Pengabdian Kepada Masyarakat: Gizi Diabetes Pada Usia Dewasa Dan Lansia

Hallo Sobat OSC!

Hari jumat, tanggal 17 Mei 2024 kemarin, tim mahasiswa gizi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan juga pemberian edukasi mengenai Diabetes Melitus pada usia dewasa dan lansia di Klinik Pratama BP Gedangan Sidoarjo. 

Kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan rutin di Klinik Pratama BP Gedangan Sidoarjo yang diikuti oleh Bapak Ibu usia dewasa dan lansia. Tim mahasiswa gizi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya diberikan kesempatan untuk turut andil dan dibantu oleh petugas kesehatan di Klinik Pratama BP Sidoarjo. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari beberapa kegiatan yang diikuti oleh seluruh anggota prolanis.

1. Pengukuran Antropometri

Kegiatan pertama diawali dengan pengukuran antropometri berupa pengukuran tinggi badan, berat badan, tensi darah, dan pengecekan kadar glukosa atau gula darah pada anggota prolanis. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui dan mengevaluasi status kesehatan para anggota prolanis.

2. Senam Bersama

Setelah pengukuran antropometri, selanjutnya para anggota prolanis beserta para petugas kesehatan dan tim mahasiswa gizi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya melakukan senam bersama sebagai upaya untuk menanamkan kebiasan sehat dengan bergerak dan beraktivitas sederhana atau ringan.

3. Pemberian Edukasi

Kegiatan terakhir yaitu pemberian edukasi kepada anggota prolanis berupa gizi diabetes pada usia dewasa dan lansia. Edukasi ini berupa pengenalan mengenai apa itu diabetes, gejala, penyebab, pola makan untuk diabetes, contoh menu makan untuk diabetes, dan juga tips hidup sehat tanpa diabetes. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk pencegahan penyakit diabetes dengan melakukan pengenalan dan pencegahan sedari awal.

Perlu bagi kita untuk selalu aware terhadap kesehatan kita dan orang sekitar kita. Mari hidup sehat tanpa diabetes!

  17 Views    Likes  

MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

previous post

Rekomendasi Lagu Untuk Menemani Menulis Skripsi
MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

next post

MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

related posts