Persiapan Menjadi Moderator Online

Dalam kondisi pandemi seperti ini, banyak kegiatan yang tidak bisa dilakukan secara Offline dan harus mengandalkan teknologi untuk melakukan pertemuan secara Virtual. Tak terkecuali segala bentuk peltihan dan seminar seminar pun banyak yang dialihkan secara Online.

Dalam Acara Seminar Online, pasti dipandu oleh seseorang yang biasa kita sebut sebagai moderator. Moderator adalah orang yang memandu jalannya diskusi selama Seminar atau Pelatihan itu berlangsung.

Nah kali ini aku mau berbagi ke kalian, Persiapan apa aja sih yang di butuhkan Ketika kita menjadi Moderator.

1. Pelajari konteks materi acara yang akan dibawakan

Salah satu persiapan yang menurut aku penting banget adalah mempelajari materi yang akan di bawakan oleh narasumber. Alih alih hanya membuat teks moderator biasa untuk acara, kita juga perlu paham seputar bahasan yang akan di sampaikan.

2. Pelajari TOR dan Proposal Acara

Dalam memandu diskusi seminar atau pelatihan, sangat penting untuk kita pelajari proposal dan TOR pemateri, guna menyelaraskan bagaimana cara kita memandu dengan konsepan dari panitia penyelenggara.

3. Penampilan

Ketika Tampil dan disaksikan orang banyak, tentunya kamu harus tampil secara maksimal. Gunakan pakaian yang rapi, dan sesuai dengan acara kamu, tak lupa selalu gunakan make up supaya penampilan kamu terlihat lebih segar dan cantik.

4. Perangkat dan Koneksi

Pastikan perangkat yang kamu gunakan seperti laptop, ini terisi penuh atau sudah prepare charger disamping kamu. Pastikan juga bahwa perangkat yang kamu gunakan ini dalam keadaan stabil. Dan yang tak kalah penting adalah koneksi, pastikan koneksi kamu selalu stabil dan lancar sampai acara selesai.

5. Latihan dan Doa

Hal yang paling penting dalam mempersiapkan diri untuk menjadi moderator adalah dengan Latihan secara maksimal. Kamu bisa membaca teks yang kamu buat di depan kaca secara berulan ulang. Kamu juga bisa mencari, pembawaan seperti apa yang pas untuk kamu gunakan Ketika acara nanti. Serta jangan lupa untuk selalu berdoa yaa..

 

Sekian dulu sharing kita kali ini, semangaaat teman teman semuaa : )

  13 Views    Likes  

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

previous post

Bingung pilih Bahasa Pemograman apa? Yuk simak 6 pilihan terbaik di 2021(part 1)
Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

next post

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

related posts