Sebenarnya Public Relations dengan Marketing itu sama tidak sih? Yuk simak artikel ini!
Public Relations dan Marketing disaat ini mempunyai metode merk mengadopsi platform media sosial ataupun digital yang terkadang membuat garis antara PR dan marketing jadi tidak jelas hingga menimbulkan kesalahpahaman. Lalu, apa saja aspek yang membedakan PR serta marketing? Berikut penjelasaanya.
Public Relations merupakan upaya terencana serta berkepanjangan untuk membangun serta memelihara niat baik serta saling pengertian antara organisasi serta publiknya. Sedangkan Marketing merupakan aksi ataupun bisnis dalam mempromosikan serta menjual produk ataupun layanan, termasuk studi pasar serta periklanan.
Menurut kedua penjelasan diatas, singkatnya perbedaan utama yaitu, PR difokuskan pada menjaga dan menciptakan reputasi positif untuk perusahaan secara keseluruhan sedangkan marketing difokuskan pada mempromosikan dan menjual produk tertentu. Dengan mengetahui apa yang membuat keduanya berbeda dapat membantu dalam membuat dan mengembangkan kampanye PR dan marketing dengan hasil yang diharapkan lebih baik. Berikut perbandingannya:
1. Fungsi
Public Relations memiliki fungsi untuk membangun hubungan yang menguntungkan dengan publik utama organisasi. Marketing memiliki fungsi untuk mempromosikan dan menjual produk atau layanan, termasuk riset pasar dan periklanan yang bertujuan untuk menghasilkan penjualan langsung.
2. Target Audiens
Public relations menargetkan dalam menciptakan dan mempertahankan citra perusahaan atau merek melalui pengelolaan saluran komunikasi yang positif antara perusahaan dan pemangku kepentingannya. Sedangkan Marketing mencoba untuk mencapai pendapatan langsung, tim marketing menjangkau konsumen dan membuat mereka berpikir, percaya, atau melakukan tindakan yang berfokus pada penjualan.
3. Longevity
Marketing adalah aktivitas jangka pendek, sedangkan PR menuai keuntungannya dalam jangka waktu yang lebih lama. Marketing berusaha untuk mendorong kesuksesan penjualan yang instan dan nyata , sedangkan manfaat program PR dapat dilihat sebagai investasi jangka panjang yang akan diakui perusahaan untuk pencapaian di masa depan.
Jadi gimana, sekarang sudah tahu kan apa perbedaannya? Jangan sampai salah lagi ya!
Referensi gambar dan Artikel: http://www.strategy.co.id/2020/02/21/perbedaan-pr-dan-marketing/