Ternyata ada banyak sekali peluang bisnis untuk terjun ke dunia digital, loh! Hal tersebut dipengaruhi oleh perkembangan internet yang pesat dan semakin majunya era digitalisasi. Dengan demikian pandangan generasi muda untuk memperoleh peluang kerja dan bisnis semakin luas lagi. Bahkan sekalipun bagi seseorang yang belum menyandang gelar sarjana atau seorang ahli.
Seseorang dengan pengikut yang banyak di media sosial, dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap brand yang mereka pakai atau promosikan. Hal tersebut memungkinkan semua orang menjadi media bagi orang lain. Kita biasa mengenal mereka dengan sebutan blogger, vlogger atau influencer. Biasanya mereka aktif membuat konten kreatif di sosial media, sehingga menjadi dikenal oleh banyak orang. Mereka sering mendapatkan tawaran dan permintaan untuk melakukan endorsement, karena mereka dianggap dapat meningkatkan penjualan produk dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
Namun tidak semua yang masuk ke media digital, dapat diterima dengan baik. Ada beberapa langkah yang perlu diambil ketika ingin memasuki media digital di era digitalisasi sekarang ini. Hal pertama untuk dapat maju di era digital ini adalah berpikir kreatif. Yang dimaksud dengan berpikir kreatif adalah terus berusaha menciptakan gagasan yang baru dan inovatif seturut dengan perkembangan atau tren yang sedang banyak dibicarakan. Era digital juga menuntut kita untuk berpikir dan bekerja dengan cepat, maka proses berpikir kreatif ini juga diperlukan kecepatan dan kesigapan.
Di era digital ini, kita tidak bisa menjadikan orang lain sebagai kompetitor. Jika bekerja di kantor, seringkali kita berkompetisi antar teman kerja, namun ketika terjun ke dunia digital sangat penting untuk menjalin relasi dengan rekan se-profesi. Perlu diingat, bahwa informasi di era digital ini sangat cepat tersebar. Dengan menjalin relasi dengan orang lain, maka kita juga akan semakin dikenal oleh banyak orang lagi.
Harus konsisten dengan bidang yang diambil dan selalu mau belajar serta mencari pengalaman sebanyak-banyaknya sesuai dengan minat dan bakat. Masing-masing orang memiliki minat yang berbeda, untuk memulai berkarir di dunia digital, kita harus tahu potensi apa yang bisa kita tonjolkan. Ada banyak sekali yang dapat diperlihatkan, seperti menjadi food vlogger yang melakukan review makanan dengan membuat konten video, fashion influencer dengan mengunggah foto dengan beragam gaya busana, beauty influencer dengan membagikan tips mengenai perawatan wajah dan kulit, atau menjadi travel blogger/ vlogger dengan membagikan pengalaman traveling dan masih banyak lagi. Hidup di era digital juga membuat kita wajib melihat suatu masalah sebagai peluang.
Dengan mengadaptasi istilah dalam dunia pers yakni “The Bad News is The Good News” atau berita yang buruk membuat rating pembacanya tinggi. Walau pun strategi tersebut cukup kuno, namun dalam memasuki dunia digital, para pekerja digital sering menggunakan strategi tersebut dalam melakukan promosi atau iklan. Yang diambil dari strategi tersebut adalah cara kita supaya dapat menyampaikan informasi dan menarik minat audience. Untuk membuat mereka tertarik, kita harus bisa mengetahui keinginan mereka dengan mengambil hatinya atau memengaruhi emosionalnya.
Setelah membaca seluruh penjelasan di atas, sebagai generasi muda yang melek internet dan teknologi, peluang bisnis di era digital ini menjadi pilihan yang perlu dipertimbangkan. Semoga artikel ini dapat membantu sobat OSC yang sedang ingin mulai berkarir di dunia digital. Tetap semangatttt!
previous post
Jadi Mahasiswa Aktif : Tips Sukses di Perkuliahan