banner

Mumpuni dalam Mendesain Gambar bagi Mahasiswa Prodi PBSI FKIP Unisma

Hallo Sobat OSC! Siapa ni di sini yang mau ambil Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan?  Nah, pada artikel kali ini Dini akan memberikan informasi seputar tugas-tugas tentang mendesain gambar. Ha? Desain gambar? Emang ada ya di Prodi ini? Eeiitz… jangan salah Sobat OSC, kalian juga akan mendesain gambar di jurusan ini loooh... tetapi desain gambar tersebut tentu berkaitan dengan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, bahkan juga tentang profesi keguruan.

Misalnya membuat poster tentang apresiasi karya sastra Novel dan membuat desain quotes dari kutipan-kutipan karya sastra pada Mata Kuliah Apresiasi Sastra semester 2, membuat brosur tentang penggunaan bahasa Indonesia dan poster berupa kosa kata lama yang telah berkembang atau kosa kata baru yang jarang ditemui oleh masyarakat umum pada Mata Kuliah Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Indonesia (PPBI) semester 3, membuat infografis tentang model Pembelajaran pada Mata Kuliah Teori Belajar Sastra (TBS) semester 3, serta membuat infografis dan peta konsep tentang model, metode, teknik, dan strategi pembelajaran pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran semester 4. Yuk simak informasinya lebih lanjut di bawah ini!

Poster Apresiasi Karya Sastra Novel

Pada poster di atas, kalian harus membaca satu Novel dari pengarang terkenal. Kemudian setelah selesai membaca, Sobat OSC menuliskan pengalaman saat membaca Novel tersebut ke dalam sebuah poster yang akan diunggah ke Instagram dan jangan lupa untuk menandai Dosen kalian ya!

Poster Quotes dari Kutipan-Kutipan Novel

Nah, pada saat kalian membaca Novel kalian akan diberi tantangan, yaitu #30hariapresiasisastra berupa membuat desain Quotes dari kutipan-kutipan yang menurut kalian berkesan yang ada di dalam Novel yang kalian baca tersebut. Kemudian Sobat OSC harus mengunggahnya ke Instagram selama 30 hari hingga menghasilkan gambar quotes sebanyak tiga puluh gambar. Kalian bisa cek Instagram @dinifitriningtyas untuk melihat desain quotes Dini lainnya ya!

Brosur Penggunaan Bahasa Indonesia

Kalian harus memilih salah satu dari peraturan perundang-undangan tentang Bahasa Indonesia kemudian kalian tuangkan peraturan tersebut ke dalam brosur. Jangan lupa berikan gambar yang mendukung Undang-undang tersebut ya Sobat OSC!

Poster Kosa Kata Lama atau Kosa Kata Baru yang Jarang Ditemui oleh Masyarakat Umum

Dalam membuat poster di atas, kalian harus mencantumkan kelompok kata, padanan kata, membuat satu kalimat dengan kata tersebut, beri Logo PBSI dan Unisma, sertakan gambar yang mendukung kata tersebut, serta jangan lupa beri Nama lengkap dan NPM lalu unggah ke Instagram dengan menandai akun @unismapbsi.

Infografis tentang Model Pembelajaran

Pada tugas akhir Mata Kuliah Teori Belajar Sastra, kalian akan diberi tugas untuk merancang model pembelajaran lengkap dengan nama modelnya, Kompetensi Dasar (KD), teori pembelajarannya, metode yang diguanakan, problematika pembelajaran sebelumya, langkah-langkah pembelajaran, serta medianya ke dalam desain infografis.

Infografis dan Peta Konsep Model, Metode, Teknik, serta Strategi  Pembelajaran

Dalam tugas ini kalian akan diberi satu tayangan video mengenai model, metode, teknik, serta strategi pembelajaran. Selanjutnya, kalian akan diberi tugas untuk merangkum materi tersebut dengan memberikan contoh-contohnya ke dalam sebuah infografis dan peta konsep.

Nah, demikian Sobat OSC mengenai beberapa tugas tentang mendesai gambar yang akan kalian dapatkan di Prodi PBSI FKIP UNISMA. Desain-desain tersebut Dini buat dengan aplikasi Canva. Kalian bisa menambahkan template, stiker, gambar, dan masih banyak lagi di aplikasi ini. ada banyak pilihan template mulai dari yang gratis (Tanpa watermark) hingga berbayar (Biasanya tetap dapat diunduh secara gratis, tetapi ada watermarknya). Selain itu, kalian juga bisa membuat Power Point maupun video presentasi lainnya. Aplikasi Canva juga dilengkapi dengan fitur penyimpanan desain gambar berupa file pdf sehinga desain yang kalian buat hasilnya tidak pecah. Cara mendesain di aplikasi ini juga mudah lo Sobat OSC karena petunjuk penggunaannya mudah dipahami.

Namun, jika Sobat OSC lebih menguasai aplikasi lain, misalnya Photoshop, Corel Draw, atau yang lainnya boleh saja kok membuat desain dengan aplikasi tersebut. Yang penting kalian sudah harus mengenal aplikasi untuk mendesai gambar dari sekarang agar memudahkan kalian dalam menyelesaikan tugas.

Semoga bermanfaat!

Sampai jumpa di artikel selanjutnya Sobat OSC!

  31 Views    Likes  

banner
TIPS AND TRIK LOLOS BEASISWA OSC S1!

previous post

Pelajar Jangan Down dari Pandemi
TIPS AND TRIK LOLOS BEASISWA OSC S1!

next post

TIPS AND TRIK LOLOS BEASISWA OSC S1!

related posts