Perjalananku meraih impian dengan beasiswa OSC

Halo!!! Perkenalkan aku Erni Johana salah satu awardee OSC tahun 2020. Aku berasal dari Sumbawa, provinsi Nusa Tenggara Barat dimana banyak banget aneka tempat wisata dan budaya tentunya. Aku anak ketiga dari 5 bersaudara, aku hidup di tengah-tengah keluarga yang sederhana. Aku akan sedikit menceritakan perjalananku mendapatkan beasiswa OSC ini, selamat membaca ????

Aku lulus SMA tahun 2020 dimana teman-temanku sudah sangat antusias untuk mengikuti berbagai tes untuk masuk ke perguruan tinggi impian mereka. Saat itu aku masih bingung antara harus lanjut kuliah atau tidak karena melihat kondisi ekonomi keluargaku yang tidak memungkinkan aku untuk kuliah. Tetapi dukungan dari orang tuaku dan berusaha meyakinkan aku untuk tetap melanjutkan Pendidikan ku, akhirnya aku mendaftarkan diri di Politeknik Kesehatan di daerahku mengambil jurusan D3 Gizi. Setelah mengikuti berbagai tes, akhirnya aku dinyatakan lolos dan itu berita yang sangat menggembirakan tentunya untuk orang tuaku.

Aku pun mulai mengikuti kegiatan kampus sebagai mahasiswa baru yaitu PKKMB, mempunyai teman-teman baru dan lingkungan baru juga. Saat itu masih adanya covid-19, aku menjalani perkuliahan secara online di rumah. Sebulan lamanya aku kuliah, tiba-tiba ada masalah pribadi yang membuat aku harus mengundurkan diri dan tidak kuliah lagi. Tentunya sangat terpukul atas hal itu, tetapi aku tidak mau berlarut dalam kesedihan. Aku akhirnya gap year 1 tahun sambal mencari beasiswa untuk tetap melanjutkan Pendidikanku.

Aku iseng buka Instagram mencari info-info beasiswa full dan aku menemukan beasiswa OSC ini. Aku terus gali informasi mengenai beasiswa OSC, syarat apa saja yang harus disiapkan,  kampus apa saja yang bermitra dengan beasiswa OSC. Aku memutuskan untuk langsung daftar dan memilih kampus yang aku inginkan. Saat itu aku belum berani memberitahu orangtua ku karena aku mengambil kampus diluar pulau. Bermodalkan doa dan belajar, aku pun mengikuti test tahap awal, menjawab beberapa pertanyaan dengan cukup gugup. Tidak lama kemudian pengumuman test tahap awal dan alhamdulillah aku dinyatakan lolos. Perasaan campur aduk saat itu antara senang dan takut karena belum memberitahu orangtua.

Pada akhirnya aku memberanikan diri untuk memberitahu semuanya kepada orantua ku walaupun sempat tidak di izinkan untuk melanjutkan tes beasiswa OSC. Tetapi aku tidak menyerah begitu saja, aku tetap berusaha meyakinkan orangtua ku kalau semuanya bakal baik-baik saja, berusaha meyakinkan bahwa ini pilihan hidupku. Setelah berdiskusi cukup lama akhirnya orangtua ku luluh dan mengizinkan aku untuk tetap melanjutkan test beasiswa OSC ini. Tentunya senang sekali akhirnya aku mendapat ridho dari orangtua ku dan berharap beberapa test yang aku hadapi selalu dilancarkan.

Lanjut test tahap kedua yaitu test berkas, aku menyiapkan berkas-berkas yang aku perlukan sendirian. Alhamdulillah aku lolos test tahap kedua ini, bersyukur sekali aku diberi kesempatan untuk melanjutkan test tahap akhir atau test final. Setelah itu aku mengikuti test final yaitu test wawancara secara online. Diwawancarai dengan beberapa pertanyaan mengenai kehidupanku dan bagaimana kontribusi ke depannya nanti. Aku menjawab semua pertanyaan yang diajukan kepadaku walaupun dengan sedikit gugup.

Akhirnya yang ditunggu-tunggu pun tiba, tentunya pengumuman test final dan berhak mendapatkan beasiswa. Saat itu masih pandemi, pengumuman pun dilaksanakan secara online, kami menunggu pengumumannya dari rumah. Beberapa awardee telah disebutkan sesuai perguruan tinggi masing-masing, akhirnya tibalah giliran perguruan tinggi pilihanku yang akan menyebutkan siapa saja yang berhak mendapatkan beasiswa OSC. Satu persatu nama pemenang disebutkan, kagetnya aku mendengar namaku disebut sebagai salah satu awardee beasiswa OSC. Perasaan campur aduk, bahagia akhirnya perjuanganku mendapatkan beasiswa OSC berbuah manis. Aku langsung memberitahu orangtua ku dan mereka sangat senang mendengar berita bahagia tersebut.

Mungkin hanya ini sedikit cerita perjalananku mendapatkan beasiswa OSC ini. Terimakasih kepada pihak yang telah menyelenggarakan beasiswa OSC Medcom. Terimakasih dengan adanya beasiswa OSC, sudah membantu anak-anak di Indonesia untuk meraih cita-cita mereka dengan melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

TERIMAKASIH OSC MEDCOM ????

  5 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts