Musik dangdut Di Indonesia

Hay, ketemu lagi nih kita, btw ahir-ahir ini banyak sekali ya lagu-lagu yang viral dan menjadi trand di Tik Tok, salah satunya musik dangdut.

Genre Musik ini banyak digemari oleh masyarakat, bahkan berberapa lagu pop di berikan variasi seperti musik dangdut seperti lagu Sial dari Mahalini, genre musik yang enerjik, berirama dan memiliki cengkok yang khas ini telah menempati tempat istimewa dalam hati pendengarnya, menarik jutaan penggemar dari berbagai kalangan masyarakat Indonesia ataupun luar nergri.

Musik dangdut telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia selama beberapa dekade terakhir ini, musik ini juga sering dibawakan dalam acara formal ataupun informal, seperti hajatan, perayaan dan acara lainnya, bahkan penyanyi yang mambawakan lagu ASEAN GAMES di Indonesia pada tahun 2018 dibawakan oleh salah satu penyanyi dangdut yaitu Via Vallen, tentunya kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan genre musik yang satu ini. 

Dalam artikel ini, kita belajar bareng menjelajahi perkembangan musik dangdut di Indonesia. Dangdut, yang memiliki akar dari musik tradisional Melayu dan India, mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1960 an. Awalnya, Genre ini dimainkan dengan instrumen tradisional seperti kendang, gendang, dan suling. Namun, seiring berkembangnya zaman dan perkembangan teknologi, membawa perubahan dalam aransemen musik dangdut. Instrumen ultramodern seperti keyboard, gitar listrik, dan barrel mulai digunakan, memberikan nuansa baru pada musik dangdut yang lebih berenergi dan terdengar lebih segar.

Pada tahun 1970- an, musik dangdut mulai mendapatkan popularitas yang besar di Indonesia. Penyanyi- penyanyi dangdut yang terkenal seperti Rhoma Irama dan Elvy Sukaesih, membawa genre ini ke tingkat kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Perkembangan musik dangdut semakin pesat pada tahun 1980- an dan 1990- an. Banyak penyanyi dangdut muda yang muncul dengan gaya dan suara yang segar, seperti Inul Daratista, Showimah, dan Rita Sugiarto. Mereka membawa inovasi ke dalam musik dangdut dengan menambahkan elemen pop, gemstone, dan elektronik ke dalam aransemen musik mereka. Hal ini membuka pintu bagi lebih banyak pendengar muda yang sebelumnya belum tertarik oleh musik dangdut.

Pada tahun 2000- an, popularitas musik dangdut semakin meluas dengan munculnya acara- acara TV seperti D'Academy, D'Academy Asia, Liga Dangdut Indonesia (LIDA) dan KDI. Acara- acara ini memberikan kesempatan bagi bakat dangdut muda untuk bersinar dan mendapatkan pengakuan. Selain itu, perkembangan teknologi komunikasi dan media sosial telah mempermudah distribusi musik dangdut. Hal ini dapat dibuktikan dengan viralnya berberapa lagu dangdut yang menjadi trend di Tik Tok dan berbagai platform lainnya saat ini, penyanyi dangdut yang mulai disorot oleh masyarakat, seperti Lesti DA, Rara LIDA, Aulia DA, Selvi LIDA dan masih banyak lagi jebolan ajang pencarian bakat yang dapat memikat hati masyarakat.

Selain itu music dangdut juga memiliki fariasi seperti Dangdut Koplo yang saat ini juga mulai viral dan banyak dinikmati masyarakat Indonesia, khususnya yang ada di pulau Jawa. Baru-baru ini genre music yang satu ini juga sering viral di Tik Tok seperti yang dinyanyikan oleh Heppy Asmara, Niken Salindry, Syahiba Saufa, Yeni  Inka dan masih banyak lagi, bahkan salah satu stasiun TV di Indonesia juga membuka pencarian bakat untuk generasi muda Indonesia seperti D,Koplo yang ada di Indosiar.

Mungkin sampai disini dan semoga bermanfaat untuk artikel kali ini. See you di next artikel.

  111 Views    Likes  

MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

previous post

Rekomendasi Lagu Untuk Menemani Menulis Skripsi
MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

next post

MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

related posts