Minat menjadi ketua himpunan mahasiswa Apa saja yang harus di siapkan?

Menjadi seorang ketua himpunan mahasiswa tidak semudah membalikan telapak tangan, karena menjadi seorang ketua himpunan sobat Osc harus mampu menjadi pemimpin yang mempunyai rasa tanggung jawab dan mampu menjaga kepercayaan.

Berbekal pengalaman menjadi ketua himpunan mahasiswa program studi perbankan syariah, Universitas Islam Malang, disini aku akan berbagi beberapa hal yang harus disiapkan, diantaranya:

Niat

Kenapa harus niat? Tentunya menjadi seorang ketua himpunan bukan untuk bermain-main atau hanya untuk sekedar mencari posisi jabatan agar dikenal orang banyak. Niat yang baik adalah Ketika sobat Osc mempunyai niat untuk memberikan kontribusi terhadap himpunan mahasiswa dan rela meluangkan waktu, tenaga untuk kemajuan himpunan dalam rangka mencapai tujuan Bersama. Tanggung jawab seorang ketua  bukan hanya tertulis dalam map atau sebagai sumpah janji yang terucap saja, namun bagaimana cara seorang ketua mampu membuktikan dari tanggung jawab tersebut melalui pembuktian yang dilaksanakan.

Berani dan percaya diri

Mungkin tidak semua orang mempunyai keberanian dan rasa percaya diri yang baik, namun sejatinya sobat Osc harus sering berlatih dan terbiasa untuk lebih percaya diri untuk menjadi seorang ketua, terlebih seorang ketua akan sering berbicara didepan umum, apalagi ketika dalam acara seorang ketua juga akan sering memberikan sambutan, namun ada yang lebih disiapkan seorang ketua yaitu menerima kritikan dan saran dari anggotanya, dengan begitu akan menentukan seberapa kuat mental dengan begitu seorang ketua harus menerima kritikan. Bukan hanya itu seorang ketua juga harus berani mengambil resiko dalam memilih pilihan.

Mempunyai pemahaman terhadap organisasi

Selain itu seorang ketua harus mempunyai knowledge yang baik dan manajemen organisasi yang tertata. Karena dalam organisasi adanya seorang pemimpin harus mempunyai bekal agar bisa mengarahkan anggotanya dengan baik. Semisal memahami struktur organisasi, job description, dan agenda kegiatan yang akan dilaksanakan selama periode kepengurusan. Dalam organisasi seorang ketua juga akan dihadapakan dengan masalah internal organisasi. Nah seorang ketua harus mampu memberikan solusi dalam setiap permasalahan yang terjadi dalam organisasi tersebut dan setiap keputusannya harus bersikap adil, jangan sampai ada yang tersinggung ketika seorang ketua memutuskan pilihan.

Komunikasi yang baik

Seorang ketua harus lebih aktif dibandingkan anggotanya, coba bayangkan jika seorang pemimpin hanya diam atau jarang berbicara. Membangun komunikasi yang baik harus dibiasakan karena dalam organisasi komunikasi  bukan hanya sekedar menyampaikan informasi, tetapi komunikasi juga sebagai sarana saling mengeratkan rasa kekeluargaan anatara ketua dan anggota. Komunikasi yang baik juga akan menentukan terjalinnya kerja sama yang baik.

Memiliki program

Program dalam organisasi sangatlah penting, karena tanpa adanya program organisasi tidak akan mencapai tujuan organisasi tersebut. Nah, dalam program itu  harus mempersiapakn program meliputi program jangka pendek, jangka Panjang dan program unggulan. Program yang terlaksana tentunya akan menjadi tujuan Bersama organisasi himpunan dalam memberikan kontribusi terhadap program studi, fakultas atau pun membawa nama baik kampus.

Oke sobat Osc, sekian saja artikelnya semoga bermanfaat

Sumber: Tanzil Ilham

  23 Views    Likes  

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

previous post

Perjalanan menjadi awardee beasiswa OSC 2020
BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

next post

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

related posts