banner

Peristiwa dan Fenomena Agung di bulan ramadhan

Fenomena dan Peristiwa Agung Di Bulan Ramadhan

Ditulis oleh : Tatas Bagus Tiandi

 

1. Turunnya Al-Qur’an

Alquran yang merupakan kitab suci terakhir dan terlengkap yang diturunkan kepada seorang rasul, serta merupakan salah satu mukjizat terbesar Rasulullah ? diturunkan di bulan suci Ramadhan. Hal ini sebagaimana yang difirmankan oleh Allah dalam surah AL-Baqarah 185.

 

2. Perang Badr

Pada hari jumat, tanggal 17 ramadhan tahun kedua hijrah Rasulullah ? yang juda tahun turunnya perintah berpuasa dibulan Ramadhan, merupakan hari penuh sejarah. Dimana Allah memuliakan Islam serta menghinakan kafir quraisy dan antek-anteknya. Pada saat itu Umat Islam yang berjumlah 313 pasukan berhasil menang melawan kafir quraisy yang jumlahnya sekitar 1000 pasukan.

Ini buah dari semangat dan iman umat islam serta pertolongan dari Allah yang mengirimkan 3000 Malaikat dengan Malaikat Jibril yang menunggangi kuda bernama khoizum sebagai pemimpinnya.

3. Binasanya Abu Jahal di Perang Badr

Abu jahal terbunuh oleh prajurit muda muslimin yang bernama Mu’adz dan Mu’awwidz yang kala itu masih berusia 13 Tahun. Bahkan sebelum berangkat ke medan pertempuran, mereka telah bersumpah akan membunuh Abu Jahal. Sebab mereka sangat geram kepada pemimpin kaum musyrikin yang sangat kejam dan selalu berusaha membunuh Rasulullah tersebut. Maka saat mereka melangkahkan kakinya untuk berjihad di Badr, target mereka sangat jelas yakni Abu Jahal.

4. Fathu Makkah / Penaklukan Kota Makkah

Peristiwa ini terjadi pada tahun ke delapan hijriah. Diawali oleh adanya pengkhianatan yang dilakukan oleh bani bakar yang didukung kafir Quraisy, untuk menyerang bani Khuza’ah yang sedang berada dalam pelindungan kaum muslimin. Sedangkan sebelumnya sudah terjalin perjannian gencatan senjata selama sepuluh tahun Antara kaum muslimin dengan kafir quraisy.

Maka dengan persiapan yang matang, akhirnya pada 10 ramadhan Rasulullah ? berangkat ke kota kelahirannya dengan 10.000 pasukannya. Jumlah yang belum pernah dialami kota madinah sebelumnya. Pasukan muslimin memasuki kota suci Makkah tanpa mendapati perlawanan dari pihak Makkah.

Rasulullah memasuki kota tanpa adanya kekerasan, menatap setiap sudut kota kelahirannya. Kemudian beliau membangun kemah dekat dengan makam istri tercintanya Siti Khodijah dan paman beliau Abu Thalib.

5. Lailatul Qadr

Lailatul Qadr atau malam seribu bulan adalah malam yang sangat agung bagi umat Rasulullah ?, dimana mala mini adalah malam jika kita beribadah didalamnya maka Allah akan menulis amal kita setara dengan 1000 bulan atau sekitar 83,4 tahun. Mayoritas kalangan berpendapat bahwa malam ini terletak pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan.

 

Wah, itulah peristiwa dan fenomena agung saat bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat ya, ramadhan tahun ini harus lebih baik dari ramadhan-ramadhan sebelumnya.

Follow instagramku untuk mendapat banyak ilmu dan motivasi lainnya di @rtatas_27

Jangan lipa share yaa,

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

  55 Views    Likes  

banner
TIPS AND TRIK LOLOS BEASISWA OSC S1!

previous post

Pelajar Jangan Down dari Pandemi
TIPS AND TRIK LOLOS BEASISWA OSC S1!

next post

TIPS AND TRIK LOLOS BEASISWA OSC S1!

related posts