa sakit atau nyeri  pada persendian, meningkatkan keseimbangan dan kelenturan  tubuh. Dengan rajin berlatih Tai ji quan, akan dapat merasakan adanya energi yang secara aktif mengalir di seluruh tubuh. Perasaan tenang yang diperoleh setelah rajin berlatih Tai ji quan merupakan aspek mediatif, yang membuat partikel-partikel dalam tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Selain itu, dengan rajin berlatih Tai ji quan membuat kita merasa percaya diri dan perasaan kita terasa makin nyaman.

Tai ji quan memanfaatkan kekuatan Yin (berasal dari bumi) dan Yang (berasal dari langit), yang digabungkan  antara latihan-latihan fisik membentuk satu gerakan yang akan memberikan keseimbangan dan keharmonisan.

Tai ji quan  boleh dilakukan tanpa alas kaki atau menggunakan sepatu yang lentur. Awali Tai ji quan dengan gerakan meditasi untuk menenangkan pikiran, kemudian lakukan pemanasan dengan gerakan ringan untuk melancarkan sirkulasi darah. Pusatkan konsentrasi penuh ke daerah perut tepat di bawah pusar, yang merupakan pusat dari gaya berat. Lakukan setiap gerakan dengan pernapasan dalam. Nikmati rangkaian gerakan yang membentuk formasi, misalnya gerakan Bangau Membentangkan Sayap atau gerakan Menggenggam Ekor Burung.

Berikut manfaat dari Tai ji quan :

1. Pernapasan menjadi lebih kuat

Umumnya kita melakukan proses bernapas secara tidak baik. Pada saat bernapas, kita sering hanya menggunakan bagian paling atas dada dan mengeluarkannya dengan cara seperti  terengah-engah. Itu berarti selama ini badan kita kerapkali kekurangan oksigen, yang mengakibatkan fungsi organ-organ tubuh tidak bekerja optimum. Berlatih Tai ji quan membiasakan kita bernapas secara benar.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Gerakan Tai ji quan  dapat mengaktifkan seluruh tubuh berikut organ dan aliran organ tubuh, seperti limpa, sehingga kerja limpa membersihkan racun menjadi semakin efektif. Jika seluruh organ tubuh membaik, maka secara pasti kekebalan tubuh akan meningkat. Ketenangan yang didapat dari berlatih Tai ji quan dapat menurunkan stress, sehingga memberi kesempatan lebih luas bagi tubuh untuk melakukan pemulihan. Seperti mengganti dan memperbaiki sel-sel rusak, sehingga mempercepat proses pemulihan gangguan tubuh dan penyembuhan suatu penyakit.

3. Meningkatkan kemampuan “Berhenti di satu titik”

Berlatih Tai ji quan memudahkan untuk berkonsentrasi dan "berhenti di satu titik", sehingga pikiran tidak tersebar ke mana-mana. Akan  lebih mudah mengatur peristiwa yang ada dalam pikiran dan benak seseorang. Apakah kehidupan di masa lalu atau melompat ke masa depan, bahkan juga kehidupan nyata yang nyaman. Dengan  rajin berlatih Tai ji quan, kemampuan untuk berkonsentrasi lebih kuat.

4. Meningkatkan relaksasi

Gerakan lentur beraturan,  konsentrasi penuh sebagai bagian dari meditasi dalam gerak, latihan pernapasan yang terjaga. Semua muatan dalam Tai ji quan itu menjadikan tubuh mengalami relaksasi sempurna. Kondisi ini akan mengaktifkan homon seperti hormon endorphin.

  0 Views    Likes  

banner
Nasionalisme di Generasi Milenial

previous post

Mengenal Lebih Jauh Tentang Taijiquan
Nasionalisme di Generasi Milenial

next post

Nasionalisme di Generasi Milenial

related posts