Perbedaan Program Studi Sastra, Pendidikan Bahasa, Linguistik

1. Sastra

Jika pertama kali mendengar sastra, pasti sobat OSC akan berpikir bahwa jurusan ini berhubungan dengan puisi, buku, dan bacaan serta tulisan. Ya, itu adalah hasil karyanya, tapi secara lebih luasnya, sastra adalah salah satu ilmu yang luas dan mencakup tentang bagaimana mempelajari soal kata secara mendalam bahkan bisa dipelajari di sekitar kita.

Sastra memang pembahasannya sangat luas dan bisa mencakup apapun bahkan yang berkaitan dengan kehidupan berbahasa masyarakat sehari – hari. Ilmu sastra juga menghasilkan berbagai karya yang luas dan memiliki banyak variasi. Berbagai karya mulai dari novel, cerpen, puisi, bahkan lagu serta film juga tak lepas dari ilmu sastra.

Jurusan sastra lebih fokus mempelajari unsur kebahasaan serta karya sastra itu sendiri, sehingga mahasiswa sastra lebih banyak belajar tentang bagaimana sebuah kata atau kalimat terbentuk, bagaimana suatu huruf atau kata dilafalkan, serta mendalami karya-karya sastra dari bahasa yang mereka pelajari.

Berbagai jurusan dalam sastra yaitu Sastra Indonesia, Sastra Arab, Sastra Inggris, Sastra Jepang, dan lain sebagainya. Salah satu prospek kerja dari seorang lulusan sastra yaitu seorang penerjemah, guru dan lain sebagainya.

2. Pendidikan bahasa

Berbeda dengan ilmu sastra, jurusan pendidikan bahasa juga menarik meski cakupannya tidak seluas ilmu sastra. Dalam jurusan ini selain belajar bahasa, juga belajar bagaimana menjadi pendidik atau guru bahasa yang baik nantinya.

Selain berisi teori bahasa, dalam perkuliahan pendidikan bahasa juga diajarkan banyak teori tentang pendidikan, guru, dan lainnya. Materi ini hampir sama seperti ilmu keguruan lainnya seperti  bagaimana membimbing murid, dasar pendidikan, dan bagaimana menjalani profesi sebagai guru. 

Jadi, kesimpulan dari penjelasan diatas bahwa dalam jurusan pendidikan bahasa mempelajari tentang ilmu pendidikan dan bagaimana menjadi seorang tenaga pendidik yang baik.Prospek kerja dari lulusan jurusan pendidikan bahasa umumnya yaitu menjadi seorang guru atau seorang dosen. Untuk sobat OSC yang berniat menjadi seorang tenaga pendidik, suka berbagi ilmu,sangat cocok untuk mengambil jurusan ini.

3. Linguistik

Meski jarang didengar, jurusan ini cukup penting untuk dipelajari karena ilmu ini mempelajari bagaimana proses manusia berbicara dan menganalisisnya. Dengan mempelajari bagaimana manusia berbicara juga sudah termasuk ke dalam salah satu kajian ilmu dalam jurusan linguistik.

Tentu karena berhubungan langsung dengan pembicaraan antar manusia, ilmu yang dipelajari tak jauh dari itu. Bagaimana sebuah kalimat terbentuk, tata bahasa, dan juga hal lain seperti pengucapan dan tanda baca juga dipelajari. Dalam ilmu linguistik hal seperti di atas dipelajari secara mendalam oleh setiap mahasiswa.

Ilmu Linguistik Juga Memiliki Banyak Cabang Yang Bisa Dipelajari, Walau Awalnya Mahasiswa Akan Belajar Pemahaman Linguistik Secara Umum. Misalnya Saja Seperti Morfologi, Fonologi, Dan Pragmatik. Semua Hal Tersebut Dipelajari Tergantung Minat Dari setiap pribadi orangnya.

Dalam ilmu linguistik mempelajari yaitu mengkaji bahasa-bahasa tertentu yang bertujuan untuk menghasilkan deskripsi suatu bahasa yang akurat dan lengkap.Prospek kerja jurusan ini yaitu penulis, jurnalis, penyunting atau editor,dan lain sebagainya.

  102 Views    Likes  

Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022 Dibuka, Inilah Persyaratan dan Jadwalnya !

previous post

10 TEMPAT MENCARI INFORMASI BEASISWA YANG AKURAT
Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022 Dibuka, Inilah Persyaratan dan Jadwalnya !

next post

Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022 Dibuka, Inilah Persyaratan dan Jadwalnya !

related posts