banner

ndak papa, kamu sudah melakukan yang terbaik, kok!

Banyak hal di dunia ini yang terjadi tidak sesuai dengan kehendak hatimu. Ibu terlambat menyiapkan bekal saraapan, misalnya. Lalu, menjadikannya alasan untuk memasang wajah murung sepanjang hari. Semua yang kamu jumpai merasakan imbas dari kemarahanmu. Adik-adik yang jalan bergerombol menuju sekolah dasarpun harus sedikit berlari karena sempat kamu teriaki dengan kalimat yang kurang sopan, mereka ketakutan. Pak satpam yang setiap pagi membantumu menyebrang hari ini tidak mendapatkan ucapan terimakasih darimu seperti hari-hari sebelumnya, alasan mereka untuk tetap tersenyum telah hilang satu, ucapan terimakasihmu. Belum lagi jika emosi ini kamu bawa pulang kembali, kamu nina-bobo kan sampai mereka merasa nyaman dan membuat sarang. Hati-hati, bisa jadi merekalah yang memantik mimpi burukmu tengah malam nanti.

Aku dulu manusia yang super duper pemarah, namun kini beberapa hal telah membuatku berubah dan kali ini ijinkan aku untuk berbagi tips tentang "Bagaimana agar aku bisa menerima segala hal yang kurang baik? Dicintai bunga matahari, dan bisa lapang akan segala hal."

Tanamkan di dalam benakmu bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Semua orang pasti menciptakan salah, itu ndak papa, manusiawi. Berikan yang terbaik untuk sekitarmu. Adik-adik kecil yang berangkat ke sekolah, pak satpam yang membantumu menyebrang, bahkan kepada sepotong ayam dalam kuah kare bekal dari ibumu. Jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih. Bersedekah. Sedekah yang paling murah dan mudah adalah tersenyum. Jangan biarkan senyummu hilang. Maafkan segala hal yang membuatmu sakit. Bentangkan tanganmu dan peluk satu-satu. Jangan membenci rasa sakit itu, jadikan mereka motivasi untukmu menjadi lebih baik. Lakukan Hobimu. Berolahragalah. Mencoba hal baru. Ikhlasin ajalah. Nanti sama Allah juga bakal diganti yang lebih baik. Lakukan hal ini di pagi hari : tatap langit kosong di atasmu, tersenyumlah dan katakan bahwa hari ini adalah hari yang baik. Jangan lupa berdoa atas keberkahan pagimu dan setelahnya minum 2 gelas air mineral. Lakukan hal ini di malam hari : Pejamkan mata, ingat lagi tentang apa saja yang telah kamu lakukan hari ini. Adakah hati yang sakit karena perbuatanmu? barangkali, kamu hari ini tidak sengaja menumpahkan sambal ibu kantin di meja. Atau hari ini kamu gagal di langkah terakhir? Tepuk pundakmu dan katakan dengan suara lirih "Kamu pasti capek hari ini, terimakasih ya sudah memberikan yang terbaik. Aku bangga loh." Lalu berdoa dan tidurlah kamu.

Memang tips dari aku itu tidak akurat 100%. Tetapi aku berusaha membagi apa yang udah ampuh banget selama ini buat kehidupanku. Apalahi 2 tips terakhir. Emosi negatif tidak seharusnya di anak tirikan. Mereka tetap harus dipeluk, supaya luluh dan bisa ngikut sama emosi positifnya. Bagi kalian yang gampang banget marah, mari sama-sama belajar untuk saling meredam :')

  90 Views    Likes  

banner
GAGAL SNMPTN! Ini yang harus Kamu lakukan

previous post

Sejarah Rafflesia arnoldii, Bunga Raksasa dari Bengkulu
GAGAL SNMPTN! Ini yang harus Kamu lakukan

next post

GAGAL SNMPTN! Ini yang harus Kamu lakukan

related posts