Pemakaian Pembalut Tidak Menyebabkan Kanker Serviks

Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr. Olivia Widyanti, Sp. OG menyatakan 98% penyebab kanker serviks disebabkan oleh virus HPV yang ditularkan melalui hubungan seksual dan bukan disebabkan oleh pemakaian pembalut. “Itu hanya mitos yang beredar luas di kalangan masyarakat,” kata dia dalam siaran pers yang diterima, Senin (10/04/2023).

 

Pembalut merupakan salah satu alat yang digunakan oleh kaum perempuan saat sedang menghadapi siklus bulanan yang dikenal dengan istilah menstruasi. Banyak masyarakat yang meyakini bahwa pemakaian pembalut saat sedang menstruasi dapat menyebabkan munculnya penyakit kanker serviks, padahal itu adalah hal yang keliru dan yang seharusnya patut ditekankan ialah menghindari melakukan kegiatan seksual karena dapat menyebabkan kehamilan bagi perempuan yang sudah mengalami menstruasi.

 

Pembalut bahwasannya bukanlah hal yang dapat menyebabkan munculnya penyakit kanker serviks, namun kanker serviks tersebut disebabkan oleh kegiatan seksual. Untuk mencegah hal itu hendaknya para perempuan khususnya para remaja dapat menahan diri dan tidak terjerumus untuk melakukan hubungan seksual yang dapat menimbulkan penyakit kanker serviks.

 

Penggunaan pembalut juga tentunya sangat membantu para Wanita untuk tetap aman dan senantiasa percaya diri walaupun sedang mengalami menstruasi. Diharapkan penggunaan pembalut tersebut dapat memudahkan para wanita untuk tetap tampil prima di setiap kegiatan walaupun sedang mengalami menstruasi.

 

Penggunaan pembalut pada hakikatnya tidak menyebabkan peyakit kanker serviks. Namun, untuk menghindari hal tersebut saat sedang menstruasi alangkah baiknya untuk rajin dan rutin untuk mengganti pembalut serta menghindari penggunaan pembalut dalam jangka waktu yang lama.

  48 Views    Likes  

Dark Empath, Kepribadian Ganda “Si muka dua”

previous post

Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan di Era Digital
Dark Empath, Kepribadian Ganda “Si muka dua”

next post

Dark Empath, Kepribadian Ganda “Si muka dua”

related posts