banner

Menikmati Keindahan Curug Sentral Hanya dengan Rp. 5.000

Apa yang bisa dilakukan dengan Rp. 5.000? Bagi sebagian orang, Lima Ribu Rupiah mungkin hanya bisa digunakan untuk bayar parkir. beli pensil atau permen. Hal itu tidak berlaku di Sukabumi, tepatnya di Kampung Pondok Beureum, Jayanegara, Desa Kabandungan, di sana terdapat tempat wisata lokal bernama Curug Sentral yang menyuguhkan keindahan beberapa air terjun yang sangat indah dan asri. Cukup dengan Rp. 5.000 pengunjung bisa masuk dan menikmati keindahan Curug Sentral.   

Dahulunya, Curug Sentral merupakan air terjun yang digunakan oleh masyarakat Jayanegara sebagai pembangkit listrik. Namun, seiring berjalannya waktu, pembangkit listrik tersebut tidak lagi digunakan oleh masyarakat Jayanegara. Walaupun sudah tidak menjadi sumber penerangan bagi masyarakat Jayanegara, Curug Sentral terkenal dikalangan masyrakat sekitar Kecamatan Kabandungan karena keindahannya. Karena hal tersebut, masyarakat Jayanegara berinisiatif untuk mengelola dan menjadikan Curug Sentral sebagai tempat wisata lokal yang dapat dinikmati oleh siapa saja.

Berdasarkan penejelasan dari salah satu penduduk Jayanegara, Curug Sentral sebenarnya memiliki 5 air terjun dan 1 bendungan yang barasal dari aliran sungai yang sama. Karena bendungannya begitu tinggi sehingga masyarakat menganggap bendungan tersebut sebagai salah satu air terjun yang merupakan bagian dari Curug Sentral. Sayangnya, untuk saat ini pengunjung hanya dapat meg-explore dua Curug Sentral saja yaitu Curug Sentral 1 dan Curug Sentral 2.  Karena jarak dan medan yang terjal, keempat curug lainnya belum memiliki akses yang aman bagi pengunjung. Tapi jangan khawatir, karena Curug Sentral 1 dan Curug Sentral 2 pun sudah bisa memberikan pemandangan indah dan asri yang begitu memanjakan mata.

Berikut beberapa alasan mengapa saat pergi ke Sukabumi, harus mengunjungi Curug Sentral:

1. Curug Sentral sangat indah

Susana yang masih alami dan hijau menjadikan keindahan Curug Sentral terkenal di kalangan masyarakat Sukabumi. Keindahannya dapat dijadikan objek potret yang menakjubkan. Bukan hanya untuk selfie atau gruofie dengan sahabat dan keluarga, Curug Sentral pun tak jarang dijadikan sebagai tempat foto Pre-wedding. Berikut beberapa potret keindahan dari Curug Sentral.

2. Curug Sentral sangat nyaman

Selain tempat yang bersih dan aman, Curug Sentral juga memiliki beberapa fasilitas bagi pengunjung seperti mushola, toilet dan gazebo disekitar curug yang bisa digunakan secara gratis. Bagi pengunjung yang suka berkemah, curug sentral juga menyediakan lahan untuk tenda-tenda pengunjung disamping aliran sungai Curug Sentral. Curug sentral juga menyediakan tempat parkiran yang aman bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Berikut beberapa foto area sekitar Curug Sentral.

3. Curug Sentral tidak menguras kantong

Tak perlu meorogoh kocek yang dalam untuk bisa menikamati Curug Sentral. Cukup dengan Rp.5.000 pengunjung sudah bisa meng-explore keindahan alam di Curug Sentral. Dengan Lima Ribu Rupiah tersebut, pengunjung sudah bisa mengunjungi Curug Sentral 1 dan Curug Sentral 2. Jika hanya sekedar ingin berfoto-foto, Curug Sentral 1 merupakan tempat yang tepat. Namun, jika pengunjung ingin mencoba berenang dibawah air terjun, Curug Sentral 2 sangat cocok untuk dijadikan tempat berenang dan berendam. Bagi pengunjung yang ingin berkemah, cukup dengan mengeluarkan uang Rp. 50.000 pengunjung sudah bisa mendirikan tenda di area Curug Sentral. Berikut daftar harga fasilitas yang ada di Curug Sentral.

4. pemandangan alam yang indah

Perlu kalian ketahui, jarak parkiran dan curug relatif jauh, sehingga pengunjung harus berjalan terlebih dahulu untuk mencapai Curug Sentral. Tak perlu khawatir karna diperjalanan, pengunjung akan disuguhi oleh pemandangan alam yang indah. Meskipun begitu, pengunjung harus tetap berhati-hati dan tetap mengutamakan keselamatan. Berikut potret pemandangan di jalan menuju Curug Sentral.

 

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Curug Sentral? Wisata alam murah meriah dengan pemandangan yang manakjubkan hanya ada di Sukabumi. Jadi, saat pergi ke Sukabumi tak ada salahnya untuk berkunjung ke Curug Sentral.

(Siti Saniyah Kohar)

  676 Views    Likes  

banner
Sakit Perut Melilit Belum Tentu Maag! Simak Perbedaan Maag, GERD, dan Gastritis

previous post

Mencoba Minim Sampah Dalam Masa Pandemi
Sakit Perut Melilit Belum Tentu Maag! Simak Perbedaan Maag, GERD, dan Gastritis

next post

Sakit Perut Melilit Belum Tentu Maag! Simak Perbedaan Maag, GERD, dan Gastritis

related posts