banner

Mengolah Putih Telur Sisa Bahan Kue Menjadi Nugget Homemade

Hallo sobat OSC. Tidak terasa bahwa kita sekarang sudah ada dipenghujung bulan Ramadhan. Gimana nih sobat, ditengah pandemi saat ini apa sobat masih semangat nggak nih untuk merayakan lebaran meski dirumah saja? Tentu tetap harus semangat ya.

Rasanya sudah menjadi tradisi bahwa lebaran identik dengan adanya kue-kue lebaran. Kalau sobat tipe yang suka beli atau bikin sendiri di rumah? Kalau aku sih sukanya bikin sendiri nih karena lebih merasa puas, lebih sehat dan juga bila membuatnya bersama tentu akan menambah keakraban keluarga. Oh iya tentunya lebih hemat juga sobat hehehe.

Karena membuatnya sendiri, aku mempunyai bahan yang tidak terpakai saat membuat kue yaitu putih telur. Sebab putih telur tidak dimasukkan kedalam adonan kue kering ya sobat. Oleh karena itu, aku mencoba untuk memanfaatkannya agar tidak terbuang sia-sia. Setelah aku melihat resep-resep, akhirnya aku tertarik untuk mecoba resep dari Dapur Kaadena. Penasaran gimana? Yuk langsung saja kita lihat bahan-bahannya.

Bahan Utama :

500 ml putih telur

40 gr terigu

½ sdm penyedap rasa

¼ sdt lada

3 siung bawang putih

1 ½ wortel

1 batang daun bawang

Bahan untuk kulit naget :

Tepung panir secukupnya

80 ml putih telur

20 gr terigu

Cara membuat :

1. Siapkan semua bahan Utama

Bawang putih cincang kasar, wortel diparut lembut,dan daun bawang potong tipis.

2. Masukkan putih telur, terigu, penyedap rasa, lada, dan bawang putih. Kocok hingga berbusa

3. Masukkan wortel dan daun bawang. Aduk hingga merata

4. Siapkan dandang atau alat untuk mengukus

5. Masukkan adonan kedalam wadah

Pilihkan wadah yang pipih, biarkan adonan melebar agar dapat matang dengan sempurna. Kalau aku saat itu menggunakan plastik agar tidak lengket.

6. Kukus 20 menit

Cek kematangan, karena semakin tebal adonan maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengukus.

7. Biarkan dingin, lalu siapkan bahan untuk membuat kulit nugget

8. Potong naget sesuai selera, kalau aku memilih untuk memotong bentuk stick

Lalu masukkan ke tepung oleskan secara merata, kemudian masukkan ke telur usahakan agar semua bagian terkena dan terakhir masukkan ke tepung panir. Lakukan seluruhnya hingga semua selesai

9. Goreng dengan minyak yang tidak terlalu panas

10. Nugget homemade siap disajikan

Menyajikannya bisa dengan saos ataupun mayonnaise.

Oh iya sobat bisa juga mengambahkan dengan belenderan udang ataupun ayam agar memperkuah cita rasa dari nugget tersebut, aku sudah mencobanya dan rasanya juga nggak kalah enak loh. Oke sobat, itu aja nugget homemade dari aku semoga bermanfaat dan selamat mencoba dirumah.

-NUIS-

  39 Views    Likes  

banner
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

previous post

Cara Mudah dan Cepat Menghafal 16 Tenses Bahasa Inggris
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

next post

Cara Menjadi Pendengar yang Baik

related posts