Hallo Sobat OSC, gimana ni kabarnya? semoga dalam keadaan baik ya! Di artikel kali ini, Dini bakalan cerita tentang pengalaman mengikuti kegiatan kampus mengajar angkatan 2. Mungkin, sebagian Sobat OSC sudah pada tahu nih apa si program kampus mengajar itu?
Kampus mengajar angkatan 2 merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi dan bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dalam rangka mendukung program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan membantu sekolah terdampak pandemi COVID-19. Program ini melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk menjembatani kesulitan belajar di sekolah dasar dan menengah baik secara daring maupun luring. Adapun syarat utama untuk mendaftar program kampus mengajar adalah mahasiswa minimal semester 5 pada semester gasal tahun akademik 2021/2022 atau yang saat ini di semester 4.
Ada beberapa tahapan yang harus Sobat OSC lalui untuk mengikuti program ini. Pertama, Sobat OSC harus mendaftar akun kampus merdeka terlebih dahulu dengan melengkapi profil dan dokumen. Profil berisi seputar data pribadi, kontak pribadi, kontak darurat, akun media sosial, serta rincian rekening bank. Kemudian dokumen yang harus dilengkapi adalah curriculum vitae, transkip nilai, dan sertifikat pengalaman organisasi melalui aplikasi MBKM (Merdeka Belajar-Kamus Merdeka). Keduanya sangat penting untuk dilengkapi agar Sobat OSC bisa mengirimkan lamaran program yang diinginkan. Jadi, usahakan jangan sampai ada yang kosong ya Sobat OSC.
Di aplikasi MBKM, ada beberapa pilihan program yang disediakan, seperti magang, pertukaran mahasiswa pelajar, studi independen, wirausaha, riset atau penelitian, proyek kemanusiaan, membangun desa (KKN tematik), kementrian ESDM, serta kampus mengajar. Pilih program kampus mengajar dan ikuti langkah-langkah beserta persyaratannya. Adapun dokumen-dokumen yang Sobat OSC perlu siapkan untuk mendaftar program ini antara lain surat keterangan sehat, transkip nilai, surat pernyataan diri yang berisi siap ditempatkan di mana saja, dan surat pernyataan orang tua yang berisi perizinan Sobat OSC untuk mengikuti program kampus merdeka, dan surat rekomendasi perguruan tinggi. Waah… banyak ya Sobat OSC J Eiiittz tapi tenang aja, semua surat-surat tersebut sudah disediakan formatnya loh di aplikasi MBKM! Jadi, Sobat OSC tidak perlu repot-repot untuk membuatnya sendiri.
Kedua, setelah semua berkas terkirim pastikan Sobat OSC mengikuti survei kebinekaan yang dilaksanakan secara bertahap melalui aplikasi. Semua informasi tentang survei kebinekaan mulai dari jadwal, tutorial memasang aplikasi, hingga simulasi akan dikirimkan melalui email pribadi. Pastikan Sobat OSC juga selalu mengecek bagian spam ya, agar tidak tertinggal informasinya. Survei kebinekaan berisi soal-soal yang harus dikerjakan sesuai dengan waktu yang disediakan. Tapi Sobat OSC tenang aja, soal-soalnya nggak susah-susah kok, hanya berupa jawaban berdasarkan sudut pandang kita terhadap permasalahan yang disajikan. Jadi, tidak ada salah dan benar ya, hehe.
Ketiga, jika Sobat OSC dinyatakan lulus pada program ini, jangan lupa klik terima lamarannya melalui aplikasi MBKM. Setelah itu, kalian harus siap-siap menerima kejutan karena pengumuman tersebut sekaligus tertera informasi siapa DPL (Dosen Pembimbing Lapangan), teman-teman sekelompok, dan di mana penempatan sekolah yang kita dapatkan looh. Melalui aplikasi MBKM, Sobat OSC bisa melihat semua data, mulai dari data diri, data dosen, bahkan data sekolah sasarannya. Jadi, Sobat OSC tidak perlu khawatir dan bingung ya…
Keempat, Sobat OSC harus mengikuti pembekalan yang dilaksanakan selama 8 hari melalui zoom dan youtube. Di pembekalan ini, Sobat OSC akan diberikan materi-materi yang dapat membantu Sobat OSC selama penerjunan ke sekolah. Selain itu, Sobat OSC setiap harinya juga akan diberi tugas-tugas berupa permasalahan yang menarik untuk diselesaikan. Nah, untuk mekanisme pengerjaan tugas selama pembekalan, Sobat OSC harus mendaftar akun SPADA. Melalui akun SPADA ini, Sobat OSC bisa mengunduh semua modul/materi yang telah dipaparkan oleh pemateri handal serta tugas-tugasnya. Tips ni, Sobat OSC jangan lupa untuk mark as read pada setiap modul agar jumlah persenan seluruh pekerjaan kalian di SPADA mencapai 100%.
Kelima, Sobat OSC akan terjun untuk penugasan ke sekolah sasaran. Pertama-tama, Sobat OSC harus melapor diri ke Dinas Pendidikan bersama DPL dengan membawa surat tugas dari Belmawa dan Perguruan Tinggi. Setelah itu, melapor diri ke sekolah sasaran dengan membawa surat tugas dari Belmawa, Perguruan Tinggi, dan Dinas Pendidikan. Jika semua perizinan selesai, Sobat OSC bisa langsung melakukan observasi dan membantu guru mengajar di sekolah tersebut. Nah, selama penugasan, Sobat OSC akan mengerjakan laporan awal, laporan harian, laporan mingguan, serta laporan akhir. Semua format laporan tersebut juga sudah disediakan dalam buku panduan kampus mengajar angkatan 2 yang bisa Sobat OSC dapatkan di aplikasi MBKM.
Semua rasa lelah karena harus menyelasaikan tugas tersebut, bakalan terganti dengan pengalaman luar biasa yang bisa Sobat OSC dapatkan ketika sudah bertemu dengan anak-anak di sekolah sasaran. Kira-kira gimana ya suasana belajar di sekolah yang sudah melakukan pembelajaran secara daring dan luring? Yuk simak di artikel berikutnya!
previous post
Jadi Mahasiswa Aktif : Tips Sukses di Perkuliahan