Mengenal organisasi di kuliah, Mahasiswa Baru Wajib Tau supaya ga salah pilih

Halo teman-teman OSC bagaimana kabar teman sekalian ? Semoga dalam keadaan sehat ya. Pada artikel kali ini aku mau membahas tentang organisasi saat kuliah. Mungkin teman-teman di sini ada yang baru selesai melaksanakan Program Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru atau PKKMB dan masih bingung ingin memilih kegiatan tambahan atau organisasi saat kuliah. Tenang kalian tidak usah bingung, aku akan bahas tuntas semuanya di sini kok

Buat teman-teman yang masih asing dengan organisasi di dunia perkuliahan aku sedikit jelasin ya. Konsepnya tidak terlalu jauh dengan organisasi di Sekolah Menegah Atas (SMA). Di SMA kalian mungkin mengenal OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), Sementara di kampus ada yang namanya Badan Eksekutif Mahasiswa atau BEM. BEM sendiri dibagi lagi menjadi BEM Universitas dan BEM Fakultas. Perbedaan antara keduanya terletak pada lingkup program kerjanya. BEM Universitas menjadi perwakilan mahasiswa di tingkat universitas dan menjalankan serta melaksanakan program kerja di universitas dengan pengurus yang berasal dari berbagai fakultas di universitas tersebut.

Sementara BEM Fakultas terdiri dari mahasiswa berbagai jurusan dalam satu fakultas yang sama serta menjalankan dan melaksanakan program kerja di tingkat fakultas. Selain BEM ada satu lagi organisasi di kampus, yaitu Himpunan Mahasiswa atau HIMA. HIMA merupakan organisasi kemahasiswaan di tingkat jurusan atau program studi di suatu universitas yang berfungsi menjadi wadah untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa baik di bidang akademik maupun non akademik serta menampung aspirasi mahasiswa melalui program kerja.

Selain organisasi mahasiswa di kampus juga terdapat Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM. UKM merupakan wadah berkumpulnya mahasiswa dengan kesamaan minat, bakat, serta hobi. Apabila kamu pernah mengikuti ekstrakurikuler saat duduk di bangku sekolah, maka UKM ini semacam ekstrakurikuler yang akan menampung kamu untuk lebih terus mengasah bakat dan hobi kamu. Melalui kegiatan UKM kamu dapat menambah wawasan dan pengetahuan di luar jam pelajaran kampus. Di kampus sendiri terdapat berbagai macam UKM yang dapat kamu sesuaikan sesuai dengan minat dan bakat kamu.

Jadi gimana nih sekarang, kalian sudah pada mengenal kan organisasi dan kegiatan tambahan di dunia kampus. Nah saran dari aku kalian sebaiknya gabung minimal 1 UKM yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Kalo gabung lebih dari 1 boleh atau tidak? Sebenarnya boleh-boleh saja kamu gabung UKM lebih dari satu asalkan kamu bisa membagi waktu antara kuliah dan kegiatan UKM yang kamu ikuti. Selain membagi waktu kamu juga harus komitmen dan ikuti kata hati kamu saat akan memilih UKM. Jangan kamu pilih UKM hanya karena kamu ikut-ikutan teman. Karena selain tidak sesuai dengan minat dan bakat kamu, kamu juga akan menjadi mahasiswa yang tidak punya pendirian dan suka “mengikuti arus”. Jadi, jangan jadi mahasiswa seperti itu ya, jadilah mahasiswa yang kritis dan berpegang teguh pada pendirian dan prinsip.

  59 Views    Likes  

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

previous post

Perjalanan menjadi awardee beasiswa OSC 2020
BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

next post

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

related posts